Selai Kacang Bisa Cegah Kanker Loh

| dilihat 2406

Akarpadinews­ Tumor payudara merupakan salah satu faktor risiko dari kanker payudara.  Tapi penyakit ini bisa dicegah sejak dini.  Sebuah studi terkini menemukan, konsumsi selai kacang sejak remaja dapat mengurangi risiko tumor payudara saat dewasa.

Tumor payudara,  dikatakan peneliti senior  Dr Graham Colditz,  ternyata cukup sering terjadi dan merupakan faktor risiko dari kanker payudara.  Bahkan sebelum menopause, hampir satu dari empat wanita mengalami tumor payudara yang dikonfirmasi melalui biopsi.  

Hasil studi ini memberi harapan baru untuk membantu mencegah kanker payudara. "Sangat jelas adanya hubungan yang kuat antara tumor dan risiko kanker payudara. Tumor dapat meningkatkan risiko kanker payudara hingga sepertiganya," kata Colditz, yang juga Wakil Direktur Pencegahan dan Pengendalian Kanker di Siteman Cancer Center di Barnes-Jewish Hospital and Washington University School of Medicine, di St Louis.

Dalam studi yang dipublikasi jurnal Breast Cancer Research and Treatment, para peneliti melibatkan 9.000 perempuan berusia  sembilan hingga 15 tahun, dipantau perkembangannya dari tahun 1996 hingga 2010, yaitu saat mereka sudah menjadi wanita dewasa muda. Ditemukan, peserta yang rutin mengonsumsi selai kacang  selama tiga kali seminggu memiliki risiko 39 persen lebih rendah untuk mengembangkan tumor payudara.

Fokus penelitian  pada protein dan lemak dari sayuran, termasuk selai kacang, kacang kulit, atau kacang-kacangan lain, dan jagung. Dikatakan peneliti, sajian harian dari makanan-makanan ini berhubungan dengan penurunan 68 persen risiko tumor payudara.

Sedangkan pada gadis 14 tahun, makanan yang diasup ini memiliki penurunan 66 persen risiko tumor payudara, serta tiga sajian per minggu  memiliki 39  persen penurunan risiko. Selain itu, peneliti mempelajari para peserta penelitian dalam periode waktu yang cukup lama.  Tapi, hubungan antara konsumsi makanan tersebut dan risiko tumor payudara, dikatakan peneliti,  bukanlah hubungan sebab-akibat.

Selain mengukur risiko tumor, peneliti juga meminta peserta mengisi kuesioner tentang diet sehari-hari. Ditemukan juga bahwa para remaja putri itu  ternyata lebih menyukai selai kacang karena lebih menyehatkan  ketimbang kue-kue.

Sementara itu, Dr. Steven Chen,  wakil profesor  pada klinik payudara dan  pembedahan  kelenjar endokrin  di the City of Hope Comprehensive Cancer Center, in Duarte, California,  menyatakan banyak faktor jadi penyebab  penurunan  atau kenaikan risiko  tumor payudara jadi kanker payudara. Karena itu, lanjutnya, penemuan  selai kacang bisa menurunkan risiko kanker payudara, hanya waktu yang bisa membuktikan. Pasalnya,  makanan ini hanya diberikan pada  remaja putri yang tidak memiliki alergi terhadap kacang. Padahal masih banyak kandungan protein pada sayuran lain. Meski begitu, tambahnya, ini adalah ide bagus.

Editor : administrator | Sumber : Healthday
 
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 200
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 375
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 221
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 423
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 995
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 231
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 707
Momentum Cinta
Selanjutnya