Petenis Top 10 Dunia Tunggal Putra & Putri;

Serena & Rafa; Masih No 1, Lina & Wawrinka Naik No 3

| dilihat 1385

JAKARTA, AKARPADINEWS.Com - Sukses yang diraih petenis Li Na (Cina) dan Stanislas Wawrinka (Swiss) menjuarai turnamen Grand Slam Australia Terbuka 2014 akhir pekan lalu dari lawan masing-masing, menjadikan peringkat kedua petenis ini bersamaan naik ke peringkat tiga dunia. Sedangkan posisi pertama masih ditempati oleh Serena Williams (Amerika) dan Rafael  Nadal (Spanyol).

Dilansir dari WTA Tur pada 27 Januari 2014, di nomor tunggal putri, Li Na yang tadinya berada diperingkat keempat naik satu tingkat jadi urutan ketiga dunia. Meski hanya naik satu tingkat, tapi penampilan petenis berusia 31 tahun ini sangatlah membanggakan. Selain ia bisa meraih gelar Grand Slam Australia Terbuka untuk pertama kali. Kemenangan ini sekaligus menempatkannya, sebagai petenis gaek yang bisa merebut juara Australia Terbuka ditengah persaingan pemain muda lainnya. Li Na juga menjadi satu-satunya petenis asal Asia yang berada di urutan sepuluh besar petenis putri dunia.

Pada hari yang sama ATP Tur juga melansir peringkat baru. Australia Terbuka 2014 adalah gelar Grand Slam pertama bagi Wawrinka setelah menumbangkan petenis nomer satu dunia sekaligus peraih 13 juara Grand Slam, Rafael Nadal, di final Australia Terbuka. Karena itu, peringkat Wawrinka naik lima peringkat dari urutan delapan jadi urutan tiga. Sukses ini juga mengeser peringkat David Ferrer (Spanyol)  dari urutan tiga jadi turun diurutan lima. Sedangkan, rekan senegara Wawrinka, Roger Federer juga turun peringkat, dari urutan enam menjadi urutan delapan.

Berada pada urutan ketiga dunia sekaligus menjadikan Wawrinka sebagai petenis nomer satu Swiss, yang sebelumnya ditempati Federer sejak tahun 2001 atau selama 13 tahun.

Nadal dan Serena Tetap No 1

Walau terjadi pergeseran peringkat, tapi urutan pertama di nomor tunggal putri dan putra dunia masih ditempati oleh Serena Williams (Amerika) dan Rafel Nadal (Spanyol).Meskipun keduanya tak tampil maksimal di Australia Terbuka pekan lalu.

Serena Williams dipaksa menyerah di babak keempat dan Nadal lebih beruntung mampu bertahan hingga final. Sedangkan posisi kedua tunggal putri dan putra, masih ditempati oleh Victoria Azarenka (Belarus) dan Novak Djokovic (Serbia).

Selain, peringkat Li Na dan Wawrinka yang melonjak. Lompatan lainnya juga dialami  runner up Australia Terbuka 2014 dari Slovakia, Dominika Cibulkova. Peringkat Cibulkova melonjak hampir dua kali lipat dari urutan 24 menjadi 13. Hal sama juga dialami Eugenie Bouchard asal Kanada. Bouchard yang tampil hingga semifinal ini peringkatnya naik dari 31 menjadi 19.

Kenaikan satu peringkat tak hanya dialami Li Na. Semifinalis Agnieszka Radwanska (Polandia) juga naik peringkat dari urutan kelima menjadi urutan ketiga. Sedangkan Maria Sharapova yang sebelumnya berada diurutan ketiga turun ke urutan kelima.
Berikut adalah peringkat tenis dunia untuk nomor tunggal putri dan putra versi WTA dan ATP:


WTA Top 10 (peringkat sebelum)

1.Serena Williams /Amerika(1)

2.Victoria Azarenka /Belarus(2)

3.Li Na/Cina (4)

4.Agnieszka Radwanska/Polandia (5)

5.Maria Sharapova/Rusia (3)

6.Petra Kvitova/Ceko (6)

7.Sara Errani/Italia(7)

8.Jelena Jankovic/Serbia(8)

9.Angelique Kerber/Jerman(9)

10.Simona Halep/Rumania (11)

ATP Top 10 (peringkat sebelumnya)

1.Rafael Nadal/Spanyol (1)

2.Novak Djokovic/Serbia(2)

3.Stanislas Wawrinka /Swiss(8)

4.Juan Martin Del Potro/Argentina (5)

5.David Ferrer/Spanyol (3)

6.Andy Murray/Inggris(4)

7.Tomas Berdych/Ceko (7)

8.Roger Federer/Swiss (6)

9.Richard Gasquet/Perancis (9)

10.Jo-Wilfried Tsonga/Perancis(10)
 

Editor : Nur Baety Rofiq | Sumber : WTA,ATP & Foto:ausopen
 
Seni & Hiburan
31 Jul 21, 04:03 WIB | Dilihat : 135
Mata Maut
03 Mar 21, 06:38 WIB | Dilihat : 369
Industri Game Naik Saat Pandemi
Selanjutnya
Humaniora
03 Sep 21, 12:31 WIB | Dilihat : 179
Membaca Tantangan Abad 21 dan Hegemoni Pendidikan Global
20 Agt 21, 09:28 WIB | Dilihat : 500
Politik Kematian Simbol Kediktatoran
17 Agt 21, 15:10 WIB | Dilihat : 133
Merdeka sebagai Badui dan Cara Menyelesaikan Masalah
13 Agt 21, 12:59 WIB | Dilihat : 177
Adzan Pilu di Tengah Coronastrope
Selanjutnya