Kuliner

Cuaca Panas Enaknya Makan Es Krim Yuk

| dilihat 2556
 
AKARPADINEWS.Com –  Es krim paling pas dinikmati ketika cuaca panas. Teksturnya yang lembut dibuat dari bahan-bahan pilihan makin menambah nikmat hidangan penyejuk dahaga dan penghalau rasa galau ini. Salah satu kedai yang patut dikunjungi adalah Ragusa Es Italia.  
 
Dan ketika selebrasi pemimpin baru, Presiden Joko Widodo, kedai Ragusa Es Italia ternyata jadi pilihan para ‘wisatawan dadakan’ yang melintasi Jl. Veteran Jakarta Pusat menuju ke area Monumen Nasional tempat pesta rakyat digelar.
 
Kedai Ragusa terkenal dalam memproduksi es Italia, yang menggunakan bahan dasar susu sapi segar, sehingga menghasilkan es krim dengan tekstur lembut dan menyehatkan karena  tidak menggunakan bahan pengawet.  Dan di tengah teriknya sinar matahari langit Jakarta dan hawa sumuk (gerah) dalam sebuah pesta rakyat menyambut  pemimpin baru, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin 20 Oktober 2014, kedai Ragusa Es Italia  jadi salah satu tempat jajanan yang mendulang banyak rezeki, terlihat dari antrian panjang pengunjung sejak pagi hingga sore menjelang malam. Para 'wisatawan dadakan ' yang melintasi Jl Veteran Jakarta Pusat itu rela antri bergiliran untuk mencicipi es krim dari kedai tertua di Jakarta itu.
 
Banyak kalangan pejabat dan masyarakat menyukai es krim  Ragusa, seperti mantan Presiden RI ke-3 BJ Habibie, yang konon ketika berkantor di Istana kerap meminta ajudannya membeli es krim ini. Selain masih mempertahankan citarasa es krim asli berupa es krim tanpa busa. Es krim Ragusa juga tetap mempertahankan sensasi suasana tempo dulu yang masih dipertahankan hingga kini. 
 
Tak heran banyak pengunjung datang selain untuk sekadar icip-icip juga bernostalgia. Seperti pengakuan seorang pengunjung bernama Rani pada akarpadinews. Ia memang menyempatkan waktu icip-icip es krim Ragusa itu. “Saya datang memang untuk melihat pesta rakyat sekaligus mengenang masa-masa sekolah di toko es krim ini. Sambil lihat sejarah baru (pesta rakyat yang baru pertama kali digelar dalam menyambut presiden baru red) juga bernostalgia,”katanya  Senin sore.
 
Kedai Ragusa Es Italia yang buka setiap hari mulai pukul 9.30 hingga 22.30 WIB, biasanya banyak dikunjungi penikmat es krim pada momen weekend di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. 
 
 
Diah, kasir Ragusa mengakui adanya pesta rakyat ini mendatangkan berkah tersendiri bagi Ragusa Es Italia. Pasalnya, biasanya kedai yang didirikan oleh dua orang berkebangasaan Italia bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa sejak tahun 1932 ini, tak begitu banyak pengunjung pada hari Senin hingga Kamis. “Biasanya Senin hingga Kamis toko kami sepi, tetapi karena ada pesta rakyat jadi ramai seperti hari Minggu,”kata Diah pada akarpadinews.
 
Kedai es krim Italia ini hanya menjual tujuh rasa dasar es krim yang meliputi coklat, vanila, mocca, stroberi, nougat, durian, dan rum raisin dan beberapa kombinasi es krim lainnya. Di tengah  ramainya industri es krim pabrikan yang menjaja pasar swalayan, Ragusa Es Italia mengalami pasang surut. Terlihat dari beberapa kedai cabang yang ditutup, yang akhirnya menyisakan dua dari 20 kedai, di Jl Veteran dan di pertokoaan Duta Merlin.
 
“Kita masih ada dua toko, Veteran dan Duta Merlin dan yang paling ramai ya di Ragusa Veteran ini. Pada hari Minggu lebih ramai dari suasana hari ini,”kata Diah menyatakan bersyukur karena kedainya ramai di hari Senin pas momen pesta rakyat.
 
 
Harga yang ditawarkan pun beragam dari mulai Rp 15.000 hingga Rp 35.000 dengan rasa bervariasi. Satu cup es krim dalam satu gelas bundar dihargai Rp 15.000, sedangkan es krim Banana Split dengan dua cup es krim, disajikan dengan pisang dan toping bewarna-warna dihargai Rp 35.000.
 
Selain itu ada menu es krim andalan lainnya, yaitu sphagetti es krim yang bentuknya mirip sphagetti dihargai Rp 35.000. Seperti namanya Ragusa Es Italia, kedai ini hanya menyediakan menu es krim. Tetapi Anda tak perlu kecewa jika ingin memakan camilan lainnya, kedai ini menyediakan kroket dengan sambal kacang dan peyek kacang tanah yang tak kalah nikmat. Sementara, yang ingin makan berat bisa mencicipi sate ayam dan kikil, otak-otak dan asinan yang dijajakan pedagang kaki lima di depan kedai itu. 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Polhukam
19 Apr 24, 19:54 WIB | Dilihat : 248
Iran Anggap Remeh Serangan Israel
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 344
Cara Iran Menempeleng Israel
Selanjutnya
Seni & Hiburan
03 Des 23, 14:05 WIB | Dilihat : 531
Kolaborasi Pelukis Difabel dengan Mastro Lukis
29 Sep 23, 21:56 WIB | Dilihat : 1625
Iis Dahlia
09 Jun 23, 09:01 WIB | Dilihat : 1402
Karena Lawak Chia Sekejap, Goyang Hubungan Kejiranan
Selanjutnya