HUKUM & RASUAH

KPK Periksa Menteri Helmy Terkait Ijon Proyek PDT

| dilihat 1766

JAKARTA, AKARPADINEWS.COM | KOMISI Pemberantasan Korupsi hari ini (Rabu, 16/7) memeriksa Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini. Sebelumnya petugas KPK sudah menyegel tiga lantai di gedung Kementerian PDT, terasuk bagian ruangan kerja Helmy, yang juga pimpinan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Ketika tiba di Gedung KPK, Jakarta Selatan, pukul 09:50 pagi, Helmy menolak buka mulut. Sorot pandang mata bersahabat dan senyum ramah yang biasa menyertainya, tak terlihat. Ia mengaku diperiksa sebagai saksi.

Sebelumnya sejumlah karyawan dan petinggi di bawah Helmy, sudah diperiksa KPK. Mereka dan Helmy diperiksa terkait dugaan suap proyek PDT di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Terutama, pembuatan tanggul laut.

Ketua KPK Abraham Samad menjelaskan, KPK melakukan pendalaman dan pengembangan untuk menyelidiki hubungan Kementerian PDT dengan tindak pidana suap dan korupsi di proyek tersebut. Tak terkecuali keterkaitan Menteri PDT dengan kasus yang menimpa Bupati Biak Numfor, Yesaya. 



Menurut Abraham, dugaan keterlibatan Menteri PDT bisa saja ditemukan dalam pengembangan yang sedang dilakukan penyidik KPK. Sebab pembuatan tanggul laut yang berujung suap itu merupakan proyek di bawah Kementerian PDT.

Dalam kasus suap ini, KPK sudah menetapkan Bupati Biak Numfor, Yesaya Sombuk sebagai tersangka. Selain itu Teddy (penyuap) dinyatakan berstatus trasangka, sejak dicokok dalam Operasi Tangkap Tangan di salah satu hotel di Jakarta Pusat (Senin, 16/6) itu. Kala itu, KPK menyita barang bukti uang 100 ribu dollar AS.  

Selain Helmy, KPK juga memeriksa Sabilillah Ardie, Staf Khusus Helmi Faishal Zaini. KPK sudah menetapkan status cegah ke luar negeri bagi Sabil. Abraham mengatakan, kasus ini mirip ijon. “Proyek belum ada. Dananya adalah dana APBNP 2014,” tandas Abraham.

Helmy belum lagi keluar dari Gedung KPK hingga tengah hari. Ia masih berada di gedung lembaga anti rasuah itu.. | Noora

Editor : Web Administrator
 
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 633
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 781
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 750
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1095
Rumput Tetangga
Selanjutnya