Tips

7 Cara Seru, Unik dan Hemat Merayakan Tahun Baru 2015

| dilihat 2581
AKARPADINEWS.Com - Tak terasa tahun baru 2015 sudah di depan mata. Banyak orang sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk mengisi liburan akhir tahun yang tinggal tiga hari lagi. Bagaimana dengan Anda ?
 
Tak perlu risau dengan dana yang Anda miliki. Anda tetap bisa merayakan pergantian tahun dengan suasana seru meski dana terbatas. Berikut tujuh cara merayakan momen pergantian tahun secara seru dan unik dengan dana terbatas.
 
 
1.Buat Acara Seru di Rumah
Siapa bilang merayakan pergantian tahun di rumah tidak seru dan membosankan! Kini saatnya Anda mengubahnya jadi seru, unik dan hemat. Rayakan bersama keluarga inti, sahabat, dan tetangga jika perlu. Anda bisa membuat suasana seru dengan menonton film DVD bersama atau menikmati suguhan acara dari beragam stasiun televisi.
 
Tak lupa hidangan nikmat juga bisa menambah suasana jadi lebih seru, dengan adanya makanan dan minuman ringan. Jika ingin menikmati makanan berat,  Anda bisa saweran dengan teman atau tetangga untuk hidangan makanan dan minuman yang lebih komplit dalam suasana barbeque dengan menu-menu pilihan seperti, jagung bakar, ikan bakar atau steak. Terserah selera Anda.
 
Selain itu siapkan juga kembang api atau hiasan lampu di sekitar taman atau rumah serta terompet sehingga acara makin hangat dan  memorable, laiknya pesta di hotel berbintang.
 

2.Jajaki Kota Tua
Biasanya Anda mengunjungi kota tua ketika pagi, siang atau menjelang sore dengan berkeliling naik sepeda tua samil berfoto di depan bangunan bergaya kolonial yang keasliannya tetap dipertahankan.
 
Untuk mencoba suasana berbeda, ada baiknya Anda mencoba sensasi lain Kota Tua di malam hari dan pada suasana pergantian tahun baru.
 
Bangunan-bangunan di kawasan Kota Tua yang ada di Jakarta Barat ini masih punya pesona untuk menghadirkan nuansa tempo dulu ke masa kini. Di malam hari, Anda bisa membawa pula kembang api dan menyalakannya bersama keluarga ataupun teman. Pedaran cahaya kembang api menyatu harmonis dengan pendar lampu kota, menghias langit malam pergantian tahun. Suasana hangat, romantis dan bernuansa tempo dulu akan  memberikan semangat baru di tahun baru 2015.
 
Cuaca hujan yang menguyur sebagai wilayah Indonesia harus Anda perhitungkan pula. Sebaiknya Anda menyediakan jaket hujan ataupun payung untuk berjaga-jaga jika hujan turun. Berdoa aja, pas di momen pergantian tahun hujan tak datang.
 

 
3.Kunjungi mal
Jalan-jalan di mal bisa juga jadi pilihan menghabikan hari terakhir di tahun 2014. Pasalnya, banyak mal menawarkan diskon besar pada momen pergantian tahun .
 
Keterbatasan dana membuat Anda  selama ini ‘puasa’ untuk membeli barang idaman Anda. Kini saatnya Anda  memanfaatkan tawaran murah hati dari gerai-gerai di mal. Selain berbelanja Anda juga bisa terhibur karena beberapa mal secara khusus menggarap event yang membawa keceriaan akhir tahun ke dalam pusat perbelanjaan mereka. Ada pula yang menghadirkan nuansa salju berupa ice skating,  suasana seram  'rumah hantu' seperti di karnaval pasar malam dan sebagainya.

4.Pesta Kembang Api di Tempat Wisata
Kawasan Monumen Nasional (Monas), Ancol, Puncak dan Taman Mini Indonesia Indah  (TMII) adalah kawasan wisata favorit dalam merayakan pergantian tahun. Tetapi, ini khusus bagi mereka yang menyukai suasana hiruk pikuk.
 
Dengan hanya membayar karcis masuk, Anda bisa menikmati suguhan musik dan pesta kembang api, khususnya di Ancol dan TMII. 
 
Sedangkan bagi  Anda yang tak mau membayar karcis bisa mengunjungi kawasan Monas. Bahkan dalam menyambut Tahun Baru 2015, Dinas Pariwisata Pemprov DKI akan menghibur warganya lewat Jakarta Night Festival (JNF). Pada tahun-tahun sebelumnya JNF dipusatkan di Bundaran HI, tahun ini akan dipusatkan di kawasan Monas, ruas Jalan Medan Merdeka dan Jalan Raya Sarinah-Thamrin.
 
Bagi Anda yang ingin lebih jauh sedikit merayakan tahun baru, Anda bisa mengunjungi kawasan Puncak. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dan Bogor dari atas Puncak. Atau juga Anda bisa bertafakur di masjid di kawasan Puncak. 

 
5. Suasana Berkemah
Suasana berbeda lainnya dengan berkemah bersama keluarga atau teman. Selain lebih menikmati suasana alam, juga bisa mempererat keharmonisan keluarga dan persahabatan antar teman.
 
Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa mengunjungi Kepulauan Seribu. Dengan berbekal menaiki kapal seharga Rp 35 ribu perorang, Anda bisa berkemah di Pulau Tidung. Suasana pantai di malam hari akan menjadi nuansa berbeda. Tapi bagi Anda yang tak suka tidur di tenda, Anda beserta rombongan bisa menyewa rumah penduduk seharga Rp 400 ribu selama satu hari satu malam.Jangan lupa Anda membawa bekal makanan agar lebih hemat karena harga-harga di sana lebih mahal ketimbang di Jakarta.
 

6.Wisata Kuliner
Anda bisa menikmati pergantian tahun dengan kongkow-kongkow di restoran, cafe atau makan seafood di Muara Angke.
 
Di Muara Angke Anda bisa memilih sendiri berbagai pilihan ikan dan di sekitar Muara Angke juga tersebar warung yang menawarkan jasa memasakkan seafood segar yang telah Anda pilih sendiri. Tetapi Anda harus bertanya dulu harga makanan ataupun jasa memasak agar tak ‘dikerjai’ oleh para pedagang. Sedangkan, Anda yang ingin menikmati makan di restoran atau cafe, pastikan ada daftar harga dalam menu yang ditawarkan agar Anda bisa menakar, apakah sesuai dana yang Anda miliki.
 
Pilihan lainnya, Anda bisa berwisata kuliner di kawasan gaul seperti di kawasan Tebet Utara, di sepanjang jalan, banyak tersedia kedai-kedai pilihan makanan favorit bercita rasa internasional dan lokal, dari tawaran harga murah hingga harga menengah. Artinya, tak terlampau mahal.
 

7.Refleksi Diri di Rumah Ibadah
Terakhir, bagi Anda yang ingin intropeksi diri dan butuh suasana tenang, ada baiknya mengunjungi tempat-tempat ibadah. Bagi Anda yang beragama Islam, datangilah masjid-masjid yang mengelar acara tahun baruan dengan dzikir dan berdoa serta shalat malam bersama. Di Jakarta biasanya masjid Sunda Kelapa, masjad Al Azhar, masjid Istiqlal mengelar acara ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa tanyakan pada pengurus masjid.
 
Demikian tips menyongsong tahun baru 2015 dengan suasana yang tak akan mudah dilupakan dan tak menyedot banyak dana Anda. Selamat tahun baru 2015.
 
 
 
 
 
 
 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1193
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 534
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 1057
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 284
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 751
Momentum Cinta
Selanjutnya