Tips

7 Siasati Hidup Hemat Kala Harga-harga Kebutuhan Naik

| dilihat 2918
 
AKARPADINEWS.Com - Kenaikan harga barang kebutuhan pokok selalu terjadi pada momen-momen khusus seperti Idul Fitri, Idul Adha, Ramadan, Natal, Tahun Baru dan saat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).
 
Sejak sepekan lalu, sebelum dberlakukan kenaikan BBM 18 November 2014, harga-harga kebutuhan pokok sudah melambung tinggi. Harga cabai meroket hingga Rp 80 ribu per kilo di Jabodetabek, bahkan di Riau mencapai Rp 150 ribu per kilo. Belum lagi beras dan ongkos angkutan umum yang akan menyusul naik seiring kenaikan harga BBM sebesar Rp 2000, seperti premium dari Rp 6500 menjadi Rp 8500 per liter dan solar dari Rp 5500 menjadi Rp 7500 per liter mulai Selasa (18/11).
 
Di tengah fluktuasi harga tersebut ,berikut beberapa tips mengatur gaya hidup ketika barang-barang melambung tinggi:
 
1.Kurangi Jajan dan Tingkatkan Skill Memasak
Biasanya Anda kerap makan di luar rumah alias jajan. Kini kurangi membeli jajanan di luar, termasuk rokok. Selain untuk berhemat, juga menjaga pola hidup sehat ketika Anda mengurangi dan berhenti merokok dan pastinya makanan buatan sendiri akan lebih terjamin kebersihannya. Biasakan makan terlebih dahulu dari rumah ketika akan bepergian dan membawa bekal makanan dari rumah ketika pergi bekerja. Karena itu mulai sangat penting meningkatkan keahlian dalam memasak agar makanan buatan Anda lebih nikmat dan sedap, tak kalah dengan masakan restoran.
 

2.Cermat Ketika Berbelanja
Kenaikan BBM merimbas pada kenaikan barang pokok. Jadi ketika belanja kebutuhan harian pilihlah barang seperlunya dan tidak berlebihan. Misalnya, ketika harga cabai meroket maka kurangi konsumsi cabai, dengan selang-seling memasak makanan pedas atau pakai sambal kemasan. 
Begitu pula harus cerdas dalam mengatur makanan pokok. Mengatur menu makanan menjadi sebuah keharusan di tengah melambungnya harga-harga kebutuhan pokok, semisal hari ini daging ayam dan sayur, esoknya telur dan sayur serta buah selanjutnya daging, ikan dan sebagainya. Meski hemat namun gizi dan kebersihan harus jadi prioritas utama.
 

3. Minimalisir Pakai Kendaraan Pribadi
Anda harus cermat ketika memutuskan memakai kendaraan pribadi. Misalnya, jika keperluan bepergian di sekitra rumah maka hindari mengunakan kendaraan bermotor. Biasakan jalan kaki atau bersepeda. Jika ingin ke kantor upayakan mengunakan kendaraan umum seperti kereta dan bus way. Kendaraan pribadi digunakan ketika jarak tempuh jauh dan gunakan secara beramai-ramai (bersama keluarga atau rekan kantor) agar hemat.
 

4.Manfaatkan Diskon
Bukan berarti Anda dianjurkan memburu diskon. Tetapi, Anda harus mengurangi membeli hal-hal yang tidak diperlukan ketika musim diskon. Manfaatkan diskon untuk membeli kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan. Misalnya, manfaatkan diskon buy one get one untuk menganti barang-barang Anda yang sudah habis atau rusak atau memang barang yang digunakan terus menerus.
 

5.Kurangi Beli Minuman Kemasan
Minuman dalam kemasan memang praktis, tetapi bila dihitung banyak menghamburkan uang yang Anda miliki. Perlahan tapi pasti. Mulailah memasak air sendiri. Selain lebih hemat juga terjaga kebersihannya. Selain itu, saat bepergian biasakan membawa botol minuman yang diisi air dari rumah, sehingga Anda tak perlu membeli air minum ketika di perjalanan.
 

6.Mulailah Mandiri
Selama ini bagi Anda yang terbiasa mencuci kendaraan dan pakaian di tempat pencucian mulai mengubah ritme. Kini mulailah mencuci sendiri di akhir pekan. Sekali-kali tak mengapa mengunakan jasa pencucian ketika Anda begitu sibuk dan dalam kondisi tak sehat.
 

7.Rekreasi Murah Meriah
Jika Anda terbiasa menghabiskan akhir pekan ke mal atau berwisata ke luar kota. Ada baiknya, segera mencari alternatif rekreasi yang murah tetapi tetap menyenangkan. Misalnya, menonton film keluarga di rumah dengan hidangan makanan buatan sendiri atau mengunjungi tempat wisata dekat kediaman Anda dengan membawa bekal makanan dari rumah.
 
Semoga tips ini bisa menjadi inspirasi buat Anda dan mulailah hidup hemat, sehat dan gembira. Selamat mencoba!
 
Tingkatkan  keahlian memasak Anda agar masakan buatan sendiri  tak kalah enak dengan restoran.
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 530
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 1051
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 278
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 746
Momentum Cinta
Selanjutnya
Lingkungan
03 Mar 24, 09:47 WIB | Dilihat : 245
Ketika Monyet Turun ke Kota
22 Jan 24, 08:18 WIB | Dilihat : 467
Urgensi Etika Lingkungan
18 Jan 24, 10:25 WIB | Dilihat : 460
Penyakit Walanda dan Kutukan Sumber Daya
06 Jan 24, 09:58 WIB | Dilihat : 432
Pagi Lara di Haurpugur
Selanjutnya