Energi Alternatif

BBM Nabati Jadi Alternatif untuk Mobil dan Truk di Italia

| dilihat 1403
 
TURIN, AKARPADINEWS.Com - Italia akan menjadi negara pertama di Eropa yang mensyaratkan pemakaian bahan bakar nabati di mobil dan truk. Dan negara ini telah mulai memproduksi bahan bakar minyak dari jerami tahun lalu di Crescentino, Turin, dengan tujuan menghasilkan 75 juta bioetanol
.
Mulai tahun 2018, semua pemasok BBM di negara itu harus mencakup 0,6 persen bahan bakar nabati dalam bensin dan disel. Penggunaan bahan bakar nabati dalam bensin dan disel akan ditingkatkan menjadi 1 persen pada 2022.
 
Dalam beberapa tahun terakhir, bahan bakar dari tanaman menjadi isu kontroversial di Uni Eropa. Peraturan Energi Terbarukan -yang ditetapkan Eropa pada 2009- mensyaratkan 10 persen energi yang digunakan dalam sektor transportasi harus berasal dari sumber terbarukan.
Contoh bagi negara lain
 
Namun rencana ini menimbulkan keprihatinan akan berdampak pada produksi pangan karena akan banyak lahan yang digunakan untuk memproduksi BBM nabati.
 
Akibatnya Uni Eropa mengurangi ketetapan ini menjadi 5,75 persen akan tetapi masih belum ada negara yang mulai menerapkan ketetapan penggunaan BBM nabati itu.
jerami.
BBM nabati di Turin ini diharapkan dapat memproduksi 75 juta liter bioetanol. Rencana Italia disambut sejumlah pihak, termasuk Chris Malins dari Badan Trransportasi Ramah Lingkungan, International Council on Clean Transportation.
 
"Saat yang menggembirakan karena pada akhirnya sudah ada yang mulai. Langkah ini merupakan contoh dan sinyal kepada negara lain yang tertarik menerapkan hal ini," tambah Chris Malins.
 
Namun yang menjadi pertanyaan besar adalah upaya untuk mempertahankan penggunaan teknologi ini, demikian bbc.
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Sporta
03 Sep 18, 12:41 WIB | Dilihat : 1286
Olahraga dan Pelukan Pemersatu
16 Jul 18, 10:16 WIB | Dilihat : 985
Keajaiban dan Luah Gairah Kemenangan Perancis
15 Jul 18, 07:53 WIB | Dilihat : 983
Perancis vs Kroasia Berebut Keajaiban Piala Dunia 2018
Selanjutnya
Energi & Tambang