Operasi Subuh KPK. Atut Tersangka

| dilihat 1658

JAKARTA, AKARPADINEWS. Com-  Sejumlah petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi subuh. Tim penyidik KPK,  bergerak menuju kediaman Gubernur Banten, Atut Chosiyah binti Hasan Sochib sejak pukul 05.00 selepas subuh. Gubernur Banten itupun diperiksa oleh KPK dan  siang harinya, Ketua KPK, Abraham Samad  mengumumkan status tersangka pada penguasa Banten itu.

Dalam jumpa pers, Abraham menjelaskan Atut menjadi tersangka untuk kasus dugaan suap mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Akil Mochtar, terkait  sengketa Pilkada  Lebak, Banten. Atut dijerat pasal 6 ayat 1 huruf a undang-undang no 31 tahun 1999 tentang  tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Tersangka  Atut, lanjut Abraham, diduga bersama-sama atau turut serta dengan tersangka TCW  (adik Atut,  Tubagus Chaeri Wardana) dalam kasus penyuapan ketua MA, Akil Mochtar.

Operasi Subuh

Tim penyidik menggeledah rumah Gubernur Banten, itu di Jalan Bhayangkara No. 51 – Cipocok, Serang, Banten.  Belum jelas informasinya, penggeledahan itu dilakukan dalam konteks kasus korupsi yang mana. Selama ini, seperti dikabarkan luas media massa, Atut berstatus sebagai saksi utuk dua kasus yang melibatkan adiknya, Chaeri Wardana, suami Walikota Tangerang Selatan – Airin. Yakni, dugaan suap penanganan Pilkada Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi yang melibatkan bekas Ketua Mahkamah Konstitusi – Akil Mochtar. Dan, kasus korupsi alat kesehaan di Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

Ketika pagi beranjak dari tim penyidik sudah tiba di lokasi, baru terkonfirmasi kabar, penggeledahan itu terkait dengan perkara sengketa Pilkada Lebak di Mahkamah Konstitusi.

Untuk kasus ini, Atut sudah dua kali dipanggil diperiksa KPK sebagai saksi untuk perkara pengacara Susi Tur Andayani yang diduga sebagai konektor dengan Akil Mochtar yang bersama Wawan menjadi tersangka. Acap usai diperiksa, Atut mengunci mulutnya dan tak memberi keterangan kepada wartawan yang segera menyergapnya. Ia selalu membisu sambil berjalan langsung masuk ke dalam mobilnya.

 

Editor : Nur Baety Rofiq
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1096
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Energi & Tambang