Sony Terbuka Miami Masters

Kalahkan Nadal, Novak Djokovic Juara ATP Miami Ke-4 Kalinya

| dilihat 1762
Nadal dan Djokovic ketika menerima tropi di Miami Master, Minggu (30/3) atau Senin pagi (31/3) WIB. Foto: Getty Image
 
 
 
 
MIAMI, AKARPADINEWS.Com_ Untuk keempat kalinya petenis nomor dua dunia sekaligus juara bertahan Novak Djokovic  menang di turnamen Sony Terbuka Miami Masters. Petenis Serbia ini mengkandaskan petenis nomer satu, Rafael Nadal dengan straight set, 6-3-6-3, sehingga Rafa gagal meraih gelar pertama di lapangan keras Miami, Minggu malam (30/3) waktu setempat atau Senin pagi (31/3) WIB. 
 
Pada turnamen di Miami ini, juara terbanyak masih di pegang oleh Andre Agassi sebagai juara enam kali. Kemenangan atas Nadal itu menjadikan Djokovic yang berusia 26 tahun meraih kemenangan keempat di turnamen Miami Master. Sebelumnya dia menang di tahun  2007  atas Canas, 2011  menang dari Nadal dan 2012 menang dari Andy Murray. 
 
“Itu adalah turnamen yang fantastik, saya begitu menikmati setiap pertandingan di Miami,” kata Djokovic di situs ATP. “Saya bermain sangat bagus, dari awal hingga semuanya berjalan lancar. Pertandingan lawan Rafa selalu penuh tantangan dan saya senang. Ketika saya merebut kemenangan pertama di tahun 2007 di Miami dan saya memiliki memori bagus di lapangan utama ini.”
 
Pertemuan Djokovik-Nadal ini adalah pertemuan ke-40 sepanjang karier keduanya, walaupun Nadal kalah  pada laga di Crandon Park pada Minggu pagi (31/3) WIB, tapi petenis Spanyol itu masih unggul dengan skor 22-18 atas pertemuannya mereka.  
 
Bagi Djokovic Kemenangan ini selain menambah skor menang atas Nadal jadi 18-22, juga kemenangan kedua berurutan dalam turnamen Masters bagi petenis Serbia itu, saat mengalahkan Roger Federer dalam turnamen BNP Paribas Terbuka dua minggu lalu di Indian Wells. 
 
Pertarungan final berjalan cukup seru, meski sebelumnya sempat menjadi buah bibir lantaran keduanya lolos ke final secara mudah. Di mana lawan-lawan mereka di semifinal mundur karena alasan sakit. 
 
Tanpa membuang energi di babak semifinal membuat keduanya cukup istirahat untuk tampil di final. Sayangnya, kesempatan itu tak membuat dewi fortuna berpihak ke Rafa yang harus puas menjadi runner up sebanyak enam kali di lapangan keras Miami ini, dan dua diantaranya menyerah di tangan Djokovic. Turnamen ATP masters ini adalah satu-satunya turnamen yang belum pernah dijuarai oleh petenis Spanyol berusia 27 tahun itu.
 
Djokovic  usai tanding di final. Foto: AP
 
 
Dalam pertandingan itu, keduanya sama-sama memiliki satu kesempatan "break point" pada set pembuka dan pemain Serbia itu memanfaatkan peluangnya mematikan servis lawannya untuk membuat angka 4-2 dan kemudian melancarkan servis untuk memimpin 1-0. Djokovic dengan cepat membuat lawannya berada dalam tekanan, ketika mengawali set kedua dengan melakukan "break" dan Nadal tidak berhasil menemukan bentuk permainan puncaknya.
 
Permainan dilanjutkan dengan "break" lainnya dan akhirnya Djokovic meraih kemenangan ketika bola kirimannya melayang tak terkembalikan dengan baik oleh lawan. Djokovic meninju udara merayakan kemenangannya, dalam laga yang dilakoninya selama 84 menit.
 
Atas kekalahannya itu, Nadal berpikir positif. “Saya punya break point,” kata Nadal usai bertanding.”Saya bermain beberapa games dan beberapa poin berjalan dengan benar. Hanya saja dia bermain lebih bagus dari saya. Itu saja.”
 
Di Nomor ganda putri
 
Sementara itu, pada pertandingan di hari yang sama, mantan petenis nomor satu putri asal Swiis, Martina Hingis berhasil menang untuk pertama kalinya sejak absen tujuh tahun  lalu di nomor ganda putri. Dia berpasangan dengan Sabine Lisicki  yang mendapat  wild-card  mampu mengalahkan unggulan kedua pasangan asal Rusia, Ekaterina Makarova and Elena Vesnina 4-6, 6-4, 10-5.
 
Partai final ini bagi Hingis(33) -yang memutuskan pensiun tahun lalu itu, adalah kemenangan pertama di nomor ganda sejak di Doha 2007.“Ini sangat menyenangkan,”katanya. “Ketika kamu nyaman pada pertandingan itu maka kamu akan menyukainya. Ya kami bisa. Saya hanya mencoba......dan tak membuat kesalahan dan ini luar biasa,”kata Hingis, yang mengaku kemenangan ini jadi motivasi  bermain di nomor ganda selanjutnya.
 
Martina Hingis. Foto: IST
 
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 98
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 515
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 524
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 444
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 820
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1088
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1341
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1481
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya