Mitsubishi XM Concept, Mobil MPV Rasa SUV

| dilihat 2924

AKARPADINEWS.COM| GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-24 menjadi ajang berbagai pabrikan otomotif untuk unjuk gigi. Mitsubishi misalnya, menjadikan perhelatan tersebut sebagai panggung perdana memamerkan kendaraan Mitsubishi XM Concept.

Mobil ini merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan cita rasa Sport Utility Vehicle (SUV). Dari namanya yakni “X”, mengacu kepada crossover dan “M” pada MPV. Melalui konsep itu, pabrikan asal Jepang itu berharap, pengendaranya dapat merasakan pengalaman baru dalam berkendaraan.

Kehadiran mobil ini akan memanaskan persaingan pabrikan yang memproduksi kendaraan berjenis MPV. Di pasar Indonesia, kendaraan berjenis itu saling bersaing cukup ketat antara Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Livina, dan Honda BR-V (dulu bernama Mobilio).

Peluncuran XM Concept oleh Mitsubishi cukup berani. Mobil tersebut akan menjadi penantang baru di kelas MPV dari para pendahulunya yang telah lebih dahulu merasakan kerasnya persaingan di kelas tersebut. Karena, untuk pasar Indonesia, mobil berjenis MPV cukup diminati.

Pengguna mobil di Indonesia umumnya membutuhkan kendaraan yang memiliki kapasitas angkut yang besar dan luas, sehingga mampu mengangkut seluruh anggota keluarga beserta barang-barang bawaannya. Apalagi, di Indonesia, memiliki tradisi mudik yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi. Mobil-mobil yang lebih dahulu lahir dari XM sudah berupaya menjawab kebutuhan tersebut.

Sebagai penantang baru di kelas MPV, Mitsubishi membekali XM dengan keunikan tersendiri. Dari segi tampilan, Mitsubishi tampil dengan kesan yang gagah. Tiap lekuk body kendaraan memberikan kesan kokoh dan aerodinamis.

Lampu depan dan belakang XM juga memberikan kesan modern futuristik. Mitsubishi memasangkan lampu berjenis LED pada bagian lampu belakang yang ketika menyala akan terlihat mewah.

Tak hanya itu, XM dibekali lampu kabut dengan desain cukup garang. Ketika lampu menyala, mobil akan terlihat modern. Kesan itu tidak begitu ditampilkan mobil-mobil di kelas MPV lainnya.

Bila melihat sekilas body mobil, memang tidak ada kesan MPV pada XM Concept. Tapi, ketika memasuki bagian dalamnya, pecinta otomotif dapat melihat karakteristik MPV.

Di bawah kap mesin, pabrikan dengan lambang tiga berlian berwarna merah, memberikan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan bahan bakar bensin. Meski begitu, Mitsubishi belum membeberkan detail potensi kecepatan maksimal dan daya akselerasi mobil tersebut.

Meski begitu, XM didesain untuk menjadi kendaraan yang menempuh jarak cukup jauh. Mobil ini juga dibuat sedikit tinggi sehingga tidak akan gentar menghadapi jalan yang banjir maupun saat melintasi polisi tidur di jalan raya. Dengan begitu, bagian bawah kendaraan tidak akan rusak terendam banjir maupun tergerus aspal polisi tidur.

Di bagian dalam, mobil ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak tujuh orang dengan komposisi bangku tiga baris. Tentunya, kapasitas penumpang ini menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Perbedaan paling mencolok dengan mobil sejenisnya, XM memiliki ruang sedikit lebih luas untuk penumpang baris ketiga. Sehingga, penumpang di bangku baris ketiga, tidak perlu melipat kakinya maupun merasakan kesempitan.

Bangku baris ketiga pun dapat dilipat dan memberikan ruang lebih untuk penyimpanan barang di bagasi. Ketika bangku baris ketiga terlipat, interior mobil ini memberikan kesan sporty sehingga kesan MPV terkamuflase, menambah keren tampilan dalam mobil yang diproduksi di Indonesia itu.

Dari segi interiornya, Mitsubishi memberikan desain futuristik di tiap sudutnya. Pada dashboard mobil, kesan itu melekat dengan tampilan spidometernya. Tampilan ini menjadikan XM sebagai mobil MPV dengan interior modern dan berusaha tampil beda dengan kompetitornya.

Pada bagian setir mobil, XM dibekali kontrol radio sehingga pengemudinya dapat mengoperasikan radio tanpa harus melepas tangan dari setir. Fitur itu tentunya telah mengikuti tren mobil masa kini yang memberikan kemudahan akses radio kepada pengendaranya.

Meski menjanjikan banyak fitur menarik di dalamnya, mobil XM Concept ini, baru dapat meluncur di jalan-jalan Indonesia pada awal 2017 nanti. Karena, Mitsubishi masih memberikan beberapa penyempurnaan yang pastinya tidak diungkapkan secara detail agar memberikan rasa penasaran bagi pecinta otomotif Indonesia.

Soal harga, pihak Mitsubishi belum memberikan kepastian. Hanya saja, kemungkinan besar mobil ini akan dibanderol dengan harga kisaran antara Rp150 juta hingga Rp200 juta.

Kemungkinan, harga mobil ini akan bersaing dengan harga mobil MPV sekelasnya. Mitsubishi XM Concept cocok untuk pecinta otomotif yang tengah mencari varian berbeda mobil MPV. Karena, mobil ini seperti menggabungkan MPV dan SUV.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Ekonomi & Bisnis
31 Agt 21, 19:09 WIB | Dilihat : 334
Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Lokal
14 Mar 21, 23:46 WIB | Dilihat : 419
Sindroma Ambivalensia
16 Des 20, 07:56 WIB | Dilihat : 591
Peta Bank Syariah di Indonesia Berubah
Selanjutnya
Humaniora
13 Okt 21, 09:25 WIB | Dilihat : 135
Pendekar Mabuk di Tengah Coronastrope
05 Okt 21, 16:00 WIB | Dilihat : 265
Penista Nabi Muhammad Mati Dilahap Truk
03 Sep 21, 12:31 WIB | Dilihat : 209
Membaca Tantangan Abad 21 dan Hegemoni Pendidikan Global
20 Agt 21, 09:28 WIB | Dilihat : 573
Politik Kematian Simbol Kediktatoran
Selanjutnya