- Di seluruh Negeri Berlangsung Lancar

Perusuh Nodai Pesta Tahun Baru 2014 Kuala Lumpur

| dilihat 3405

KUALA LUMPUR, AKARPADINEWS. PARA perusuh menodai acara gembira dan hiburan rakyat menyambut tahun baru 2014 di Kuala Lumpur, Malaysia. Meski demikian, di seluruh negeri, baik Semenanjung maupun Serawak dan Sabah, acara sambut tahun baru 2014 di Malaysia, berlangsung lancar. Peluncuran program Tahun Melawat Malaysia 2014 juga relatif berlangsung gembira.

Para perusuh merecoki pesta menyambut pergantian tahun 2013-2014 di Dataran Merdeka – Kuala Lumpur yang digelar Dewan Bandaraya Kuala Lumpur (DBKL). Akibatnya pergelaran konser dihentikan sebelum pukul 00:00 waktu setempat.

Setengah jam sebelum detik pergantian tahun, konser itu dihentikan, menyusul bentrok antara sejumlah perusuh dengan petugas Polis Diraja Malaysia (PDRM). Perusuh menyerang petugas kepolisian berseragam biru tua itu. Perusuh masuk menyelinap dari berbagai penjuru Dataran Merdeka yang dipadati sekitar 10.000 penonton.

Perusuh yang diperkirakan polisi berjumlah 4000 orang itu, terdiri dari kalangan belia. Mereka diduga digerakkan oleh pembangkang (oposan) yang selama ini gemar melakukan aksi demonstrasi. Hal itu mudah dikenali, karena ketika konser sedang berlangsung, mereka merangsek dan meneriakkan yel-yel: reformasi dan turun di depan pentas. Mereka mengenakan T Shirt berwarna hitam.

 

 

Suasana gaduh seketika terjadi di depan pentas dan di beberapa bagian kerumunan penonton. Pihak DBKL akhirnya memutuskan, konser yang berlangsung sejak pukul 20:30 itu dihentikan pada pukul 23:30 malam.

Para pericuh tak peduli dengan peringatan yang disampaikan polisi. Mereka bahkan bertindak anarkis dan berusaha menguasai panggung dengan menerobos barikade petugas keamanan DBKL dan petugas kepolisian. Belakangan diketahui, mereka disertai oleh beberapa pemimpin pembangkang, dan sengaja memang ingin mengacaukan acara di dataran Merdeka itu.

Kendati demikian, acara sambut tahun 2014 di tempat lain di Kuala Lumpur, khasnya KLCC (Kuala Lumpur City Center) berlangsung lancar. Begitu juga perhelatan di berbagai negeri se Malaysia. Di KLCC nampak suasana meriah, warga Kuala Lumpur dan sekitarnya menghadiri lokasi dengan sanak keluarga masing-masing.

Mereka menikmati hiburan yang disajikan para artis setempat dan pesta kembang Api yang membuat pesona Menara Kembar Petronas (Twin Tower) kian gemerlap. Acara sambut tahun 2014 itu memang dimaksudkan sekaligus sebagai peluncuran program Tahun Melawat Malaysia 2014 .

Berita Harian mengabarkan, di Melaka, lebih dari 5.000 pengunjung memenuhi Dataran Pahlawan – Banda Hilir dan memeriahkan peluncuran Tahun Melawat Malaysia 2014. Di kota berbasis wisata sejarah ini, pergelaran seni tradisi beragam etnis disajikan, selain pesta kembang api.

Di Georgetown – Pulau Penang, pesta tahun baru diramaikan sekitar 15.000 orang. Mereka berkumpul di alun-alun kota pada acara yang digelar pemerintah Pulau Penang. Di dataran Majlis Bandaraya Ipoh (MBI) tak kurang dari 2000 pengunjung mengikuti malam pergantian tahun itu yang menyajikan tari tradisional dan kreasi modern.

Di Alor Setar – Kedah, lebih dari 10.000 rakyat tumplek di Stadium Sultan Abdul Halim. Mereka menyaksikan acara menyambut tahun baru 2014. Agak unik, di ibukota Negeri Kedah yang pemerintahannya dipimpin Menteri Besar Muchriz Mahathir, menyambut tahun baru dimulai dengan pertandingan sepakbola antara pemain veteran Kedah dengan kesebelasan dari Perlis.

Di Kota Bahru yang pemerintahannya lebih dari dua dasawarsa dikuasai PAS (Partai Al Islam Se-Malaysia) di bawah kepemimpinan Menteri Besar ulama Nik Azis Nik Mat, pergantian tahun berangsung tanpa konser dan tanpa pesta kembang api. Masyarakat datang ke Stadium Sultan Muhammad IV dan Menara Tambatan Diraja di tepi Sungai Kelantan menyambut tahun baru.

Si Shah Alam yang bertetangga dengan Kuala Lumpur dan Putera Jaya, PKNS (Perbadanan Kemajuan Negeri Selangor) melancarkan Karnival Ambang 2014 sebagai tanda permulaan tahun baru, disertai pesta kembang api di puncak acara. Sedangkan di Port Dickson, 5000 orang memadati Dataran Telok Kemang dan Port Dickson Waterfront untuk merayakan tahun baru yang digelar Majlis Perbandaran Port Dickson, Tentera Darat, dan sejumlah perusahaan swasta.

Di Johor Bahru, acara pergantian tahun diisi dengan program Malam Cinta Rasul, Johor Bahru Berselawat di pusat kota. | Noora

 

Editor : Web Administrator | Sumber : BH
 
Sainstek
30 Okt 18, 00:11 WIB | Dilihat : 729
Menerima Realitas Kecelakaan Lion JT610
19 Jul 18, 09:52 WIB | Dilihat : 1552
Volante Vision, Visi Kendaraan Udara Aston Martin
20 Feb 18, 12:07 WIB | Dilihat : 2466
Tragedi Archimides di Tangan Serdadu
10 Jan 17, 15:25 WIB | Dilihat : 1175
Honda Kembangkan Teknologi Motor Pintar
Selanjutnya
Polhukam
16 Agt 19, 10:37 WIB | Dilihat : 162
Reorientasi Politik Bangsa Melayu Bukan Rasisme
16 Agt 19, 00:14 WIB | Dilihat : 220
Bersatulah Bangsa Melayu
15 Agt 19, 11:18 WIB | Dilihat : 304
Belajarlah Becermin Sebelum Buli Anies
11 Agt 19, 16:14 WIB | Dilihat : 264
Setiap Pejuang Akan Diuji
Selanjutnya