Prosesi Panjang Pernikahan Kesultanan

Pangeran Brunei Abdul Mateen Menyunting Anisha Kalebic

| dilihat 455

Noor'ain

Pangeran Muda Abdul Mateen, putera Sultan Brunei Hasanal Bolkiah Muizzadin Waddaulah ibni Omar Ali Saifuddien III , Kamis (11/1/24) telah melangsungkan ijab kabul pernikahan dengan kekasihnya,  Anisha Rosnah Isa -Kalebic binti Adam.

Ijab kabul berlangsung di Masjid Raya Omar Ali Saifuddien yang dikenal lama sebagai masjid berkubah emas yang megah. Pangeran hensem dan macho berusia 32 tahun berpangkat Mayor Angkatan Udara Diraja Brunei Darussalam, itu memberikan mahar sebesar 1.000 ringgit/dollar Brunei (setara Rp11,7 juta) kepada istrinya.

Upacara ijab kabul tersebut hanya dihadiri tamu laki-laki, khasnya dari kalangan petinggi Brunei: menteri dan pejabat pemerintah.

Sebelum melakukan ijab kabul pernikahannya, sejak Sabtu (7/1/24) Pangeran Mateen yang juga dijuluki 'Pangeran Seksi' itu, bersama Anisha telah melewati beberapa tahap prosesi pernikahan.

Mulai dari Majlis Istiadat Bersuruh Diraja, Majlis Istiadat Membuka Gendang Jaga-Jaga, Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja, dan Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja.

Pasangan pengantin kesultanan ini, masih akan melalui prosesi, Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja dan Majlis Persantapan Diraja yang akan dihadiri oleh para Sultan Melayu termasuk Yang Di Pertuan Agong Malaysia, Raja, Presiden, dan sejumlah Perdana Menteri negara-negara sahabat Brunei, Ahad (14/1/23).

Prosesi Megah di Istana Nurul Iman

Diperkirakan, pada puncak perhelatan pernikahan Pangeran Mateen - akan dihadiri oleh anggota keluarga kerajaan Inggris. Pangeran Mateen dan Sultan Bolkiah, ayahnya tampak pada penobatan Raja Charles dan pemakaman Ratu Elizabeth II. Ayahnya juga hadir pada perhelatan pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011.

Pangeran Mateen yang paling sering diajak menemani ayahnya ke berbagai kunjungan kenegaraan, sehingga sudah dikenali oleh sejumlah pemimpin negara sahabat, seperti Kaisar Naruhito, Yang Di Pertuan Agong Sultan Abdullah dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Joko Widodo - Indonesia, Presiden Bong Bong Marcos - Filipina, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong,  dan para kepala negara / pemerintahan di Asia dan Asia Tenggara, juga para bangsawan dari Yordania. Mateen dan Sultan Hasanal Bolkiah hadir pada perhelatan pernikahan Putra Mahkota Al Hussein bin Abdullah II dan Rajwa Alseif pada Juni lalu.

Prosesi pernikahan yang megah itu akan berakhir Selasa (16/1/24) setelah prosesi Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat dan Menutup Gendang Jaga-Jaga, berlangsung.

Pangeran Mateen sudah kenal dengan Anisha yang berwajah indo, itu sejak kecil. Kakek Anisha adalah pendiri maskapai penerbangan Royal Brunei, Wakil Jaksa Agung, dan kemudian menjadi penasehat bagi Sultan Brunei.

Prosesi pernikahan Pangeran Mateen mendapat perhatian berbagai media internasional, yang menyebutnya sebagai pangeran tampan murah senyum dan aktif berolah raga. Ia juga dikenal sebagai penerbang pesawat militer dan pilot helikopter.

Pangeran Mateen yang gemar berolah raga sepak bola, tinju, renang, hiking, dan polo tersebut sangat terlatih. Beberapa kali ia menjadi juara dan medali emas olah raga polo. Meski kerap 'bergaul' dengan harimau, pangeran dengan 2,5 juta pengikut Instagram, ini terbilang seorang humanis. Ia memberi perhatian pada anak-anak miskin di berbagai wilayah, tanpa kecuali di beberapa negara Afrika.

Pasangan Perwira Penerbang dan Pengusaha

Pangeran Mateen merupakan putera ke empat dari 10 anak Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, yang dikenal sebagai bangsawan terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih hampir $28 miliar. Pangeran Mateen tinggal di salah satu bangunan dalam Istana Nurul Iman yang mempunyai 1.700 kamar.

Anisha Rosnah Isa - Kalebic, 29, sang istri, datang dari lingkungan keluarga biasa yang dihormati oleh Sultan Brunei.  Kakeknya, Pehin Dato Isa - Kalebic seorang profesional dalam bisnis. Anisha mempunyai kegemaran berbisnis seperti kakeknya, selain memasak dan berolah-raga.

Ia memimpin perusahaan yang bergerak dalam dunia fesyen Silk Collective dan pariwisata, Authentirary yang dibangun bersama seorang temannya.

Anisha sering terlihat hadir dalam acara-acara yang digelar kesultanan, termasuk pernikahan agung keluarga istana. Keduanya nampak saat saudara kandung Mateen, Putri Fadzilah menikah pada tahun 2022. Keduanya juga nampak mesra saat pernikahan Putri Azemah Ni'matul Bolkiah pada tahun 2023.

Pangeran Mateen dan Anisha, nampak pula hadir dalam perhelatan nikah keluarga kesultanan lain. Namun, khalayak memperoleh kepastian, mereka akan menikah terbetik pada  Oktober 2023, ketika pihak kesultanan mengabarkan kepada khalayak. Lewat akun instagramnya, Pangeran Mateen juga memberi sinyal pernikahannya dengan Anisha.

Pasangan  kesultanan ini sebenarnya sudah berta'aruf sejak beberapa tahun terakhir, namun tak nampak menonjol, karena keduanya saling menjaga privasi, termasuk menjaga istiadat kesultanan.

Pengantin Berarak untuk Diketahui Rakyat

Rakyat Brunei Darussalam di Bandar Seri Begawan sudah mengetahui pernikahan pangeran yang berjiwa sosial dan modis itu. Diperkirakan, Ahad, usai perhelatan, pasangan pengantin baru kerajaan Brunei ini akan menyapa warga melalui prosesi di jalan-jalan Bandar Seri Bagawan, dalam parade akbar.

Beberapa bagian kota, telah dipasangi gapura yang mengabarkan perniklahan pasangan muda yang cerdas dan berkarisma ini.

Anisha, sebagaimana halnya Pangeran Mateen, nampak bergembira dan mengekspresikan kebahagiaannya. Ketampanan dan keanggunan mereka, sudah nampak sejak awal prosesi pernikahan. Anisha Rosnah Adam Isa Kalebic akan nampak anggun dengan balutan baju kurung tenunan Brunei yang rumit. Ketika mengkahatam bacaan Qur'annya, Anisha sudah menampakkan keanggunannya.

Busana pengantin dirancang oleh desainer Rosman dan Teh Firdaus dengan berbagai desain yang mempesona, mulai dari tampilan gaun putih lengan panjang yang elegan dengan kerudung yang serasi . Juga gaun warna merah, saat upacara Berbedak di Istana Nurul Iman.

Orang tua, saudara, dan sesepuh yang dihormati, memeriahkan kesempatan penting ini, menyelimuti pasangan yang akan segera menikah dalam aura glamor dengan citra busana tradisi Melayu Brunei.

Anisha memilih busana berwarna merah dan hiasan kepala yang rumit pada upacara pembedakan di Istana Nurul Iman. Upacara yang dihadiri ratusan orang ini, memukau undangan yang hadir menyaksikan.  Untuk puncak resepsi, sudah disiapkan gaun berenda lengan panjang dengan kerudung senada untuk dikenakan Anisha. | noor'ain

Editor : delanova | Sumber : RTB, BB
 
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 537
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 1060
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 289
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 754
Momentum Cinta
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 256
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 427
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 273
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya