9 Tips Aman Naik KCL

| dilihat 1658

AKARPADINEWS.Com- Transportasi dalam kota dengan kereta bisa dibilang jadi  angkutan alternatif yang diminati masyarakat menengah saat ini.  Menghindari kemacetan jalan dan harganya yang terjangkau kantung semua lini masyarakat,jadi daya pikat bagi warga pemukim dipinggir Jakarta. Apalagi, sejak 1 Juli 2013, PT Kereta Api Indonesia, khusus Kereta Commuter Line (KCL) wilayah Jabodetabek memperlakukan harga tiket progresif.

Harga tiket bersubsidi ini lebih murah dibanding harga sebelumnya. Lima stasiun pertama dibanderol Rp 2.000 dan tiga stasiun berikutnya dihargai Rp 500. Itu dilakukan untuk menarik minat masyarakat berkendara dengan transportasi publik, agar bisa meminimalisir kemacetan di Ibu Kota Jakarta.

Hanya saja, dampak harga murah yang tak diimbangi dengan servis yang lebih baik menimbulkan  beragam masalah. Selain  masalah human error, yang menimbulkan beragam kecelakaan (termasuk kecelakan yang baru terjadi Senin 9 Desember 2013); minimnya petugas keamanan palang pintu kereta dan petugas jaga dalam gerbong, kebersihan gerbong, tak disiplinnya para pengguna serta minimnya jumlah gerbong kereta,; menimbukan rasa nyaman dan aman moda ini, masih jauh dari harapan. Sesak, panas dan banyak ‘tangan jahil’ masih jadi problem utama transportasi ini.

Selain beberapa hal positif dan negatif di atas. Sambil menunggu proses perbaikan servis dari manajemen KCL, ada baiknya Anda pengguna setia KCL ataupun Anda yang akan mengunakan moda ini, agar perjalanan Anda aman dan sedikit nyaman,  ikuti tips berikut ini:

  1. Jika Anda akan pergi bekerja. Bila jam kerja Anda di pagi hari maka berusahalah  datang lebih pagi.  Kalkulasi waktu perjalanan Anda agar tepat sampai di kantor.
  2. Cek terlebih dahulu waktu keberangkatan kereta dari stasiun tempat Anda berasal, sehingga Anda tak perlu lama menunggu di stasiun.
  3. Bagi Anda yang kerap mengunakan moda ini, lebih baik membeli tiket berlangganan agar menghindari antrian dan selalu mengecek saldo ketika tapping tiket agar Anda tahu, kapan akan melakukan isi saldo agar tak mengantri panjang di loket. Untuk Anda pengguna sekali waktu, Anda bisa langsung ke tempat tiket dengan menyiapkan uang minimal Rp 10.000 agar tak terlalu lama bertransaksi. (harga tiket termahal Bogor- Jakarta Rp 5.000 dan deposit Rp 5.000, uang deposit bisa kembali dengan menukarkan tiket usai turun dari kereta).
  4. Jika Anda tidak terikat pada jam kantor maka ada baiknya naik kereta di atas jam sibuk, mulai pukul 9 hingga 11.00 WIB.  Pada jam-jam tak sibuk kantor tersebut, gerbong kereta sedikit lega dan tidak sesak.
  5. Bagi Anda kaum perempuan, pilih gerbong khusus perempuan yang letaknya di gerbong satu dekat lokomotif dan gerbong akhir.  Lokasi ini aman dari laki-laki iseng yang kerap melakukan pelecehan seksual, modusnya terus menghimpitkan  badan mereka hingga menempel ke tubuh calon sasarannya.
  6. Bagi Anda yang pergi membawa anak balita, maka segeralah menuju tempat khusus yang berada dipojok dekat pintu penghubung antargerbong. Jika kursi khusus itu penuh maka hubungi petugas penjaga, agar menolong Anda mencarikan tempat duduk. Kursi khusus ini ada di setiap gerbong, baik gerbong perempuan ataupun campuran.
  7. Ketika masuk gerbong, bagi Anda yang membawa bawaan banyak,segera letakkan barang bawaan Anda pada tempat yang tersedia.  Namun, bagi Anda yang membawa barang berharga lebih baik Anda jinjing dan letakkan diposisi depan Anda. Pasalnya, di gerbong perempuan pun juga banyak ‘tangan-tangan jahil’ alias copet. Tentu saja, copetnya perempuan juga.
  8. Beusahalah pilih gerbong yang ada petugas jaganya, agar terhindar dari orang-orang yang mencari celah, berbuat tidak baik. Jika Anda mencurigai seseorang maka sebaiknya Anda bergeser mendekat ke petugas.
  9. Jaga kebersihan, ada baiknya Anda yang membawa botol minuman ataupun bungkus snacks. Usai mengunakan, sisa bungkus tersebut jangan dibuang di lantai kereta. Ada baiknya, jika tidak ada tempat sampah maka lebih baik Anda masukan dalam plastik atau tas. Setelah turun dari kereta, buang sampah tersebut ke tempat yang disediakan. Menjaga kebersihan adalah kewajiban semua penguna moda ini. Agar semua penguna merasa nyaman.

 

Mudah-mudahan sembilan tips di atas cukup sebagai acuan Anda untuk berkendara kereta secara Aman dan sedikit nyaman. Selamat mencoba!

Editor : N Syamsuddin Ch. Haesy
 
Ekonomi & Bisnis
31 Agt 21, 19:09 WIB | Dilihat : 388
Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Lokal
14 Mar 21, 23:46 WIB | Dilihat : 454
Sindroma Ambivalensia
16 Des 20, 07:56 WIB | Dilihat : 626
Peta Bank Syariah di Indonesia Berubah
Selanjutnya
Budaya
07 Okt 21, 09:26 WIB | Dilihat : 388
Cindai Kebangsaan yang Koyak dan Lusuh
05 Okt 21, 15:01 WIB | Dilihat : 286
Mengingat Siti Quburi di Tengah Arus Deformasi
30 Sep 21, 11:10 WIB | Dilihat : 263
Alih Rupa Sejarah
15 Sep 21, 11:09 WIB | Dilihat : 339
Prespektif Transformasi Budaya Betawi dari Setu Babakan
Selanjutnya