Otomotif

Si Bongsor Yang Lincah

| dilihat 2639

AKARPADINEWS.COM| Apa jadinya bila sebuah kendaraan segala medan (All Terrain Vehicle/ATV) dikawinkan dengan Jetski? Mungkin, sebagian masyarakat Indonesia, belum dapat membayangkan akan seperti apa kendaraan semacam itu.

Namun, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, yaitu Gibbs Sport Amphibians Inc, sudah berhasil melahirkan sebuah kendaraan kawin silang ATV dan Jetski. Kendaraan tersebut diberi nama Quadski.

Dalam menciptakan Quadski, Gibbs mengusung tiga F, yakni Freedom, Flexibility, dan Fun. Freedom mengacu kepada kebebasan berkendara, tanpa perlu berpikir kondisi lanskap saat berwisata alam.

Flexibility atau fleksibilitas mengacu pada kemampuan kendaraan dalam bergerak secara fleksibel menghadapi lanskap darat maupun air. Sementara Fun atau kegembiraan, terkait pengalaman baru yang menyenangkan kala mengendarai kendaraan amfibi jenis baru.

Kendaraan hybrid ini, memiliki body perpaduan ATV dan Jetski. Bagian roda dan tempat duduk pengendara sangat mencerminkan ciri khas ATV. Sedangkan bagian dasar kendaraan terdapat hull seperti sebuah Jetski. Dari segi ukuran, Quadski memiliki ukuran yang ‘bongsor’ bila dibandingkan dengan ATV maupun Jetski. Meski ‘bongsor’, Quadski mampu bermanuver lincah di darat maupun di permukaan air.

Kelincahan itu berasal dari mesin penyokongnya, yakni BMW Mottorad K1300 yang berkapasitas 1300cc dengan tenaga sebesar 140 tenga kuda. Mesin hasil besutan Gibbs bekerjasama dengan BMW ini mampu memacu Quadski hingga 45 mph (mile per hours) di darat dan di permukaan air. Mesin yang dipatenkan oleh Gibbs ini juga mampu memberikan kenyamanan dan stabilitas saat mengendarai Quadski.

Untuk bergerak di darat, Quadski bertumpu pada empat roda ATV dengan suspensi Independent Coil Spring dan Hydraulic Dampers yang terbuat dari aluminium alloy. Suspensi itu mampu menahan beban berat dan mampu bertahan dari terpaan air—khususnya air laut—yang dapat menyebabkan karat. Lalu, sistem rem darat Quadski menggunakan sistem rem cakram di empat rodanya.

Kelebihan lainnya terdapat pada hull Quadski yang didesain sangat kuat, ringan, dan responsif di atas air. Jadi, ketika Quadski merambat menuju permukaan air, hull akan menampung berat kendaraan sehingga tidak tenggelam dan mampu mengambang dengan stabil. Dengan begitu, meski berbadan ‘bongsor’, Quadski mampu beradaptasi cepat kala kendaraan ini dipacu dari darat ke permukaan air.

Di atas air, Quadski menggunakan sistem Gibbs Jet Drive sebagai sistem akselerasinya. Sistem itu mengalihkan tenaga yang dihasilkan mesin Mottorad ke jet air sehingga kapasitas tenaga yang dikeluarkan sama persis dengan tenaga saat digunakan di darat.

Quadski sebagai kendaraan amfibi telah digunakan oleh beberapa negara bagian di Amerika, seperti Miami, sebagai kendaraan operasional wajib bagi penjaga pantai. Sistem adaptasi si ‘bongsor’ ini cukup cepat kala perpindahan dari darat ke permukaan air. Saat berada di permukaan air, keempat roda Quadski akan terangkat masuk ke dalam sela-sela body.

Untuk bahan bakar, Quadski menggunakan bahan bakar bensin dengan research octan number (RON) atau nilai oktan senilai 98. Dengan bensin berjenis itu, Quadski mampu mengoptimalkan performa mesin. Selain itu, dengan menggunakan bahan bakar berjenis itu, Quadski juga dapat dikategorikan sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Untuk jenis variannya, Gibbs memiliki dua varian Quadski, yakni Quadski standar dan Quadski XL. Quadski standar berjenis single sitter sedangkan Quadski XL—dengan body lebih besar—dapat menampung dua orang berboncengan.

Dapat dikatakan, Quadski merupakan salah satu pelopor teknologi kendaraan amfibi yang mungkin akan menjadi kendaraan alternatif baru untu masa depan. Dapat dipastikan, bila kehadiran Quadski ini dapat menyedot perhatian internasional, bukan tidak mungkin, dunia akan berlomba-lomba mengembangkan teknologi kendaraan amfibi. Karena, industri ini masih jarang digarap oleh negara maju maupun berkembang.

Pilihan Gibbs memadukan ATV dan Jetski sehingga menghasilkan Quadski merupakan langkah cerdas. Karena, untuk tipe kendaraan amfibi responsif, jenis kendaraan mobil atau sepeda motor sangat sulit dikembangkan di sektor komersil. Hal utama kesulitannya ialah masalah teknologi dan sumber daya produksinya. Langkah cerdas Gibbs ini dapat membuka kesempatan baru untuk mengembangkan jenis industri baru, yakni industri kendaraan amfibi komersial. Muhammad Khairil.

Editor : M. Yamin Panca Setia | Sumber : http://www.gibbssports.com/
 
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 98
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 515
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 524
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 444
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya
Polhukam
05 Mar 24, 04:23 WIB | Dilihat : 242
Tak Perlu Risau dengan Penggunaan Hak Angket DPR
05 Mar 24, 08:18 WIB | Dilihat : 421
Anak Anak Abah Menghalau AI Generatif
22 Feb 24, 11:50 WIB | Dilihat : 316
Jalan Terjal Perubahan
18 Feb 24, 05:52 WIB | Dilihat : 271
Melayari Dinamika Kebangsaan dan Demokrasi
Selanjutnya