Amatoya, Mobil Spesialis Pemadam Kebakaran Hutan

| dilihat 4300
 
AUSTRALIA, AKARPADINEWS.COM | Ford merilis mobil konsep yang ditujukan untuk pemadam kebakaran, khususnya pemadam kebakaran hutan. Ford menggaet desainer mobil Liam Ferguson untuk membuat sebuah mobil pemadam kebakaran yang responsif, mampu bergerak di segala medan dan lincah. Mobil itu diberi nama Amatoya.
 
Amatoya merupakan mobil berjenis buggy dan didesain untuk mampu membawa pemadam kebakaran untuk menembus kebakaran dengan medan tersulit. Kendaraan mutakhir ini dibuat oleh Ferguson sebagai kendaraan tanker ringan atau disebut Quick Attack Vehicle (QAV). Pada dasarnya, kendaraan ini dibuat terutama untuk menghadapi kebakaran hutan yang berpotensi sangat sulit dipadamkan. Kendaraan dengan sistem Four Wheel Drive atau 4WD ini dapat langsung menembakkan air dan bergerak leluasa untuk bermanuver mematikan api. 
 
Selain itu, berbeda dengan kendaraan pemadam kebaran yang biasanya berjenis truk dan pengoperasiannya membutuhkan orang lebih, maka kendaraan ini hanya membutuhkan dua orang saja untuk pengoperasiannya. Orang pertama ialah pengemudi dan kedua sebagai operator alat tembak air yang disebut dengan ROSCO atau Remotely Operated Suppression Cannon Outfit. Satu kendaraan memiliki dua meriam air untuk menembakkan air.
 
Daya tampung tanki ROSCO mencapai 2200 liter air sehingga memungkinkan Amatoya menampung air banyak untuk mematikan sumber kebakaran. Meskipun bertangki besar, Amatoya tetap dapat bermanuver leluasa karena desain tangki air itu terintegrasi dalam desain keseluruhan body mobil karena mobil ini berdesain monocoque dengan berbahan dasar baja. Selain itu, mobil ini juga dilapisi dengan cat tahan panas yang biasa digunakan pada kendaraan militer. Kaca mobil juga dilapisi dengan aero gel tahan panas.
 
Mobil yang mempunyai jenis pintu gull wing ini juga dilengkapi dengan thermal imaging camera atau kamera pelacak panas sehingga dapat dengan cepat mencari sumber api untuk mengefisiensikan kinerja pemadaman api. Dalam penciptaan mobil konsep yang mutakhir ini, Liam Ferguson terinspirasi dari kebakaran hutan yang terjadi di Australia sekitar tahun 2009.
 
 
Amatoya memang belum dimiliki oleh Indonesia. Bila Indonesia memiliki kendaraan mutakhir ini, bisa jadi pemadaman kebakaran hutan yang sering terjadi di Kalimantan dan Sumatera dapat dengan mudah dipadamkan melalu jalur darat. Amatoya merupakan kendaraan yang dapat mampu meningkatkan performa para pemadam kebakaran. |Muhammad Khairil.
 
Editor : Nur Baety Rofiq | Sumber : Berbagai sumber
 
Lingkungan
03 Mar 24, 09:47 WIB | Dilihat : 220
Ketika Monyet Turun ke Kota
22 Jan 24, 08:18 WIB | Dilihat : 435
Urgensi Etika Lingkungan
18 Jan 24, 10:25 WIB | Dilihat : 432
Penyakit Walanda dan Kutukan Sumber Daya
06 Jan 24, 09:58 WIB | Dilihat : 402
Pagi Lara di Haurpugur
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 714
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 871
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 823
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya