Agar Kerja Tak Menjenuhkan

| dilihat 1962

AKARPADINEWS.COM| Bagi sebagian orang, pekerjaannya seakan memenjarakannya. Berbagai macam alasan sering diungkapkan untuk tidak mencintai pekerjaannya. Terlebih, ketika pekerjaan itu jauh dari minat dan kegemarannya.

Bagi yang sudah membenci pekerjaannya kadang akan dipusingkan oleh pilihan untuk meninggalkan pekerjaannya atau bertahan dengan segala kondisi yang menjenuhkannya. Keraguan untuk meninggalkan pekerjaan itu biasanya disebabkan kebutuhan akan penghasilan untuk kehidupan sehari-hari. Bila seseorang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan, biasanya akan berani untuk pergi ketika dirinya sudah menemukan pekerjaan pengganti.

Mengatasi kejenuhan pada pekerjaan sebenarnya dapat ditanggulangi. Ada beberapa trik untuk membuat pekerjaan lebih menyenangkan. Pertama, kita harus memberikan batasan pada diri kita sendiri untuk tidak selalu memikirkan pekerjaan.

Terkadang, pekerjaan seseorang tidak begitu saja selesai di kantor. Ketika pekerjaan itu tidak terselesaikan di kantor, maka dia akan membawa pekerjaannya ke rumah. Hal ini yang akhirnya membawa rasa stres pada pikiran seseorang sehingga membuat dirinya merasa jenuh dengan pekerjaannya.

Untuk menanggulangi hal itu, maka perlu membuat batasan antara pekerjaan dengan kehidupan sosial kita. Biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan di kantor dan tidak membawanya pulang. Ketika tugas dari kantor menumpuk dan memiliki tenggak waktu yang harus diselesaikan, maka perlu manajemen waktu yang tepat dan membuat kita nyaman dalam menyelesaikannya. Dengan begitu, pekerjaan akan terselesaikan dengan tepat waktu dan tidak akan membuat pikiran disesaki dengan stres.

Cara lain agar bekerja menyenangkan ialah mengembangkan kemampuan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Dengan melakukan hal tersebut, kita akan mengalihkan kejenuhan atas pekerjaan. Pikiran akan disegarkan dengan beragam kegiatan baru yang akan membantu kita mengembangkan diri. Kegiatan itu akan menjadi hobi yang akan menjadi penyegar diri kita sebelum kembali berkutat dengan rutinitas pekerjaan.

Selain itu, mengembangkan kemampuan lain di luar pekerjaan juga membantu kita meningkatkan kualitas kerja. Karena, kemampuan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan akan memberikan perspektif baru bagi diri kita dalam memandang pekerjaan kita. Dengan begitu, akan muncul berbagai ide baru yang kreatif dan memiliki originalitas untuk menyelesaikan tugas-tugas dari pekerjaan kita.

Salah satu hal yang sering membuat kita jenuh terhadap pekerjaan ialah ketidaktahuan tujuan atau goal yang hendak dituju. Buyarnya hal itu biasanya tuntutan yang besar dari atasan, rutinitas yang monoton, dan lainnya. Untuk itu, kita harus mencoba memetakan kembali apa yang harus dituju dalam pekerjaan.

Dengan melakukan hal tersebut, kita mencoba mencari hal yang hilang saat melakukan pekerjaan. Ada kalanya, sebagai karyawan baru, pasti menemukan perasaan yang memompa semangat untuk melaksanakan pekerjaan. Perasaan itu perlahan akan hilang sejalan dengan lamanya bekerja.

Karena itu, memetakan kembali goal akan membantu kita menemukan semangat untuk menjalankan pekerjaan saat menjadi karyawan baru. Cara memetakan itu dengan melihat kembali mengapa memilih pekerjaan itu. Lalu, mencoba mencari hal apa yang hilang ketika kita sedang melakukan pekerjaan. Bisa saja, hal yang alpa itu disebabkan terlalu monotonnya pekerjaan sehingga melupakan tujuan yang hendak kita tuju saat mengambil pekerjaan kita saat ini.

Dengan melakukan pemetaan itu, maka diri kita akan seperti menyegarkan kembali otak dari stres. Selain itu, pemetaan pekerjaan akan membantu kita mengatur pola pekerjaan kita sehingga lebih menyenangkan dan tidak membebani pikiran. Dengan begitu, kehampaan dalam melakukan pekerjaan dapat terlihat dengan jelas.

Pemetaan itu juga memiliki fungsi untuk membantu kita merancang karir ke depan. Dengan begitu, kita dapat menemukan cara untuk meningkatkan kualitas karir dan penghasilan dari pekerjaan.

Cara lainnya untuk mencintai pekerjaanmu ialah dengan membangun ikatan emosional dengan teman seprofesi. Dengan begitu, akan dirasakan atmosfir positif yang terbangun di kantor yang turut meningkatkan semangat dalam melakukan pekerjaan. Membangun ikatan emosional dengan rekan di kantor juga memudahkan komunikasi sehingga tugas yang sedang dilakukan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Membangun komunikasi dengan teman sekantor dapat dilakukan, misalnya makan siang, olahraga, belanja, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan itu akan menguatkan hubungan sehingga akan memberikan atmosfir positif di kantor.

Beberapa hal tersebut perlu dilakukan untuk mengusir kejenuhan dalam bekerja. Memang, tak dapat dipungkiri, stres akan membuat kita membenci pekerjaan. Tetapi, harus dilawan agar kita lebih produktif dalam bekerja. Jika dirasa pekerjaan saat ini tidak memungkinkan untuk dipertahankan, itu tandanya kita harus berhenti, dan mencari pekerjaan baru.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Sporta
12 Jul 21, 10:12 WIB | Dilihat : 190
Italia Boyong Piala Eropa via Penalti
23 Agt 20, 12:51 WIB | Dilihat : 677
Anggur Hijau Douro untuk Bayern Munchen
22 Okt 19, 13:15 WIB | Dilihat : 1601
Pertamax Turbo Ajak Konsumen ke Sirkuit F2 Abu Dabi
Selanjutnya
Sainstek
27 Okt 21, 17:41 WIB | Dilihat : 19
Waspadai Kabar Palsu Artis Meninggal di Media Sosial
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 1940
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
Selanjutnya