Grup Dunia Piala Davis

Repubik Ceko Melaju Ke Semifinal Piala Davis, Setelah Menang 3-0 atas Jepang

| dilihat 1599
Stepanek. dan Rosol memastikan Rep Ceko ke semifinal  Foto: twitter
 
 
TOKYO, AKARPADINEWS.Com - Ganda Piala Davis Republik Ceko, Lukas Rosol dan Radek Stepanek menambah skor kemenangan tim Ceko, 3-0 atas tim Piala Davis Jepang di hari kedua babak perempat final Grup Dunia Piala Davis, di Tokyo, Sabtu (5/4). Skor ini memantapkan laju juara bertahan ini  ke semifinal, meski masih ada dua partai laga pada Minggu besok.
 
Tambahan skor untuk juara bertahan dua kali ini diraih dalam pertarungan di nomor ganda,Lukas Rosol dan Radek Stepanek menang atas duet Tatsuma Ito dan Yasutaka Uchiyama dengan skor, 6-4-6-4,6-4. Di semifinal yang akan digelar September nanti, tim Ceko akan berhadapan dengan juara yang berlaga di perempatfinal lainnya, antara Perancis dan Jerman.
 
Bermain di lapangan keras dengan atap tertutup di Ariake Coliseum, ganda Ceko ini bermain cukup prima dan memiliki kualitas rangking yanglebih baik dari lawannya, membuat tim Ceko percaya diri.
 
Sedangkan duo Jepang nampak beberapa kali melakukan kesalahan, ketika mengatasi serangan servis keras yang ditembakkan Rosol.
 
“Kita senang bisa mengakhiri pertandingan hari ini, jadi kita dapat bermain tanpa tekanan besok,”kata Kapten Tim Piala Davis Rep. Ceko, Jarospaly Navratil dikutip Davis Cup. “Pertandingan tadi tak mudah buat kami, Radek dan Lukas tak pernah bermain bersama di nomor ganda sejak lama.”
 
Seharusnya, Stepanek berpasangan dengan Jiri Vesely namun strategi diubah oleh Navratil menjelang pertandingan, Sabtu pagi, dengan memasangkan Stepanek dengan Rosol. 
Stepanek mengakui cukup puas dengan permainan duetnya dengan Rosol. Meskipun, baru pertama dipasangkan di Piala Davis namun Stepanek mengakui mereka bisa kompak dan bermain bagus sehingga bisa mengontrol permainan sejak set pertama.
  
“Kami bisa menyelesaikan setiap set dengan cukup baik hari ini dan bahagia bisa ke semifinal,”tambah Rosol,”Memang selalu senang jika didukung banyak pemain, tetapi saya kira Radek dan saya bermain cukup bagus minggu ini.”
 
Sementara itu lawannya, mengakui permainan duo Ceko itu sangat bagus. “Mereka punya kekuatan ekstra di setiap kesempatan,”kata Tatsuma Ito. “Stepanek mampu mengembalikan bola dengan bagus hari ini.”
           
Jepang tanpa diperkuat pemain terbaiknya, Kei Nishikori dan Oeda, dan Ceko tanpa Tomas Berdych, Jepang sejak awal di prediksi akan kalah lantaran rangking yang dimiliki pemainnya jauh di bawah tim Ceko. 
“Kita kalah dalam tiga pertandingan kunci, saya  rasa karena  kesenjangan peringkat  dari pemain,”komentar Kapten Jepang Minoru Ueda. “Alasanya tak lain karena kurangnya pengalaman.”
 
Pada pertandingan besok, menyisakan dua partai di nomor tunggal antara Tatsuma Ito vs Lukas Rosol dan Taro Daniel vs Radek Stepanek. 
 
Sementara itu, tim Piala Davis Jerman mengejutkan Prancis melalui kemenangan dua partai pembuka pertandingan perempat final Grup Dunia yang berlangsung Jumat.Keunggulan tim Jerman 2-0 atas Perancis diraih di nomor tunggal pertama Tobias Kamke yang mengalahkan Julien Benneteau dengan skor  7-6 (10/8), 6-3, 6-2.  Selanjutnya, di nomor tunggal kedua, secara mengejutkan Peter Gojowczyk mengalahkan Jo-Wilfried Tsonga melalui pertarungan seru lima set 5-7, 7-6 (7/3), 3-6, 7-6 (10/8), 8-6. 
 
Fabio Fognini, Italia. Foto: AP
 
Pada pertandingan Grup Dunia lainnya, antara Italia melawan Inggris Raya,  untuk sementara Italia unggul 1-0 melalui kemenangan di nomor  tunggal pertamanya yaitu Fabio Fognini mengalahkan James Ward 6-4, 2-6, 6-4, 6-1. Sedangkan, partai tunggal kedua antara Andreas Seppi melawan Andy Murray dihentikan karena cahaya lapangan yang buruk. Andy Murray untuk sementara unggul atas Andreas Seppi dengan kedudukan 6-4, 5-5. Pertandingan dilanjutkan Sabtu dengan kemenangan Andy Murray, 6-4, 7-5, 6-3.
 
Berikut hasil lengkap pertandingan perempat final Grup Dunia Piala Davis:
 
Republik Ceko melawan Jepang , di Tokyo, Skor : 3-0
 
Jumat 4 April 
Radek Stepanek (CZE) mengalahkan Tatsuma Ito (JPN) 6-7 (5/7), 7-6 (7/5), 6-1, 7-5
Lukas Rosol (CZE) mengalahkan Taro Daniel (JPN) 6-4, 6-4, 3-6, 4-6, 6-2.
Sabtu 5 April
Radek Stepanek/ Lukas Rosol mengalahkan Tatsuma Ito/  Yasutaka Uchiyama 6-4-6-4,6-4
Minggu  6 April  
Lukas Rosol vs Tatsuma Ito
Radek Stepanek  vs Taro Daniel
 
Jerman melawan Perancis, di Nancy, Perancis, Skor: 2-) 
 
Jumat 4 April 
Tobias Kamke (GER) mengalahkan Julien Benneteau (FRA) 7-6 (10/8), 6-3, 6-2
Peter Gojowczyk (GER) mengalahkan Jo-Wilfried Tsonga (FRA) 5-7, 7-6 (7/3), 3-6, 7-6 (10/8), 8-6 
Sabtu 5 April
Michael Llodra/Gael Monfils (FRA) v Andre Begemann/Tobias Kamke (GER)
Minggu  6 April
Jo-Wilfried Tsonga (FRA) v Tobias Kamke (GER)
Julien Benneteau (FRA) v Peter Gojowczyk (GER)
 
Italia melawan Inggris di Napoli, Skor 1-1
Jumat 4 April
Fabio Fognini (ITA) mengalahkan James Ward (GBR) 6-4, 2-6, 6-4, 6-1
Andy Murray (GBR) unggul atas Andreas Seppi (ITA) 6-4, 5-5 -- dihentikan karena cahaya lapangan yang buruk
Sabtu 5 April
Lanjutan pertandingan :Andy Murray (GBR)  menang  atas  Andreas Seppi (ITA) 6-4, 7-5, 6-3
Simone Bolelli/Paolo Lorenzi (ITA) v Colin Fleming/Ross Hutchins (GBR)
Minggu  6 April
Fabio Fognini (ITA) v Andy Murray (GBR)
Andreas Seppi (ITA) v James Ward (GBR)
 
Swiss Melawan Kazakhstan, di Jenewa, Skor 1-1
 
Jumat 4 April
Andrey Golubev (KAZ) mengalahkan Stanislas Wawrinka (SUI) 7-6 (7/5), 6-2, 3-6, 7-6 (7/5)
Roger Federer (SUI) mengalahkan Mikhail Kukushkin (KAZ) 6-4, 6-4, 6-2
Sabtu 5 April
Stanislas Wawrinka (SUI)/Roger Federer (SUI) v Aleksandr Nedovyesov (KAZ)/Evgeny Korolev (KAZ) 
Minggu 6 April
Stanislas Wawrinka (SUI) v Mikhail Kukushkin (KAZ)
Roger Federer (SUI) v Andrey Golubev (KAZ).
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Energi & Tambang
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1096
Rumput Tetangga
Selanjutnya