Film

Indonesia dan Malaysia Larang Peredaran Film "Noah"

| dilihat 1903
Pemeran utama "Noah" Russell Crowe. Foto: Getty/The Australian
 
AKARPADINEWS.Com - Badan sensor film di Indonesia dan Malaysia mengatakan bahwa penggambaran Nabi Nuh dalam film “Noah” yang diperankan oleh Russell Crowe melanggar aturan Islam. Karena itu Indonesia dan Malaysia bersama negara-negara Muslim lain melarang pemutaran film tersebut.
 
Badan-badan sensor di kedua negara mengatakan Senin (7/4) bahwa penggambaran nabi oleh Russell Crowe itu melanggar aturan Islam. Penggambaran nabi manapun dilarang oleh Islam untuk menghindari pemujaan terhadap manusia, bukannya Tuhan.
 
Ketua Lembaga Sensor Film Indonesia, Muchlis Paeni mengatakan, cerita film yang disutradarai Darren Aronofsky itu berlawanan dengan Al-Quran dan Alkitab."Kami telah menolak pemutaran Noah di sini," ujar Muchlis, dilansir AP. "Kita tidak ingin film yang dapat memicu kontroversi dan reaksi negatif."
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyambut langkah tersebut dengan mengatakan bahwa film-film yang dapat mencemarkan ajaran agama seharusnya dilarang.Banyak warga Indonesia mengecam pelarangan itu di media sosial."Keputusan itu sangat disesalkan, sangat menyedihkan," ujar sutradara film Joko Anwar di Twitter. Ia mengingatkan bahwa larangan tersebut merupakan langkah mundur bagi Indonesia.
 
Sementara itu, Kepala Badan Sensor di Malaysia,Abdul Halim Abdul Hamid mengatakan, "Film 'Noah' tidak diizinkan ditayangkan di Malaysia untuk melindungi sensitivitas dan harmoni di dalam masyarakat Malaysia yang multiras dan mutli-agama."
 
Cuplikan film Noah. Foto:AP
 
Indonesia adalah negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia, dari 230 juta populasi, 87 persen adalah beragama Islam. Sedangkan,warga Muslim di Malaysia mencapai sekitar 60 persen dari populasi 30 juta, dan warga Kristen sekitar sembilan persen.
 
Banyak negara Islam, termasuk Uni Emirat Arab, Qatar dan Bahrain, sudah melarang film tersebut, yang merupakan film laris box office di Amerika Serikat. Beberapa warga Kristen konservatif di AS juga mengeluhkan penggambaran yang tidak akurat mengenai air bah tersebut.
Di awal penayangannya di akhir Maret lalu, dalam sepekan film "Noah", merajai bioskop-bioskop Amerika Utara. Film yang dibintangi Russel Crowe dan Jennifer Connelly, meraup pendapatan dari penjualan tiket sebesar 43,7 juta dolar AS, dilaporkan AFP.
 
Produsen film Paramount Pictures dalam strategi pemasarannya menyatakan sudut pandang artistik jadi pertimbangan dalam menceritakan kisah film itu..Meski ada perbedaan antara kisah dalam  Al-Quran dan Alkitab mengenai Nabi Nuh, keduanya menyebut banjir bah dan kapal yang menyelamatkan manusia dan makhluk hidup lainnya.
 
Editor : Web Administrator
 
Sainstek
01 Nov 23, 11:46 WIB | Dilihat : 940
Pemanfaatan Teknologi Blockchain
30 Jun 23, 09:40 WIB | Dilihat : 1170
Menyemai Cerdas Digital di Tengah Tsunami Informasi
17 Apr 23, 18:24 WIB | Dilihat : 1431
Tokyo Tantang Beijing sebagai Pusat Data Asia
12 Jan 23, 10:02 WIB | Dilihat : 1580
Komet Baru Muncul Pertama Kali 12 Januari 2023
Selanjutnya
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1185
Rumput Tetangga
Selanjutnya