Strategi Gerbang Pembayaran Nasional - BI

Pertumbuhan Ekonomi 2014 Akan Membaik

| dilihat 1139

BANK Indonesia memprediksi, pertumbuhan ekonomi 2014 akan membaik. Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W Martowardojo memprediksi terjadi peningkatan antara 5,8 persen sampai 6,2 persen. Dalam konteks itu, dari sisi kebijakan sistem pembayaran, Bank Indonesia akan mengembangkan industri sistem pembayaran domestik yang lebih efisien. Antara lain, melalui penyempurnaan arsitektur sistem pembayaran dan perluasan akses layanan pembayaran.

Dalam implementasinya, menurut Gubernur BI Agus D.W. Martowardojo, kebijakan sistem pembayaran akan berlandaskan tiga strategi utama. Yaitu: penguatan struktur industri domestik, standarisasi teknis dan mekanisme untuk meningkatkan efisiensi, dan perluasan akses layanan pembayaran.

Strategi pertama dilakukan melalui pengembangan Gerbang Pembayaran Nasional. Strategi kedua akan ditempuh dengan membangun aspek standarisasi dalam industri sistem pembayaran nasional. Strategi ketiga dilakukan sebagai bagian integral dari kebijakan keuangan inklusif yang didukung program edukasi dan perlindungan konsumen.

Disamping kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran, Bank Indonesia juga akan memperkuat kebijakan terkait keuangan inklusif dan UMKM. “Mempertimbangkan tantangan ekonomi tersebut serta arah kebijakan yang akan ditempuh Bank Indonesia dan Pemerintah, maka perekonomian tahun 2014 diperkirakan masih dalam tahap konsolidasi,” jelas Agus.

Dari sisi harga, inflasi diprakirakan pada kisaran target 4,5 + 1%. Pertumbuhan kredit pada kisaran 15-17%, dengan ditopang pertumbuhan dana pihak ketiga pada kisaran yang sama.

Dalam perspektif jangka menengah 2015-2018, menurut Bank Indonesia, ekonomi global diperkirakan dapat tumbuh rata-rata sekitar 3,9%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai 6,5% di 2018, bila berbagai kebijakan transformasi perekonomian berjalan sesuai harapan. Namun, pertumbuhan ekonomi berpotensi tersendat di sekitar 6% bila proses transformasi tidak berjalan sesuai harapan. | din 

Editor : Web Administrator | Sumber : Bank Indonesia
 
Energi & Tambang
Sporta
22 Okt 19, 13:15 WIB | Dilihat : 800
Pertamax Turbo Ajak Konsumen ke Sirkuit F2 Abu Dabi
03 Sep 18, 12:41 WIB | Dilihat : 1641
Olahraga dan Pelukan Pemersatu
16 Jul 18, 10:16 WIB | Dilihat : 1339
Keajaiban dan Luah Gairah Kemenangan Perancis
Selanjutnya