Oasis, Mobil Unik dengan Kebun Mini

| dilihat 2539

AKARPADINEWS.COM | PELAKU industri otomotif, selalu berupaya menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satunya, dengan menghadirkan kendaraan listrik.

Berbagai keunggulan ditawarkan. Mulai dari kemampuan parkir otomatis hingga memiliki artificial intelligence (AI) yang canggih. Ada pula yang menawarkan fitur unik seperti yang dilakukan Rinspeed, yakni fitur berkebun dalam mobil.

Mobil unik besutan pabrikan asal Swiss itu ialah Oasis. Konsep mobil bertipe mobil hatchback dengan desain futuristik pada eksteriornya. Bila dilihat dari bentuknya, mobil ini dibuat sebagai mobil urban sehingga amat cocok dikendarai sebagai mobil kegiatan sehari-hari.

Keunikan kebun portabel mobil ini terdapat di bawah kap depan. Kebun itu pun dapat diakses melalui dashboard mobil sehingga pemiliknya dapat mengganti atau menanam tanaman dari dalam mobil.

Fitur kebun dalam mobil ini kiranya bertujuan untuk membuat pengemudi dan penumpang tidak terlalu stres kala terjebak kemacetan. Tumbuhan dalam kebun mini itu diharapkan mampu membuat pengemudi dan penumpang lebih rileks.

Pilihan desain eksteriornya dengan mengaplikasikan pintu transparan seakan ingin mengesankan desain futuristik dan unik. Sayangnya, terlalu mudah terlihat barang-barang di dalamnya. Mobil ini terkesan kurang memberikan privasi kepada pemiliknya ketika berkendara.

Soal mesin, Oasis memiliki kemampuan mesin cukup baik. Oasis mampu dipacu hingga kecepatan maksimum 130 kilometer per jam. Kemampuan itu ditunjang akselerasi dari titik nol hingga 100 kilometer per jam hanya membutuhkan waktu 9,7 detik. Saat kondisi baterai penuh, mobil ini dapat dipacu hingga mencapai jarak 100 kilometer.

Kemampuan itu tentunya ditunjang dengan baterai 12 kWh LiFePO4 sebagai jantung kendaraan. Baterai itu pun ditunjang dengan EVA Fahrzeugtechnik powerbank sehingga pemakaian listriknya tak begitu boros.

Mobil ini juga memiliki panel surya yang terletak di atap kendaraan untuk pengisian baterai. Dengan begitu, pemilik kendaraan dapat mudah mengisi baterai kendaraan kala berkendara jauh, meski tidak ada stasiun pengisi daya.

Untuk kejadian darurat atau terjadi kerusakan pada baterai Oasis, pengendara bisa mengontak bengkel khusus Rinspeed terdekat untuk memesan baterai baru. Baterai itu akan diantarkan oleh robot trolli khusus ke tempat mobil terparkir.

Hanya saja, fitur ini belum bisa dikatakan sempurna. Sebab, baru bisa diaplikasikan di daerah sekitar pabrik Rinspeed dan masih pada tahap uji coba. Untuk mengaplikasikan secara luas, kiranya membutuhkan pengembangan lebih lanjut, khususnya terkait kondisi jalan.

Pada interiornya, Oasis memiliki perpaduan desain futuristik dan elegan. Berbalut kulit berwarna putih yang mengesankan kemewahan dan kenyamanan. Lalu, kesan futuristik nampak pada berbagai piranti pintarnya. Otak dari piranti pintar itu menggunakan sistem Harman yang menjadi otak kendaraan dan terintegrasi dengan beberapa piranti canggih lainnya yang terpasang di dalam mobil.

Kaca depan Oasis bukan sembarang kaca. Sebab, kaca tersebut merupakan layar interaktif selaiknya monitor komputer transparan. Pada layar itu terdapat beberapa fitur, seperti Global Positioning System (GPS), informasi jalan raya, hingga informasi lainnya di internet. Layar interaktif itu juga teraplikasi pada dashboard mobil sehingga beberapa informasi tersebut tidak mengganggu pandangan pengemudi ketika berkendara.

Sistem Harman itu juga mampu terintegrasi dengan ponsel pintar melalui aplikasi khusus. Melalui fitur itu, pengemudi bisa memprogram mobilnya langsung dari ponselnya. Sistem itu dilengkapi pula dengan fitur motion detector. Fitur ini memungkinkan pengemudi dan penumpang mengakses fitur-fitur canggih pada kendaraan hanya dengan melambaikan atau menggerakkan tangan pada alat khusus di bangku depan.

Fitur unik lainnya ialah ketika mode otomatis, kemudi mobil bisa dilipat dan diubah menjadi keyboard komputer. Fitur ini diperuntukkan bagi seseorang yang memiliki pekerjaan padat sehingga waktu di jalan bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Saat mode otomatis, mobil ini juga mampu membaca keadaan sekitarnya dan dapat meresponnya dengan responsif. Bahkan, ketika ada orang lain menyebrang tiba-tiba, mobil ini dapat langsung berhenti. Hal itu membuat mobil ini ramah terhadap pejalan kaki.

Dengan segala fiturnya itu, Oasis dapat dikatakan sebagai mobil listrik pertama dengan fitur kebun di dalamnya. Pengembangan mobil ini memang jauh dari konsep mobil listrik pada umumnya. Selain itu, berbagai fitur teknologi canggih pada mobil ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Oasis tidak hanya menunjukkan sisi uniknya. Sebagai mobil berteknologi tinggi, Oasis memiliki berbagai fitur hebat di dalamnya.

Meski demikian, pengembangan mobil ini untuk diproduksi massal masih sulit terjadi dalam beberapa tahun ke depan. Karena, fitur kebun mini dan teknologinya masih membutuhkan lingkup infrastuktur jalan berteknologi tinggi. Meski demikian, kehadirannya perlu diapresiasi sebagai hasil ikhtiar perkembangan teknologi canggih. Bukan tidak mungkin, pada saatnya nanti, mobil seperti ini dapat meledak di pasaran otomotif dunia. | Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia | Sumber : Rinspeed/Business Insider
 
Polhukam
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 226
Cara Iran Menempeleng Israel
14 Apr 24, 21:23 WIB | Dilihat : 230
Serangan Balasan Iran Cemaskan Warga Israel
05 Mar 24, 04:23 WIB | Dilihat : 427
Tak Perlu Risau dengan Penggunaan Hak Angket DPR
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 200
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 375
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 221
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya