Pertamina Eco Camp 2019 di Gurung Puntang Ajak Kenali Owa Jawa

| dilihat 715

Jakarta, 14 Oktober 2019 – Pertamina menggelar Eco Camp 2019 untuk mengajak masyarakat  umum yang peduli dengan pelestarian alam dan hewan langka untuk sama-sama menyayangi  Owa Jawa di Pusat Konservasi Owa Jawa di Camping Ground Gunung Puntang, Pangalengan,  Bandung, Jawa Barat. Eco Camp 2019 digelar selama 3 hari pada 29 – 31 Oktober 2019.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, menyatakan Eco Camp 2019 merupakan wadah bagi partisipasi masyarakat umum untuk sama-sama peduli terhadap  pelestarian hewan langka di Indonesia.

Pelestarian Owa Jawa sendiri merupakan program CSR  PT Pertamina EP Field Subang.  

“Sebagai negara tropis, Indonesia kaya dengan flora dan fauna, termasuk hewan-hewan langka  di dunia. Ini merupakan kekayaan yang harus kita jaga bersama. Pertamina mewajibkan di  setiap unit operasi yang mengikuti PROPER untuk melestarikan minimal 1 flora atau fauna langka sebagai keanekaragaman hayati yang harus dijaga. Kini Pertamina mengajak masyarakat  untuk sama-sama menjaga kelestarian hewan langka,” terang Fajriyah. 

Pertamina, lanjut Fajriyah, sangat peduli dengan pelestarian hewan langka dengan terus melakukan konservasi hewan langka di Indonesia seperti Owa Jawa, Elang Bondol, Rusa Jawa, Maleo, Tukik dan lain sebagainya. 

“Hewan-hewan langka harus terus kita jaga dan lestarikan bersama, untuk kita wariskan kepada generasi mendatang agar mereka tahu kekayaan yang dimiliki negeri ini,” imbuh Fajriyah.

Kamis, 21 Februari 2019, PT Pertamina EP Asset 3 Armand Mel I bersama dengan Perum Perhutani, Kesatuan Pemangku Hutan Bandung Selatan, Kementerian Lingkungan Hidup (LHK), Yayasan Owa Jawa  dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, melepasliarkan 5 ekor Owa Jawa (Hylobates moloch) yang ke-6 di Bumi Perkemahan Gunung Puntang. Tepatnya petak 30 d Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Logawa, Bagian Kesatuan Hutan (BKPH) Banjaran KPH Bandung Selatan.

Pertamina mempunyai peduli terhadap lingkungan dengaan cara memberikan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya untuk melestarikan keberadaan Owa Jawa.

Untuk mendukung keberadaan Owa Jawa, Pertamina EP Asset 3 juga mendukung pemberdayaan masyarakat melalui Program Melintang (Masyarakat Pecinta Alam Puntang) berupa pemberdayaan budidaya kopi kepada warga Desa Campaka Mulaya yang berlokasi berbatasan langsung dengan area konservasi Owa Jawa di Gunung Puntang.

Owa Jawa diselamatkan, karena saat ini populasinya hampir punah dan untuk mengembalikan keberlangsungan ekosistemnya, pelepasliaran Owa Jawa dilakukan, setelah terlebih dahulu direhabilitasi terlebih dahulu di Javan Gibbon Center  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sejak tahun 2013 telah dilepasliarkan sebanyak 24 ekor.

Menurut Fajriyah, Eco Camp 2019 terbuka untuk umum dengan beragam profesi, baik pekerja,  profesional, vlogger, blogger, jurnalis serta komunitas lingkungan.  Adapun persyaratannya antara lain memfollow akun instagram @pertamina dan @pertamina.ep serta akun tidak diprivat serta mengisi formulir yang ada di bio Pertamina.

Peserta wajib  membuat karya dengan tema “Aku dan Aksi Nyataku untuk Lingkungan”. Karya dapat berupa video/Photostory durasi minimal 1 menit dan diposting di akun instagram. Karya juga bisa berupa essay minimal 1.000 kata dengan 3 foto yang diposting di instagram.

Setiap postingan jangan lupa sertakan hastag #pertaminaecocamp2019, #moveone dan  #owajawaowakita di setiap akhir caption. Postingan di instagram dilakukan pada 5 Oktober hingga 15 Oktober 2019. Pemenang akan diumumkan di akhir Oktober 2019. Info lengkap bisa dilihat di akun instagram @pertamina dan @pertamina.ep.** pertanews

Editor : Web Administrator | Sumber : Pertamina
 
Humaniora
13 Nov 19, 10:15 WIB | Dilihat : 984
Masjid Apung di Tengah Aksi Transformasi Ancol
11 Nov 19, 14:53 WIB | Dilihat : 1016
Mimpi Karyawan di Sebalik Pembangunan Masjid Apung Ancol
04 Nov 19, 15:57 WIB | Dilihat : 988
Amsal Ayam Jago dan Merpati dalam Pernikahan
01 Nov 19, 11:10 WIB | Dilihat : 576
Menyegarkan Komitmen di Tanakita
Selanjutnya
Sainstek
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 130
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
08 Nov 19, 23:07 WIB | Dilihat : 1290
Kebijakan Perikanan Belum Berbasis Sains yang Utuh
26 Agt 19, 10:46 WIB | Dilihat : 463
Daya tarik Magnetis Monza SP2 Ferrari
30 Okt 18, 00:11 WIB | Dilihat : 898
Menerima Realitas Kecelakaan Lion JT610
Selanjutnya