Mercedes-Maybach S 600, Mewah dan Elegan

| dilihat 1589

AKARPADINEWS.COM | MERCEDES-Benz dikenal sebagai pabrikan otomotif yang menyuguhkan berbagai mobil mewah nan elegannya, mulai dari tipe sedan, sport, hingga SUV.

Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Ke-24, Mercedes menampilkan tujuh varian mobil terbarunya, dengan kemewahan, ciri khas Mercedes Benz. Salah satu mobil baru yang diluncurkan itu adalah Mercedes-Benz Maybach S 600.

Melalui seri Mercedes-Maybach, Daimler AG, induk perusahaan Mercedes dan Maybach, berusaha membangun kembali kejayaan merek Maybach yang sempat mati. Cara yang ditempuh Daimler ialah dengan menggabungkan Maybach menjadi salah satu sub merek di bawah Mercedes.

Merek Maybach memang telah dikenal sebagai pabrikan otomotif yang selalu menampilkan desain yang elegan. Bahkan, pabrikan yang ada sejak 1909-2013 itu telah memproduksi berbagai jenis mobil dengan desain cantik dan mewah.

Cita rasa itu dapat terlihat pada Mercedes-Maybach S 600 terbaru. Pada bagian muka, perwajahan Mercy-Maybach S 600, masih mengadopsi sedikit tampang dari seri Maybach terdahulu. Tampilannya pun elegan serta memunculkan kesan mewah yang eksklusif.

Mobil ini juga memiliki tampilan fisik sedikit berbeda dengan Mercy-Maybach sebelumnya. Pada bagian wheelbase, mobil ini sedikit lebih panjang 207 milimeter dan pendek sekitar 66 milimeter. Desainnya menampilkan kemewahan dan kekokohan mobil tersebut.

Pada bagian atap, Mercy-Maybach S 600 masih mempertahankan desain cembung yang teraplikasi pada seluruh mobil S-Class milik Mercedes. Selain itu, pada jendela samping kiri dan kanan, Mercedes membubuhkan logo lama Maybach sehingga mobil itu tetap memiliki garis merah dengan pabrikan tersebut.

Lalu, pada bagian interior, Mercy masih mempertahankan karakter kemewahannya dengan memadu-madankan interior motif kayu dengan kursi yang terbungkus kulit. Kesan mewah itu bertambah ekslusif tatkala melihat tampilan dashboard yang memadukan kedua desain itu dengan teknologi terkini yang menjadi fitur entertaintment Mercedes-Maybach S 600 tersebut.

Mobil berkapasitas empat orang itu juga memiliki ruang yang lega di bangku belakang. Bahkan, bangku belakang sangat memanjakan penumpangnya sebab memiliki berbagai fitur tambahan, seperti fitur entertaintment dan kursi yang bisa dibuat untuk meluruskan kaki penumpangnya.

Mobil ini juga dilengkapi dengan Burmester High-End 3D Surround Sound System. Dengan sound system itu, Mercy-Maybach S 600 akan memanjakan penumpangnya dengan kejelasan suara dari radio dan lagu kesayangan dengan sangat jernih. Karena, sound system  di dalam mobil ini terdiri dari 24 pengeras suara berperforma tinggi dan 24 saluran amplifier dengan total pengeluaran 1.540 watt.

Tentunya, dengan kualitas itu, penumpang mobil ini dapat merasakan nuansa musik dan film yang ditontonnya. Kualitasnya hampir sebanding dengan sound system yang ada di dalam bioskop.

Soal mesin, mobil ini memiliki mesin berjenis V12 dengan kapasitas 6.000 cc. Mesin itu mampu mengeluarkan tenaga hingga 530 tenaga kuda dan dapat mencapai kecepatan maksimum pada angka 250 kilometer perjam.

Mesin tersebut memiliki daya akselerasi yang cukup tinggi, yakni dari 0-100 kilometer perjam hanya membutuhkan waktu 5 detik. Selain itu, Mercy-Maybach tersebut memiliki torsi maksimum hingga 800 Nm. Segala kualitas itu ditunjang dengan sistem 7G-Tronic Plus yang menjadi mesin percepatan otomatis pada mobil tersebut.

Dengan kapasitas mesin itu, mobil ini tidak hanya menonjolkan kemewahan dan keeleganan desainnya, namun juga kemampuan tinggi mesinnya. Kedua hal itu menjadi satu kesatuan dalam mobil tersebut.

Selain ditunjang dengan desain menarik dan kemampuan mesin yang tangguh, Mercedes-Maybach S 600 ditunjang pula dengan sistem keamanan yang mumpuni. Mobil ini mengaplikasikan sistem keamanan yang sama dengan mobil kenamaan Mercedes lainnya, yakni Intellegent Drive System.

Sistem itu memungkinan mobil untuk membaca sekitarnya sehingga dapat memberi peringatan kepada pengemudinya bila akan terjadi kecelakaan. Mobil akan melihat titik-titik potensi terjadi kecelakaan dan mengkalkulasikan seberapa besar potensi kecelakaan itu. Hasil kalkulasi itu kemudian menjadi peringatan bagi pengemudi agar berhati-hati.

Untuk dapat membaca keadaan sekitarnya, sistem ini menggunakan dua macam pembacaan lapangan, yakni sistem kamera dan radar. Kedua sistem itu memungkinkan kendaraan merespon keadaan-keadaan berbahaya dan mengaktifkan berbagai sistem keamanan yang terintegrasi, seperti Stop & Go Pilot, Pre-Safe Brake, Brake Assist BAS Plus, Cross-Traffic Assist, Active Lane Keeping Assist, Adaptive Highbeam Assist Plus, dan Night View Assist Plus.

Dengan sistem Intellegence Drive itu, mobil ini menjadi lebih responsif dan dapat bergerak mengatur pergerakan mobil agar tidak terjadi tabrakan. Bahkan, mobil ini dapat menghindari pengendara menabrak pejalan kaki.

Ketika ada kemungkinan terjadi tabrakan, rem mobil akan bekerja otomatis dan mengurangi potensi tabrakan. Dengan sistem itu, mobil ini sangat aman untuk ditumpangi dan dikendarai.

Mercedes-Maybach S 600 menjadi mobil mewah dengan fitur terlengkap. Berbagai kualitas dan kemampuannya pastinya akan memanjakan pemiliknya. Namun, untuk memiliki mobil ini, pecinta otomotif harus merogoh koceknya sekitar Rp6,2 miliar.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Humaniora
13 Okt 21, 09:25 WIB | Dilihat : 203
Pendekar Mabuk di Tengah Coronastrope
05 Okt 21, 16:00 WIB | Dilihat : 323
Penista Nabi Muhammad Mati Dilahap Truk
03 Sep 21, 12:31 WIB | Dilihat : 214
Membaca Tantangan Abad 21 dan Hegemoni Pendidikan Global
20 Agt 21, 09:28 WIB | Dilihat : 581
Politik Kematian Simbol Kediktatoran
Selanjutnya
Seni & Hiburan
31 Jul 21, 04:03 WIB | Dilihat : 155
Mata Maut
03 Mar 21, 06:38 WIB | Dilihat : 390
Industri Game Naik Saat Pandemi
Selanjutnya