Ikhtiar Ronaldo Melampaui Messi

| dilihat 458

AKARPADINEWS.COM | CRISTIANO Ronaldo ditasbihkan sebagai penerima penghargaan FIFA Ballon d’OR 2016. Penghargaan itu, menambah capaian prestasi yang ditorehkan megabintang Real Madrid itu. Ronaldo meraih empat Ballon d’Or. Torehan itu hanya terpaut satu piala dengan pesaing utamanya, Lionel Messi dari Barcelona. Pesepakbola asal Argentina itu telah meraih lima Ballon d’Or.

Ronaldo meraih penghargaan tersebut lantaran konsistensinya menjaga performa selama merumput di musim 2015-2016 bersama Real Madrid. Di musim lalu, pemain asal Portugal tersebut mencatat 47 penampilan.

Dari penampilannya itu, Ronaldo mencetak 51 gol dan 15 umpan berbuah gol. Statistik itu termasuk 16 gol dan empat umpan di Liga Champions Eropa musim 2015-2016. Permainan apiknya di musim lalu pun membuat Madrid merengkuh trofi Liga Champions Eropa ke sebelasnya.

Tak hanya itu, penampilannya pun ciamik kala membela Portugal di Euro 2016. Pada kompetisi itu, pemain berusia 31 tahun itu tampil sebanyak tujuh laga dan mencetak tiga gol dan tiga umpan yang berbuah gol. Meski harus dibekap cedera pada laga final melawan Perancis, Ronaldo berhasil mempersembahkan piala Euro pertama untuk Portugal.

Atas raihan Ballon d’Or keempatnya, Ronaldo mengaku bahagia dan bangga atas prestasinya. “Saya tak pernah menyangka dapat menyabet Bola Emas (piala Ballon d’Or) untuk keempat kalinya. Seperti yang banyak orang bayangkan, saya amat bahagia dan bangga kembali memperoleh ini,” ungkapnya.

Bagi Ronaldo, keberhasilannya kali ini juga merupakan buah dukungan dari seluruh koleganya, baik di Madrid maupun tim nasional Portugal. Tanpa itu, dia tidak akan dapat merengkuh Ballon d’Or di tahun 2016. Ronaldo pun berharap, tetap mampu memberikan penampilan terbaiknya di musim ini sehingga dapat kembali memenangkan piala Bola Emas itu kembali.

“Ini (meraih Ballon d’Or) penting bagi saya. Untuk itu, saya akan berusaha sebaik mungkin, seperti yang sudah saya lakukan tiap musimnya, agar dapat kembali merengkuhnya tiap tahun. Saya melakukan itu semua karena saya mencintai sepakbola. Paling utama, saya akan bermain sebaik mungkin untuk Real Madrid,” ujar Ronaldo.

Kemunculan nama Ronaldo sebagai peraih Ballon d’Or 2016 memang telah diprediksi. Pasalnya, sepanjang musim 2015-2016, Messi, sang pesaing utama, sedang kurang beruntung. Meski kerap tampil bagus untuk Barcelona dan Argentina, Messi belum mampu memberikan penghargaan bergengsi untuk tim yang dibelanya.

Bersama Barca di musim 2015-2016, Messi tampil sebanyak 48 laga dengan torehan 41 gol dan 21 umpan berbuah gol. Di Liga Champions Eropa musim lalu, pemain bernomor punggung 10 di Barcelona itu bermain sebanyak 7 laga dengan 6 gol dan sebuah umpan berbuah gol.

Meski gagal mempersembahkan trofi Liga Champions Eropa pada Blaugrana, Messi berhasil bermain apik di La Liga Spanyol. Di musim 2015-2016, pemain berusia 29 tahun itu bermain sebanyak 33 laga dengan 26 gol dan 16 umpan dari kakinya. Hasilnya, Barcelona berhasil menjuarai La Liga Spanyol musim 2015-2016.

Bersama Argentina, Messi sebenarnya berhasil membawa timnya melaju hingga final Copa America 2016. Dia tampil sebanyak 5 laga dengan mencetak 5 gol dan 4 umpan untuk Argentina. Sialnya, pada laga final, Messi gagal mempersembahkan juara Copa America ketika timnya kalah dari Chile pada laga adu penalti. Torehan prestasi itu kiranya membuat Messi hanya berada di peringkat kedua pada Ballon d’Or 2016.

Persaingan keduanya dalam hal memperebutkan gelar pesepakbola nomor wahid dunia memang terus menjadi buah bibir. Seolah-olah, di era sepakbola modern kini tidak ada lagi pemain berkualitas seperti Ronaldo dan Messi.

Dalam bursa perebutan Ballon d’Or kali ini, muncul dua nama yang tak terduga pada daftar peringkat pemain terbaik dunia. Dua nama itu ialah Jamie Vardy dan Riyad Mahrez. Keduanya masuk ke dalam daftar pemain terbaik dunia dalam Ballon d’Or setelah berhasil membawa Leicester City menjuarai Liga Premier Inggris musim 2015-2016.

Pada keseluruhan daftar pemain terbaik dunia, Mahrez berada di peringkat tujuh, di susul Vardy di peringkat delapan. Keduanya menjadi perwakilan pemain dari Liga Premier Inggris yang berhasil masuk ke dalam daftar sepuluh besar Ballon d’Or. Prestasi ini menjadi prestasi tertinggi keduanya.

Bila melihat keberlangsungan liga dunia musim ini, persaingan Ronaldo dan Messi dalam memperebutkan Ballon d’Or masih sangat terbuka. Keduanya sudah diperkirakan masih berada di peringkat atas daftar pemain terbaik dunia.

Seandainya Ronaldo mampu meraih Ballon d’Or 2017 nanti, maka dia berada setara dengan Messi, yakni memperoleh lima piala Ballon d’Or. Sebaliknya, bila Messi yang memenangkannya, maka pemain asal Argentina itu akan menjadi pemain terbaik sepanjang masa karena mampu memperoleh enam penghargaan Ballon d’Or. | Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia | Sumber : Mirror/Espn FC Asia/UEFA/ Total Sportek/The Sun/The Guardian
 
Polhukam
20 Nov 17, 07:29 WIB | Dilihat : 296
Golkar Ingin Menceraikan Papa Setnov
17 Nov 17, 10:45 WIB | Dilihat : 484
Sudahlah Papa, Menyerah Saja!
16 Nov 17, 00:26 WIB | Dilihat : 229
Politisi Pewaris Gen Korupsi
16 Nov 17, 22:00 WIB | Dilihat : 216
KAHMI Perlu Pemimpin Penerus Perjuangan Lafran Pane
Selanjutnya
Energi & Tambang
19 Des 16, 10:43 WIB | Dilihat : 612
Perlu Kesadaran Kolektif untuk Efisiensi Energi
15 Des 16, 21:23 WIB | Dilihat : 834
Pertamina Serius Investasi di Hulu
Selanjutnya