Copen yang Modern dan Sporty

| dilihat 2378

AKARPADINEWS.COM | COPEN disuguhkan Daihatsu untuk menjawab selera kawula muda, yang ingin tampil lebih gaya dalam pergaulannya. Kendaraan mungil itu terlihat elegan, modern, dan sporty.

Copen yang berukuran panjang 3395 mm, lebar 1475 mm, dan tinggi 1280 mm, hanya memiliki kapasitas dua bangku saja. Untuk mesin, Daihatsu memasang DOHC dengan intercooler turbo. Mesin berkapasitas 660 cc itu dilengkapi teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

Mobil ini juga hanya memiliki transmisi manual dengan lima percepatan. Dengan kapasitas mesin itu, Copen memiliki kemampuan turbo untuk menambah kecepatannya. Teknologi EFI juga menjadikan mobil irit bahan bakar.

Copen juga dilengkapi dengan teknologi VSC (Vehicle Stability Control) dan TRC (Traction Control) sehingga menciptakan kestabilan saat dikendarai. Mobil mungil ini dapat bermanuver dengan aman saat merayap di jalan raya.

Untuk fitur keamanan dalam berkendara, Copen dilengkapi dengan teknologi Brake Override System. Teknologi itu memungkinkan kendaraan untuk mengabaikan signal pedal gas, apabila pedal rem dan gas diinjak bersamaan. Dengan begitu, ketika akan terjadi kecelakaan dan pengendara panik yang sering menyebabkan salah menginjak pedal, maka fungsi gas akan dimatikan dan mobil akan fokus pada fungsi pengereman.

Fitur keselamatan lainnya ialah teknologi ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake force Distribution). Dengan teknologi ini, ban kendaraan tidak akan terkunci kala terjadi pengereman mendadak. Selain itu, teknologi ini memungkinkan pendistribusian tenaga pengereman secara optimal ke seluruh ban kendaraan. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya slip pada ban dapat diminimalisir.

Copen juga dilengkapi dengan teknologi Emergency Stop Signal. Teknologi ini memungkinkan untuk menyalakan lampu hazard atau lampu tanda bahaya ketika kendaraan harus melakukan pengereman mendadak saat melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Dengan begitu, dapat memberitahukan mobil lain di belakangnya untuk menghindarinya, agar tidak terjadi tabrakan beruntun di jalanan.

Untuk desain eksterior, mobil ini didesain sesuai selera anak muda. Dengan menggunakan lampu LED di lampu depan dan belakang, memberikan kesan futuristik. Mobil ini juga dilengkapi teknologi electric Convertible Roof atau pelipat atap otomatis sehingga dapat melipat atapnya hanya dengan menekan tombol.

Meski demikian, untuk bagian depan kendaraan, mobil ini memiliki wajah yang sedikit mirip dengan Ayla. Sehingga, kesan ekslusifnya sedikit hilang dan menimbulkan kesan jika mobil ini seperti Ayla yang dipermak ulang. Untuk menghilangkan kesan mirip Ayla, Daihatsu memasang dua knalpot belakang sehingga tampilan mobil menjadi lebih sporty.

Untuk bagian pintu dan bagasi, mobil ini dipasangkan fitur key free system & request switch. Dengan begitu, untuk membuka pintu dan bagasi, pemiliknya tidak perlu mengeluarkan kunci untuk menekan tombol buka kunci. Hanya dengan membawa kunci di kantong dan menekan tombol yang ada di permukaan handel pintu dan bagasi, kunci akan terbuka dengan otomatis.

Copen didesain dengan tema elegan, modern, dan sporty. Desain ini dipilih agar dapat menarik perhatian anak muda yang menginginkan kendaraan sebagai penambah keren tongkrongannya. Kesan modern itu juga dapat terlihat dari dashboard dan speedometernya.

Selain itu, bangku mobil ini dilengkapi dengan teknologi penghangat sehingga dapat membuat nyaman pengemudi dan penumpang kala melewati tempat atau daerah dingin. Fitur staternya pun modern yakni dengan tombol stater.

Pada bagian stir, dipasangkan alat pengatur radio. Dengan begitu, ketika mengemudi kendaraan sendirian, pemiliknya dapat mengatur radio hanya dengan menekan tombol di bagian kiri stirnya. Keberadaan tombol itu membuat pengemudi tidak kerepotan kala mengganti channel maupun menaikan volume radio.

Copen memang didesain khusus untuk anak muda. Namun, untuk mobil seharga Rp 400 juta-an, mobil ini terbilang cukup mahal. Apalagi, fitur yang ditawarkan belum begitu maksimal untuk menunjang gaya anak muda.

Selain itu, dengan kapasitas cc kendaraan yang kecil, dapat menjadi faktor kurang berminatntya anak muda untuk memiliki kendaraan ini. Sebab, anak muda lebih menginginkan kendaraan berkapasitas cc besar dan tongkrongan lebih gahar.

Copen terbilang tanggung. Antara ingin menghadirkan kesan mobil futuristik dan gahar atau mungil dan luwes. Mungkin, bila ada penambahan fitur lainnya, Copen dapat dengan mudah menarik perhatian anak muda yang sudah pastinya ingin bergaya dengan kendaraannya.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Polhukam
03 Agt 20, 17:51 WIB | Dilihat : 129
Jalan Buntu Demokrasi
28 Jul 20, 22:04 WIB | Dilihat : 123
Mahkamah Tinggi Kuala Lumpur Hukum Najib 72 Tahun
13 Jul 20, 18:40 WIB | Dilihat : 191
Tuhan Kembali Disembah di Hagia Sophia
13 Jul 20, 08:25 WIB | Dilihat : 233
Hagia Sophia dan Politik di Turki
Selanjutnya
Sainstek
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 1346
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
08 Nov 19, 23:07 WIB | Dilihat : 1739
Kebijakan Perikanan Belum Berbasis Sains yang Utuh
26 Agt 19, 10:46 WIB | Dilihat : 922
Daya tarik Magnetis Monza SP2 Ferrari
30 Okt 18, 00:11 WIB | Dilihat : 1339
Menerima Realitas Kecelakaan Lion JT610
Selanjutnya