Kesehatan

7 Manfaat Bakar Kalori Lewat Ayunan Tangan dan Kipasan Kaki

| dilihat 3649
 
 
AKARPADINEWS.Com - Bagi Anda yang ingin mengikis lemak dari tubuh sekaligus membentuk otot serta mau meningkatkan rasa bahagia atau sekadar menghalau rasa sedih dan galau, ada baiknya mempertimbangkan olahraga renang sebagai aktivitas fisik secara rutin.
 
Dalam sebuah penelitian ditemukan setidaknya 500-650 kalori terbuang dari tiap jam dari aktivitas berenang ini. Di mana jumlah kalori yang dibakar itu setara dengan 89 persen kalori yang dibuang ketika berlari, dan 97 persen kalori yang dibuang ketika bersepeda. Selain itu, penelitian terbaru menemukan, renang bisa meningkatkan rasa bahagia seseorang loh.
 
Berikut tujuh manfaat ekstra dari aktivitas berenang secara teratur dirangkum dari berbagai sumber: 
 
1.Kalori yang Terbuang Maksimal
Dari banyak penelitian, aktivitas berenang lebih cepat dalam membuang kalori karena banyaknya gerakan tangan dan kaki yang mengerakkan seluruh tubuh sehinggi kalori lebih mudah terbakar. Selain itu, risiko cidera dari olahraga ini sangat minim, sehingga aktivitas ini bisa dilakukan oleh semua umur.
 
2. Kikis Perasaan Sedih dan Galau
Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa berenang bisa menjadi pembangkit perasaan gembira dalam hati atau menghalau rasa murung, sedih, dan galau.
British Gas SwimBritain (sebuah komunitas berenang yang ada di Inggris) menemukan bahwa setiap kali seseorang berenang satu hingga dua putaran maka akan mendapatkan kebahagiaan dua kali lebih besar dan badan mereka terasa lebih sehat.
Partisipan yang mengikuti studi ini diketahui mengalami peningkatan emosi positif (bahagia) sebanyak 35 persen dari kondisi yang sebelumnya murung, sedih dan galau, setelah menceburkan diri ke dalam air.
 
3. Olahraga Pilihan Saat Cidera
Banyak dokter merekomendasikan renang sebagai alternatif olahraga. Resistensi air membuat otot-otot bekerja secara lentur dan mengendurkan saraf-saraf yang kaku. Biasanya, orang yang dalam pemulihan lebih tepat mencoba olahraga ini.
 
4.Menjaga Kesehatan Jantung
Bagi penderita jantung, renang adalah olahaga yang patut dicoba. Pasalnya, olahraga ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitihan menemukan berenang selama 12 minggu pada pria dan wanita usia produktif, ditemukan konsumsi oksign meningkat 10 persen dan mampu memompa peredaran darah alias meningkatkan kekuatan jantung 18 persen.
 
5.Cara Efektif Bentuk Otot
Berenang lebih efektif dalam pembentukan otot secara cepat. Tim peneliti dari Columbia University Medical Center menemukan kepadatan air lebih besar 12 kali lipat daripada udara, membuat setiap gerakan tubuh di air seolah melewati hambatan. Hal inilah yang menjadikan renang mempunyai intensitas sama seperti aerobik.Seseorang yang menyelesaikan program latihan renang selama 8 minggu mengalami peningkatan massa otot trisep sebesar 23.8 persen.
 
6.Untuk Semua Umur
Berbeda dengan olahraga lainnya, berenang bisa dilakukan oleh semua umur. Bagi yang tak bisa berenang, ada baiknya mengunakan pelatih atau didapingi keluarga yang bisa berenang.
 
7.Rekreasi Jalin Silaturahmi
 Aktivitas ini bisa dilakukan seorang diri ataupun bersama-sama. Anda bisa jadikan renang sebagai ajang silahturahmi dengan teman atau agenda rutin keluarga di akhir pekan. Selain sehat jasmani, tentunya kesehatan rohani juga didapat karena  mendapati rasa bahagia bersama orang-orang terdekat.
 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Energi & Tambang
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 951
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1175
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1440
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1586
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya