Anies Baswedan Suka Gulat dan Selalu Menang

| dilihat 2510

AKARPADINEWS.COM. Olah Raga penting bagi Anies Baswedan, calon Presiden pilihan jurnalis. Ketika bertandang ke Redaksi Liputan6 – SCTV di Gdung SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Selasa (28/1) lalu, Rektor termuda di Indonesia itu mengaku olah raga yang membuat fit. Bukan yang menguatkan otot.

Sebagai intelektual, Anies memang tak mengabaikan pentingnya otot, tapi otak yang menjadi prioritas. Karenanya, dia lebih senang olah raga yang memanfaatkan gravitasi danberat tubuhnya. Artinya, Anies suka keseimbangan. Balance power dari dalam dan dari luar dirinya. Itu sebabnya, cucu perintis kemerdekaan AR Baswedan, itu tak pernah melakukan olah raga dengan menggunakan alat yang bisa membuatnya menonjol.

Meski demikian, olah raga a la Anies Baswedan ini lumayan berat. Ketika pertama mencoba, ia sempat ngos-ngosan. Ia melakukan olah raga itu dipandu seorang teman yang menjadi instrukturnya. Menurut dia, olahraga yang dipilihnya itu cocok untuk orang Asia.

Tak hanya itu, Liputan6.com mengutip penjelasan Anies, "Kalau mau sering jalan-jalan memang membutuhkan otot. Kita butuh fit, bukan unjuk otot."

Ketika remaja dan ketika masih studi di Amerika Serikat, peserta Konvensi Capres Partai Demokrat yang enggan menggelar spanduk di seputar lokasi debat, itu senang bermain sepakbola dan bersepeda. Ia juga suka gulat. Olah raga itu, menurutnya, paling beda.

"Olahraga yang paling beda, itu gulat. Ketika SMA saya ikut gulat dan waktu di Amerika saya ikut gulat," kata Anies. Ia mengatakan, sepakbola termasuk olah raga yang berat. Namun, begitu bola dilempar dan bergulir, pemainnya bisa berjalan kaki dan orang lain yang bergantian lari.

Gulat? "Kalau gulat latihannya di gedung empat lantai dengan berlari, naik tangga. Kalau musim dingin nggak latihan di luar. Dan itu berat sekali," kata Anies lagi.

Ada alasan dia tertarik dengan gulat. Salah satunya, lawan gulat seimbang. "Kalau olahraga lain lawannya nggak seimbang. Gulat β€˜kan berat badannya harus sama, nggak mungkin salah satunya kelas berat." Dengan begulat, menurut Anies, ia bisa memiliki banyak teman karena sering mewakili sekolahnya untuk bertanding.

"Saya bertarung mewakili sekolah. Kalau bertarung selalu menang," ujarnya.

Pemimpin muda yang menonjol akhlaknya kepada orang tua dan khalayak ramai itu, nampak concern pada kegiatan olah raga dan melakukannya.. | Noora

Editor : Web Administrator | Sumber : Liputan6.com
 
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 102
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 518
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 526
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 446
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 634
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 784
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 751
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya