Penelitian

Cegah Kanker Pankreas dengan Rajin Minum Teh Hijau

| dilihat 1874
 
 
 
AKARPADINEWS.Com- Secangkir teh hijau memiliki banyak manfaat yang dapat menangkis datangnya penyakit kanker, salah satunya kanker pankreas.
 
Penelitian terbaru dari Los Angeles Biomedical Research Institute ( LA BioMed ) menjelaskan bahwa kanker pankreas yang sulit dideteksi dan diobati ternyata berpotensi menjadi kanker kedua paling mematikan dalam beberapa dekade mendatang , setelah kanker paru-paru. Hal ini karena letaknya pankreas yang jauh di dalam tubuh sehingga mempersulit pengobatan.
 
Para ahli kesehatan menganjurkan agar kita secara rutin melakukan pencegahan terjadinya kanker ini. Upaya pencegahan itu diantaranya menjalani gaya hidup sehat dan diet. Konsumsi teh hijau dapat membantu sebagai penangkal datangnya kanker pankreas.  
 
Peneliti utama LA BioMed, Dr Wai - Nang Lee, seperti dilansir Medical Daily menjelaskan bagaimana komponen aktif teh hijau bisa mencegah kanker, studi ini akan membuka peluang penelitian baru soal kanker dan membantu para ahli memahami bagaimana makanan lain dapat mencegah kanker atau memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.
 
 
Dr. Lee dan timnya menemukan, EGCG , antioksidan utama dalam teh hijau dapat mengubah metabolisme sel-sel kanker pankreas dengan menekan enzim , LDHA  (enzim yang mengubah piruvat menjadi laktat), yang berhubungan dengan kanker.  Selain itu, juga ditemukan inhibitor enzim , yang dikenal sebagai oxamate, yang dapat mengurangi LDHA dengan cara yang sama. 
 
Sementara ini, para dokter baru bisa melakukan tes darah dan biopsi untuk mendeteksi kanker pankreas. Meski begitu, pencegahan atas penyakit ini masih merupakan pilihan paling aman dan sehat. Untuk itu, mulailah rajin minum teh hijau secara rutin dengan porsi secukupnya, secangkir setiap hari agar terhindar dari kanker dan penyakit lainnya! 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Humaniora
08 Mei 24, 19:52 WIB | Dilihat : 148
Sorbonne Bersama Gaza
03 Mei 24, 10:39 WIB | Dilihat : 435
Pendidikan Manusia Indonesia Merdeka
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 637
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 1376
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
Selanjutnya
Polhukam
15 Mei 24, 09:50 WIB | Dilihat : 134
Melawan Kejahatan Budaya dan Kemanusiaan
13 Mei 24, 22:32 WIB | Dilihat : 128
Mahasiswa Terus Bergerak Meski Ditekan
Selanjutnya