8 Petinju Paling Tajir Sejagad

| dilihat 2648
 
JAKARTA, AKARPADINEWS.COM |  Tinju merupakan salah satu olah raga yang sangat berdekatan dengan perputaran uang.  Karena itu, pemenangnya bisa meraup hadiah miliaran rupiah.
 
Walaupun iming-iming kemapanan memang tak selalu dinikmati oleh semua petinju profesional. Ada yang gagal ditengah jalan dan beralih profesi menjadi body guard ataupun petugas keamanan, namun tak sedikit yang berhasil menempuh kesuksesannya di dunia tinju profesional.
 
Berikut merupakan delapan atlet tinju yang merupakan petinju profesional terkaya:
 

 
1.Muhammad Ali
 
Muhammad Ali merupakan petinju legendaris dunia. Petinju yang bernama asli Cassius Clay merupakan petinju yang memecahkan rekor sebagai juara dunia untuk kelas berat setelah mengalahkan Sonny Liston pada tahun 1964. Pada saat melawan Liston, Ali masih berusia 22 tahun. Kata-kata Muhammad Ali yang dikatakannya sebelum melawan Liston menjadi perkataan yang sering dikutip oleh petinju muda saat ini sebagai motivasi. Kata-kata itu ialah “float like a butterfly and sting like a bee”. Sebagai petinju legendaris dunia, Muhammad Ali tercatat memiliki kekayaan hingga 50 juta dolar AS atau setara dengan Rp 628 miliar.
 

2.Vitali Klitschko
 
Petinju kelas berat asal Ukrania ini merupakan petinju profesional yang dikenal ahli dalam dunia tinju dan kaya. Selain itu, ia juga dikenal sebagai seorang yang cerdas karena ia memegang gelar doktoral dalam bidang ilmu pengetahuan olah raga dan filsafat. Federasi tinju, The World Boxing Council memberikan Vitali Klitschko sebagai Champion Emertus. Dengan gelar tersebut, Klitschko bila ingin kembali bertinju tidak harus menurunkan kelasnya dari tinju kelas berat. Setelah pensiun dari dunia tinju, Klischko sekarang menjabat sebagai walikota Kiev, Ukraina. Kekayaannya yang didapat dari dunia tinju berada di kisaran 65 juta dolar AS atau setara dengan Rp 817 miliar.
 

 
3.Manny Pacquiao
 
Mantan juara kelas ringan ini dapat dikatakan sebagai seorang petinju yang multi talenta. Manny Pacquiao selain tercatat sebagai petinju, ia juga tercatat sebagai politisi Filipina dan juga sebagai pemain basket profesional merangkap pelatih basket di asosiasi basket Filipina. Saat merambah dunia politik, ia terpilih sebagai anggota kongres Filipina. Petinju yang akrab dengan sebutan “Pacman” ini menghabiskan 7 juta dolar  AS atau setara dengan Rp 88 miliar  untuk pemenangannya di pemilu Filipina. Kekayaannya yang didapatkan dari dunia tinju mencapai 100 juta dolar atau setara dengan Rp 1 triliun.

4.Ray Leonard 
 
Ray Leonard memecahkan rekor sebagai petinju pertama yang kekayaannya mencapai di atas 100 juta dollar pertama pada masanya. Kekayaannya terakhir tercatat mencapai 120 juta dolar AS atau setara dengan Rp 1.5 triliun. Petinju yang dikenal dengan nama Sugar Ray ini pertama kali mendapatkan gelar di kelas bantam di tahun 1979. Saat itu, ia mendapatkannya setelah mengalahkan Wilfried Benitez. Dari pertarungan tersebut, Sugar Ray mengantongi uang hadiah hingga 1 juta dolar AS. Pertarungannya yang paling dikenal ialah melawan Marvin Hagler.
 

5.Lennox Lewis
 
Lennox Lewis merupakan petinju yang luar biasa. Selama 14 tahun kariernya, ia hanya mengalami tiga kali kekalahan dan dari semua kemenangannya, ia meraih total 135 juta dolar AS atau setara dengan Rp 1.6 triliun. Pada tahun 2002, Lewis melawan Mike Tyson. Pertarungan dua petinju internasional itu merupakan pertandingan tinju dengan keuntungan terbesar sepanjang sejarah dunia tinju. Total kekayaannya sebagai petinju seputar 140 juta dolar AS atau setara dengan Rp 1.7 triliun.

 
6.Oscar De La Hoya
 
Petinju berparas tampan ini merupakan petinju dengan kekayaan yang menakjubkan. Total kekayaannya berkisar 200 juta dolar AS atau setara dengan Rp 2.5 triliun. Kekayaan petinju yang berjulukan “The Golden Boy” memiliki pendapatan hingga milyaran rupiah untuk satu kali pertandingannya saja. Pada tahun 2004, De La Hoya menghasilkan  30 juta juta dolar AS atau Rp 377 miliar rupiah dari duelnya melawan Bernard Hopkins meskipun dalam pertandingan itu ia kalah dari Hopkins.
 

7.George Foreman
 
George Foreman termasuk salah satu petinju yang pernah menjadi ikon beberapa perusahaan ternama di Amerika. Di antara perusahaan itu, yang terbanyak ialah perusahaan makanan cepat saji. Perusahaan itu di antaranya ialah KFC, Doritos, dan Meineke. Selain itu, pada pertarungannya melawan Evander Holyfield, Foreman mendapatkan pemasukan sebesar 12.5 juta dolar ASA atau setara dengan Rp 150 miliar. Kekayaannya yang terakhir tercatat mencapai 250 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3.1 triliun.

 
8.Floyd Mayweather Jr
 
Floyd Mayweather Jr tercatat sebagai petinju profesional terkaya sedunia. Kekayaan Mayweather mencapai kisaran 280 juta dolar AS atau setara dengan Rp 3.5 triliun. Kekayaannya itu didapatkannya dari beragam pertandingan tinju dan endorsment produk-produk di Amerika. Dilansir dari therichest.com, majalah Fortune telah atlet dengan pemasukan tertinggi di Amerika tahun 2014 kemarin. Pendapatan Mayweather Jr mencapai 105 juta dolar setahun atau setara dengan Rp 1.3 triliun. Petinju flamboyan ini juga dikenal sebagai penggemar mobil mewah karena ia memiliki koleksi mobil mewah dari beragam merek ternama.
 
Demikian daftar petinju profesional terkaya di dunia. Kekayaan yang didapat para petinju tersebut merupakan hasil dari kemenangan demi kemenangan di atas ring tinju. Berbeda dengan kondisi petinju-petinju profesional di Indonesia. Sebagian dari mereka—mantan juara—hanya kembali miskin dan bahkan ada yang nekat menjual obat-obat terlarang. |Muhammad Khairil.
Editor : Nur Baety Rofiq | Sumber : Therichest
 
Humaniora
06 Des 22, 14:02 WIB | Dilihat : 162
Mengeja Ferry Mursyidan Baldan
06 Des 22, 12:17 WIB | Dilihat : 23
In Memoriam Ferry Mursyidan Baldan
11 Nov 22, 22:45 WIB | Dilihat : 198
Jalan Ishlah Menghidupkan Apresiasi dan Respek
Selanjutnya
Seni & Hiburan
31 Jul 21, 04:03 WIB | Dilihat : 452
Mata Maut
Selanjutnya