Gotrasawala 2013 Upaya Menggali Peradaban

| dilihat 1831

BANDUNG, AKARPADINEWS.Com-Perhelatan budaya internasional bertajuk Gotrasawala 2013 dengan tema West Java: Global Cultural Gathering,? berlangsung dan dihadiri para ilmuwan, budayawan, dan praktisi seni kreatif internasional.

Perhelatan yang berisi seminar internasional dan workshop kolaborasi kreatif tentang peradaban, budaya dan seni kreatif itu berlangsung sejak Kamis (5/12/2013) sampai Sabtu (7/12/2013) itu. ?Sebelum menggelar seminar selama dua hari (6-7/12/2013) di Hotel Savoy Homan serta presentasi hasil kolaborasi dan pameran di Gedung Merdeka, peserta Gotrasawala 2013 terlebih dulu berkunjung ke situs Gunung Padang ? Cianjur, yang belakangan menjadi perhatian dunia arkeologi dan geologi.

Seminar internasional peradaban dan budaya Jawa Barat dibuka Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan yang menegaskan, perhelatan budaya yang digagas Wakil Gubernur Deddy Mizwar, itu merupakan salah satu upaya untuk merevitalisasi budaya Jawa Barat. Sekaligus ajang urun pemikiran tentang peradaban yang hidup dan berkembang di Jawa Barat ribuan tahun lalu.

Ahmad Heryawan mengemukakan, Gotrasawala 2013 adalah forum pemikiran untuk melihat konteks budaya dan peradaban Jawa Barat yang menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Sekaligus awal dari upaya panjang menggali peradaban Jawa Barat.

Untuk itu, di tengah pro kontra terhadap beragam pandangan tentang situs megalitikum Gunung Padang yang sudah berlangsung sejak dekade 70-an, Pemerintah Jawa Barat meminta penelitian Situs Gunung Padang dituntaskan. Sejak dua tahun terakhir, suatu tim peneliti independen yang dipimpin Dr. Danny Hilman Natawidjaja menemukan tanda-tanda peradaban dan kehidupan kuna ribuan tahun sebelum masehi.

Dr. Danny Hilman adalah geologis senior dari LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung). Ia menyelesaikan studi doktoral dan meraih gelar PhD di California Institute of Technology ? USA. Selama ini, ini Danny Hilman memusatkan perhatian pada penelitian ?Active Technology and Earthquake Geology.?

Tim Peneliti independen yang dipimpin Hilman melibatkan sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu termasuk arkeolog senior Dr. Ali Akbar dari Universitas Indonesia, filolog, arsitek, dan lain-lain.

Gubernur Jawa Barat meminta tim peneliti independen ini meneruskan penelitiannya, karena melalui penelitian itu akan teruji kebenaran beragam informasi dan persepsi tentang Situas Gunung Padang dalam konteks peradaban Jawa Barat sebagai bagian dari peradaban Indonesia dan dunia.

Seminar itu dihadiri sejumlah inohong Jawa Barat yang concern terhadap pendekatan ilmiah perkembangan budaya dan peradaban Jawa Barat, seperti Sultan Kasepuhan Cirebon, ?P.R.A Arief Natadiningrat, SE., politisi dan budayawan Tjetje Hidayat Padmadinata, budayawan Memet Hamdan, budayawan dan jurnalis senior Yayat Hendayana, jurnalis senior Aristides Katoppo, dan peminat budaya dari seluruh Jawa Barat.

Hadir dan memberikan sambutan dalam pembukaan seminar internasional, itu Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Kebudayaan, Prof. Dr. Windu Nuryanti, M.Arch., dan salah satu pejabat tinggi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Penyelenggaraan Gotrasawala 2013 itu dipimpin oleh musisi dan kritikus budaya Franky Raden yang banyak terlibat dalam perhelatan budaya di Indonesia, Amerika Serikar, dan Kanada.

Editor : Nur Baety Rofiq
 
Seni & Hiburan
31 Okt 20, 09:24 WIB | Dilihat : 127
Serangan Cinta dari Utara
06 Okt 20, 11:37 WIB | Dilihat : 314
Warkah Pelangi di Ujung Cakrawala
03 Sep 20, 21:13 WIB | Dilihat : 399
Cerita Seputar Alterasi Seni Rupa - Seni Tari
26 Agt 20, 09:04 WIB | Dilihat : 458
Tilik Indonesia Gaya Bu Tedjo
Selanjutnya
Sainstek
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 1552
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
08 Nov 19, 23:07 WIB | Dilihat : 1963
Kebijakan Perikanan Belum Berbasis Sains yang Utuh
26 Agt 19, 10:46 WIB | Dilihat : 1099
Daya tarik Magnetis Monza SP2 Ferrari
Selanjutnya