Corvette Z06 Layak Koleksi

| dilihat 2089

JAKARTA, AKARPADINEWS. Ini bukan cerita mutakhir, meski tak juga ‘kabar buluk.’ Barry Kluczyk, pakar otomotif, dalam kolom-nya di Autotrader Classic’s, memberi rekomendasi kepada pemburu otomotif klasik, untuk tak ragu membeli Corvette C5 Z06. Barry menjamin, siapa yang memenuhi rekomendasinya tak akan menyesal selama dua dasawarsa. Wuihh..!

C5 Corvette untuk pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 dalam bentuk coupe dan convertible, lebih ringan dibandingkan dengan versi hardtop kaku a la General Motor (GM) yang muncul belakangan (1999).

Corvette Z06 mempunyai kinerja mesin lebih tinggi dan spesifik. Dengan modifikasi berorientasi suspensi, roda yang unik, pendingin mesin, dan rem sendok di roda belakang, mobil ini bisa di-upgrade memenuhi standard mobil sport. Apalagi dengan mesin LS6 385 – tenaga kuda.

Z06 merupakan corvette tercepat dan merupakan produk  inovasi terus menerus sejak tipe C4 ZR1 diluncurkan. Boleh dikata merupakan produk terbaik sejak Corvette diproduksi. Seri ini menemukan debutnya di tahun 2006, ketika menggunakan sasis aluminium serta body terbuat dari serat karbon, disertai mesin LS7 505 tenaga kuda.

Kala itu, Corvette Z06 merajai pasar otomotif dan merupakan supercar 198-mph yang kualitasnya ditingkatkan sesuai standar dunia.  Karenanya, membeli mobil ini, ungkap Barry, akan mengingatkan kita pada cerita para pemburu Hemi ‘Cuda di tahun 1975. Kala itu para kolektor memburu Hemi ‘Cuda Z28 produksi tahun 1969 yang memberikan keuntungan.

Dengan harga beli berkisar antara USD1.000 – USD1.500 para kolektor mendulang untung yang memadai. Begitu pula dengan mobil ini. Menurut majalah Road&Track, setelah melakukan road test mobil ini mengalami peningkatan kinerja yang memikat. Tanpa modifikasi saja C6 Z06 memiliki daya tahan mesin yang baik, meski sudah melintasi 25.000 mil.

Ketika baru, mobil ini berharga USD50.000, tapi kini para pemilik dan kolektor menaruh harga jual sekitar USD24.900. Suatu penawaran yang relatif bagus untuk Corvette yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Kecepatan mobil ini, meski tak baru, mempunyai daya pacu 0 – 60 kali dalam kisaran 4 detik, dan bisa menjangkau seperempat mil dalam waktu 12 detik. Secara normal, kecepatan rata-rata masih bisa dipacu hingga 180 km/jam.

Dari perspektif pembeli, ungkap Barry, tak perlu kuatir ketika mengetahui riwayat mobil, terutama dari tangan pemilik yang apik memelihara mobilnya. Bakan, corvette ini masih mungkin dibangun menjadi kendaraan untuk balap.  Tapi untuk pemakaian standar, tak perlu banyak modifikasi. Kecuali, bila memang hobi membenahi mobil.

Kalaupun harus disempurnakan lagi, paling-paling terkait dengan sistem pembuangan, kit pengatur udara, penguatan baut dan cakram rem. Interior tak perlu dioprak-aprek, karena interior corvette memang khas. Gaya desain interior corvette ini menarik disamping ergonomis. Tentu, mobil ini tak harus dipacu laiknya memacu binatang buas melesat di rimba. Pendek kata Corvette ini layak koleksi.., pun boleh untuk menanting gengsi..| nin

 

Editor : N Syamsuddin Ch. Haesy | Sumber : AutoTrader Classic's
 
Seni & Hiburan
31 Jul 21, 04:03 WIB | Dilihat : 452
Mata Maut
Selanjutnya
Sporta
02 Okt 22, 12:46 WIB | Dilihat : 269
Tragedi Kemanusiaan di Kanjuruhan
12 Jul 21, 10:12 WIB | Dilihat : 465
Italia Boyong Piala Eropa via Penalti
Selanjutnya