Mengurus Kendaraan Setelah Banjir

| dilihat 2330

AKARPADINEWS.COM | Banjir besar yang menerjang ibukota pada Senin (9/2/15) mengakibatkan kerugian yang sangat besar. Lalu lintas nyaris lumpuh, ribuan kendaraan terjebak dan terendam air, dan yang tak kalah merepotkan adalah tindakan pemulihan yang harus dilakukan pasca banjir.

Dalam jumlah yang wajar seperti saat hujan atau saat mencuci kendaraan, air bukanlah musuh. Tapi, ketika sudah merendam kendaraan., layaknya kendaraan diparkir di sungai atau berada dalam akuarium raksasa. Dapat dipastikan kendaraan mengalami kerusakan berat dan butuh biaya perbaikan yang tidak murah.

Apabila kendaraan mobil dan motor Anda, menjadi korban dalam banjir kali ini, nikh beberapa tindakan yang harus dilakukan:

Cuci Menyeluruh Seluruh Body Kendaraan

Tujuannya: membersihkan sisa lumpur yang menempel di body kendaraan, supaya lumpur pada area tersembunyi bisa dibersihkan tuntas. Lakukan hal ini untuk mencegah kerusakan pada body , terutama karat, di kemudian hari.

Bersihkan Mesin

Ketika melintasi area banjir, air dapat masuk ke sela-sela mesin. Bahkan ketika genangannya cukup tinggi,  air  masuk ke bagian dalam mesin. Hal ini bisa dilihat dengan bertambahnya level permukaan oli (oli mesin bercampur dengan air). Solusi pertama adalah cukup dengan menyemprotkan angin bertekanan ke bagian luar mesin.  Supaya aman, kabel baterai sebaiknya dilepas. Apabila oli mesin sudah bercampur dengan air, maka oli tersebut harus di kuras, dibilas  dan diganti dengan yang baru.

Bersihkan dan Keringkan Jok

Jok yang basah oleh air banjir khususnya pada mobil harus  segera  ditangani.  Hal ini untuk mencegah kerusakan dan timbulnya bau yang tidak sedap. Caranya adalah dengan melepas jok dari dudukannya,  dicuci dan segera dikeringkan.

Bersihkan dan keringkan karpet lantai

Setelah  melakukan penanganan pada jok, langkah selanjutnya adalah menangani karpet mobil. Karpet yang basah harus segera dilepas, dicuci dan dikeringkan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada karpet dan mencegah timbulnya bau tidak sedap  di area kabin kendaraan.

Keringkan sisa air di lantai kendaraan. 

Langkah ini dilakukan setelah karpet dilepas. Air sisa banjir yang masih tersisa dapat dikuras dengan melepas sumbat karet pada body kendaraan. Proses ini bertujuan untuk memastikan tidak ada sisa air yang ada di lantai kendaraan.  Hal ini mencegah terjadinya karat pada lantai kendaaan.

Bersihkan bagian kabel,  soket dan  kelistrikan kendaraan

Sistem pengkabelan pada kendaraan, biasa diletakkan pada lantai kendaraan. Ketika  air banjir sampai masuk ke kabin, kabel tersebut menjadi basah. Ini dapat menyebabkan konsleting dan kerusakan  pada  komponen elektronik di  kendaraan.  Untuk itu perlu  dilakukan pembersihan dan pengeringan. Caranya cukup melepas soket atau komponen kelistrikan, lalu disemprot dengan udara bertekanan. Setelah itu berikan cairan pembersih dan pencegah karat pada kaki terminal.

Pastikan Sistem Bekerja Normal

Ketika semua itu sudah dirakit kembali, langkah terakhir adalah memastikan semua sistem kelistrikan bekerja normal.  Jangan lupa baterai kembali dipasang.  Yang  perlu dicek adalah keseluruhan kelistrikan body,  lampu-lampu, dan kelistrikan mesin.  Pastikan pada pengecekan ini semua sistem berfungsi dengan normal.  Jika masih ditemukan ada sistem yang bermasalah,  segera perbaiki. Bila kendaraan rusak, segera lakukan klaim asuransi.

Belajar dari  semua hal yang mungkin merugikan di saat banjir terjadi, tak ada salahnya segera mengungsikan kendaraan apabila terjadi banjir di daerah rumah. Lebih baik tidak mencoba menerobos banjir apabila ketinggian banjir sudah tidak memungkinkan atau sudah melebihi batas kemampuan kendaraan anda. Selain itu, yang terpenting adalah  keselamatan jiwa!

Tinggalkan kendaraan apabila banjir yang terjadi sudah sangat berbahaya seperti adanya arus air yang deras. Jangan lupa selalu prioritaskan keselamatan diri dan keluarga. | Ratu Selvi Agnesia

Editor : Web Administrator | Sumber : [ berbagai sumber ]
 
Ekonomi & Bisnis
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 273
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 137
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 431
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1502
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1320
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya