Kesehatan

Makanan Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

| dilihat 1808
Foto:Istimewa
 
JAKARTA, AKARPADINEWS.Com -Sebelum hamil, seorang perempuan pastinya tidak memiliki pantangan tertentu dalam hal makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Baik makanan sehat maupun makanan instan. Namun, saat memasuki masa kehamilan, ada baiknya seorang ibu hamil menjaga asupan makanan.
 
Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seorang ibu hamil bukan saja untuk keperluan dirinya sendiri, melainkan juga untuk si jabang bayi. Perihal makanan dan minuman hendaknya menjadi perhatian bagi ibu hamil, khususnya makanan yang bernutrisi dan mampu membantu tumbuh kembang si jabang bayi di dalam kandungan. Berikut akarpadinews.com menghimpun makanan apa saja yang hendaknya dikonsumsi ibu hamil:
 
1. Makanan kaya asam folat
Asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Karena, asupan asam folat yang cukup sebelum maupun pada masa kehamilan akan menghindarkan si jabang bayi dari lahir dalam keadaan cacat. Makanan yang mengandung asam folat sangat dianjurkan dikonsumsi ibu hamil. Asam folat terdapat pada sayuran hijau—seperti bayam, dan kacang polong—kentang, tomat, jeruk dan varian kacang-kacangan.
 
2. Makanan berzat besi
Zat besi merupakan zat dalam tubuh manusia yang erat hubungannya dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan. Dalam tubuh manusia, zat besi berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dalam tubuh dan proses pembentukan energi dalam tubuh. Ibu hamil sangat membutuhkan zat besi. Pasalnya, ibu hamil rentan terkena anemia. 
 
Selain itu, asupan zat besi juga baik untuk proses tumbuhnya hemoglobin dalam tubuh ibu hamil. Untuk itu, ibu hamil hendaknya mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi, seperti daun bayam, jagung, kangkung, jeruk, kacang-kacangan, dan produk yang berasal dari susu.
 
3. Makanan berprotein
Protein sangat berperan sebagai zat pendukung pertumbuhan mental si jabang bayi. Selain itu, protein juga membantu ibu hamil untuk tetap berenergi meski melaksanakan aktifitas hariannya. Makanan berprotein yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil seperti telur, kacang-kacangan, kentang, dan susu.
 
4. Makanan bervitamin
Ibu hamil sangat membutuhkan vitamin untuk tumbuh kembang jabang bayi. Vitamin memiliki fungsi spesifik dalam diri manusia sebagai bagian dari keperluan metabolisme tubuh. Untuk ibu hamil, vitamin dapat menjadi unsur pendukung dalam tumbuh kembang jabang bayi. 
 
Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil ialah vitamin D dan B 19. Vitamin D dapat ditemukan dalam makanan olahan hewani, seperti ikan, susu, dan telur. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh ibu hamil dari sinar matahari yang cukup. Lalu, vitamin B 19 atau kobalamin bisa didapatkan dalam makanan daging dan ikan serta tumbuhan laut atau juga dapat diperoleh dari suplemen-suplemen vitamin.
 
5. Makanan beromega-3
Omega-3 atau asam lemak berperan dalam membentuk sistem kekebalan pada bayi setelah dilahirkan nantinya. Selain itu, zat tersebut juga membantu tumbuh kembang jabang bayi menjadi sempurna atau tidak cacat dan juga membantu perkembangan kecerdasannya. Lalu, omega-3 juga berfungsi menjaga sistem kekebalan dari si ibu selama masa kehamilan. Zat ini terdapat dalam alpukat, minyak zaitun, ikan tuna, kedelai, dan telur. Selain dari makanan, Omega-3 dapat dikonsumsi melalui suplemen-suplemen kesehatan. 
 
6. Makanan pelancar pencernaan
Saat kehamilan, seorang ibu hamil akan merasakan gangguan pencernaan dan perut terasa tidak nyaman. Untuk itu, ibu hamil hendaknya mengkonsumsi makanan-makanan yang membantu kelancaran pencernaan. Makanan itu seperti yogurt dan makanan berserat, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
 
Demikian daftar yang hendaknya menjadi pilihan utama bagi ibu hamil. Makanan pada masa kehamilan hendaknya dijaga dan sebisa mungkin menjauhi makanan cepat saji atau makanan instan. Keanekaragaman hayati yang diberikan pada manusia dari-Nya pastilah bermanfaat dan hendaknya dimanfaatkan dengan bijak. |Muhammad Khairil.
Editor : Nur Baety Rofiq | Sumber : Berbagai sumber
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1192
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 742
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 898
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 851
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya