Anies Baswedan Suka Gulat dan Selalu Menang

| dilihat 2153

AKARPADINEWS.COM. Olah Raga penting bagi Anies Baswedan, calon Presiden pilihan jurnalis. Ketika bertandang ke Redaksi Liputan6 – SCTV di Gdung SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Selasa (28/1) lalu, Rektor termuda di Indonesia itu mengaku olah raga yang membuat fit. Bukan yang menguatkan otot.

Sebagai intelektual, Anies memang tak mengabaikan pentingnya otot, tapi otak yang menjadi prioritas. Karenanya, dia lebih senang olah raga yang memanfaatkan gravitasi danberat tubuhnya. Artinya, Anies suka keseimbangan. Balance power dari dalam dan dari luar dirinya. Itu sebabnya, cucu perintis kemerdekaan AR Baswedan, itu tak pernah melakukan olah raga dengan menggunakan alat yang bisa membuatnya menonjol.

Meski demikian, olah raga a la Anies Baswedan ini lumayan berat. Ketika pertama mencoba, ia sempat ngos-ngosan. Ia melakukan olah raga itu dipandu seorang teman yang menjadi instrukturnya. Menurut dia, olahraga yang dipilihnya itu cocok untuk orang Asia.

Tak hanya itu, Liputan6.com mengutip penjelasan Anies, "Kalau mau sering jalan-jalan memang membutuhkan otot. Kita butuh fit, bukan unjuk otot."

Ketika remaja dan ketika masih studi di Amerika Serikat, peserta Konvensi Capres Partai Demokrat yang enggan menggelar spanduk di seputar lokasi debat, itu senang bermain sepakbola dan bersepeda. Ia juga suka gulat. Olah raga itu, menurutnya, paling beda.

"Olahraga yang paling beda, itu gulat. Ketika SMA saya ikut gulat dan waktu di Amerika saya ikut gulat," kata Anies. Ia mengatakan, sepakbola termasuk olah raga yang berat. Namun, begitu bola dilempar dan bergulir, pemainnya bisa berjalan kaki dan orang lain yang bergantian lari.

Gulat? "Kalau gulat latihannya di gedung empat lantai dengan berlari, naik tangga. Kalau musim dingin nggak latihan di luar. Dan itu berat sekali," kata Anies lagi.

Ada alasan dia tertarik dengan gulat. Salah satunya, lawan gulat seimbang. "Kalau olahraga lain lawannya nggak seimbang. Gulat β€˜kan berat badannya harus sama, nggak mungkin salah satunya kelas berat." Dengan begulat, menurut Anies, ia bisa memiliki banyak teman karena sering mewakili sekolahnya untuk bertanding.

"Saya bertarung mewakili sekolah. Kalau bertarung selalu menang," ujarnya.

Pemimpin muda yang menonjol akhlaknya kepada orang tua dan khalayak ramai itu, nampak concern pada kegiatan olah raga dan melakukannya.. | Noora

Editor : Web Administrator | Sumber : Liputan6.com
 
Budaya
15 Sep 21, 11:09 WIB | Dilihat : 199
Prespektif Transformasi Budaya Betawi dari Setu Babakan
14 Sep 21, 12:20 WIB | Dilihat : 160
Kelola Perdebatan dengan Cara Terbaik
11 Sep 21, 08:44 WIB | Dilihat : 199
Pelajari Bahasa Arab Sampai Ajal Tiba
26 Jul 21, 14:50 WIB | Dilihat : 168
Selarik Kata untuk Jakarta
Selanjutnya
Energi & Tambang
29 Mar 21, 20:15 WIB | Dilihat : 324
Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman
28 Jan 20, 13:31 WIB | Dilihat : 1171
Komitmen Budaya pada Reklamasi Pertambangan
22 Okt 19, 12:46 WIB | Dilihat : 1424
Sinergi PHM dengan Elnusa Garap Jasa Cementing di Rawa
Selanjutnya