Balutan Kemewahan dan Kecanggihan BMW 7 Series

| dilihat 2510

AKARPADINEWS.COM| BAGI pecinta otomotif yang menginginkan kendaraan mewah nan canggih, perlu rasanya menoleh pada mobil keluaran baru BMW. Ya, mobil mewah besutan BMW itu ialah BMW 7 Series. Mobil ini mengaplikasikan beragam teknologi baru yang dikembangkan oleh pabrikan mobil asal Jerman tersebut.

Teknologi pertama ialah penggunaan carbon fiber reinforced polymer (CFRP) pada tubuh mobil. BMW memang sudah menginvestasikan skala besar untuk pengembangan bahan CFRP. Karena, bahan tersebut diketahui lebih ringan, namun lebih kuat dari baja dan aluminium. Dengan begitu, mobil BMW 7 Series memiliki ketahanan yang baik.

Selain itu, dengan berkurangnya berat kendaraan, menunjang performa mobil menjadi lebih cepat dan lebih efisien karena menambah ruang untuk pemasangan teknologi lain dalam kendaraan. Pada 7 Series, penggunaan CFRP mengurangi bobot mobil hingga 86 kilogram dari bobot mobil Series terdahulu. Hal itu memperlihatkan seberapa ringan CFRP yang diaplikasikan pada BMW 7 Series.

Membuat sebuah mobil yang ringan, namun efisien, menjadi fokus dari pabrikan mobil pada masa kini. Hal itu disebabkan tuntutan pemenuhan standar keselamatan dan beragam teknologi baru yang pastinya menambah berat mobil. Dengan menggunakan CFRP, BMW 7 Series mampu mengakomodir berat beragam teknologi tambahan dan standar keamanan tanpa dengan maksimal. Sehingga, pabrikan asal Jerman itu dapat mengeksplorasi beragam teknologi untuk disematkan dalam mobil besutannya.

Teknologi lainnya yang dibungkus dalam mobil ini ialah iDrive Infotaintment system yang dapat dioperasikan dengan sensor gerak tubuh. Dengan teknologi itu, pengendara dapat mengubah volume fasilitas entertainment yang terpasang dalam mobil tersebut atau mengangkat telepon yang dapat terintegrasi dengan sistem stereo mobil. Selain untuk sistem entertainment, sensor gestur tubuh itu juga dapat berfungsi untuk beragam fitur lainnya, seperti menyalakan lampu hingga membunyikan klakson.

Segala teknologi yang ada di dalam mobil ini serba otomatis. Terlebih, mobil ini dilengkapi dengan fitur WiFi sehingga siapapun penumpangnya dapat menggunakan internet di manapun dan kapanpun. Penumpang pun dapat menikmati acara atau film kesukaannya karena di belakang dilengkapi dengan televisi sebesar 10 inch.

Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Vitality Program yang merupakan fitur pemijat otomatis tiap kursinya. Fitur ini memungkinkan pengemudi dan penumpang sama-sama merasakan pijatan ringan di joknya bila sedang merasa pegal karena terlalu lama duduk.

Seperti mobil mewah lainnya, BMW 7 Series juga dilengkapi fitur parkir otomatis, pengaturan aerodynamic, sunroof, dan fitur-fitur canggih lainnya. Dapat dikatakan, mobil ini seperti sebuah komputer yang diberikan mesin dan empat roda. Kemewahan yang ditawarkan BMW 7 Series mengedepankan teknologi yang membuat nyaman pengendara dan penumpangnya. Kenyamanan dibalut teknologi, mungkin sebutan yang pas untuk mobil ini.

Teknologi juga merasuk pada kunci mobilnya. Kunci mobil BMW 7 Series ini menggunakan layar sentuh yang atraktif sehingga dapat dikatakan kunci layaknya sebuah ponsel pintar namun bukan sebuah ponsel. Tak hanya itu, kunci mobil ini memiliki beragam fitur seperti memanaskan mobil dari kejauhan, dan pengisian baterai otomatis ketika sedang berada di dalam mobil. Memang dari segi ukuran, kunci mobil ini lebih bongsor dari kunci mobil yang pernah dibuat oleh BMW. Namun, kunci ini begitu pintar sehingga kita seakan-akan menggantikan kunci mobil dengan ponsel pintar.

Desain interiornya pun tak kalah ciamik. Jok pengendara maupun penumpang semua dilapisi dengan kulit dengan desain elegan. Selain itu, mobil ini memberikan kesan bagi penumpang sebuah kenyamanan ekslusif karena kursi hanya diperuntukan untuk dua penumpang dengan diberi meja pembatas di tengahnya. Di meja itu terdapat tablet pintar untuk mengaplikasikan beragam fitur menonton untuk televisi di belakang.

Urusan mesin tidak usah ditanya lagi. BMW 7 Series memiliki dua jenis mesin pada dua varian berbeda. Untuk model 740i, BMW memberikan mesin berkapasitas 320 tenaga kuda. Sedangkan untuk model kedua, yakni 750i, pabrikannya memberikan mobil tersebut mesin V8 Turbo berkapasitas 445 tenaga kuda.

Dua model yang tidak bisa diremehkan dalam hal gerungan mesinnya. Dengan kapasitas mesin semacam ini ditambah ringannya berat kendaraan maka sudah dapat dibayangkan seberapa cepat laju kendaraan ini bila tengah dipacu di atas aspal.

Dengan segala fitur dan kelebihannya, mobil ini dibanderol, model 740i, seharga US$ 81,300 atau setara dengan Rp. 1,1 miliar. Sedangkan, untuk model 750i, BMW mematok harga US$ 97,400 atau setara dengan RP. 1,3 miliar. Memang untuk sebuah mobil harga itu begitu tinggi. Namun, bila dibandingkan dengan segala kenyamanan yang ditawarkan mungkin memang mobil tersebut layak dibanderol harga tinggi.

Bisa dikatakan, BMW 7 Series yang baru ini merupakan perkawinan antara kecanggihan teknologi dengan kemewahan. Bentuknya yang elegan memiliki beragam fitur teknologi yang tersematkan di dalamnya. Bagi pecinta mobil mewah nan pintar, mobil besutan BMW ini dapat menjadi pilihan alternatif.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 235
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 405
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 255
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 940
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1169
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1430
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1578
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya