Wayang

Drupadi, Perempuan di Balik Berjayanya Pandawa

| dilihat 3968
 
AKARPADINEWS.Com- Epos Mahabharata memiliki tokoh perempuan yang menjadi penggerak alur ceritanya. Di antara sekian banyak tokoh, salah satu tokoh yang menarik ialah tokoh Dewi Drupadi. Tokoh tersebut merupakan tokoh perempuan utama dalam epos Mahabharata India maupun nusantara. Drupadi dalam epos Mahabharata merupakan anak dari Prabu Drupada, Raja Pancala.
 
Dalam versi India, Drupadi merupakan istri dari kelima Pandawa, sedangkan pada versi Jawa dan nusantara ia hanya menjadi istri dari Yudistira yang merupakan Pandawa tertua. Perbedaan versi itu disebabkan adanya penyesuaian dengan budaya nusantara yang tidak mengenal sistem poliandri. 
Sebelum menjadi istri Yudistira, Prabu Drupada mengadakan sayembara untuk menentukan pasangan bagi Drupadi. Sayembara tersebut memiliki dua versi. Versi pertama ialah sayembara membentangkan gendewa atau busur panah pusaka milik Pancala. Sayembara itu diikuti oleh Karna dan Arjuna. Sayembara itu dimenangkan oleh Ajuna. 
 
Pada versi kedua dari sayembara itu ialah peserta sayembara harus mengalahkan Patih Gandamana, saudara Prabu Drupada. Patih Gandamana berhasil dikalahkan oleh Bima. Dalam kedua versi sayembara yang dirunut dari versi nusantara itu, baik Arjuna maupun Bima mengikuti sayembara sebagai perwakilan dari Yudistira.
 
Semar (kiri) ketika bertemu Yudistira dan Dupradi. Foto: Istimewa
 
Drupadi versi nusantara digambarkan sebagai perempuan berwatakan sabar, bijaksana, setia dan luhur budinya. Ia mengikuti Yudistira dan para Pandawa kemanapun mereka pergi. Termasuk saat masa pengasingan Pandawa karena kalah bermain dadu dengan Kurawa dalam lakon pandawa dadu. 
 
Selain itu, peristiwa yang terdapat dalam lakon pandawa dadu menunjukkan Drupadi menjadi perempuan tegas dan pemberani. Dalam lakon tersebut, Drupadi telah dipermalukan oleh Dursasana yang menarik kainnya di depan umum, untungnya Drupadi diselamakan oleh Krisna. Dengan berani, Drupadi menuntut Yudistira dan para Pandawa untuk membelanya dan mengecam tindakan para Kurawa.
 
Drupadi juga menjadi pembakar semangat Pandawa. Pada masa pengasingan, Drupadi menjadi sosok yang terus menyemangati para Pandawa agar dapat melalui cobaan yang teus mendera. Pada perang Bharatayuda, dirinya ikut di dalam tenda para Pandawa untuk terus memotivasi para Pandawa. 
 
Ia terus mendampingi Yudistira dan para Pandawa dalam keadaan senang maupun susah. Kesetiaannyalah itu yang menjadi panutan bagi sebagian orang, khususnya orang Jawa. Hingga akhir hayatnya, Drupadi terus menemani Yudistira dan para Pandawa. Ia pun mengikuti pengembaraan terakhir Pandawa ke gunung Mahameru. Muhammad Khairil.
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1159
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 207
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 380
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 226
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya