Konser Iwan Fals

Dari Medan NET.TV Awali Tebar Optimisme

| dilihat 3467

Bang Sem

AKARPADINEWS.COM. KONSER Iwan Fals ‘Suara Untuk Negeri’ yang digelar NET.Movement – NET.TV itu berakhir gempita. Ribuan penggemar Iwan Fals, menyaksikan sampai tuntas pergelaran yang menghadirkan juga Ari Lasso dan Andra & The Backbone, dipandu presenter NET.TV, antara lain Dimas Danang dan Imam Darto yang biasa menggelitik lewa The Comment.

Iwan menutup konser itu dengan tampil duet bersama Iwan S. Manurung, yang mirip dengannya ketika belia. NET. Movement memang membuka peluang bagi orang muda untuk unjuk gigi dan berduet di panggung konser dengan Iwan Fals.

Bekas bandar udara Polonia Medan, Minggu (26/1) itu tak hanya dikunjungi komunitas Oi, fans Iwan Fals. Tapi diubah menjadi panggung konser yang ditayangkan live oleh NET.TV dengan kualitas siaran dan kreativitas yang memang keren.

Lewat siaran live dari Medan itu, NET.TV menunjukkan kompetensinya sebagai stasiun televisi bagi kaum transformer yang menghendaki perubahan strukturan dan kultural bagi bangsa ini. NET.Movement sendiri, seperti diungkapkan Wishnutama – CEO NET.TV – memang mengajak masyarakat Indonesia, khas kaum muda, berani melakukan perubahan positif bagi negeri ini. Dan lebih 50.000 kaum muda Medan yang hadir di panggung yang memadukan kecerdasan kreatif dan kecanggihan teknologi entertainment (sound, lighting, dan firework), itu menandai aksi kreatif kaum muda Indonesia.

Seperti tampak di layar televisi, NET berhasil membuktikan dirinya sebagai penggerak transformasi siaran televisi yang mulai centang perenang, Live show konser Iwan Fals, di Medan yang akan berlanjut ke Bandung, Surabaya, dan Jakarta itu menjadikan tahun 2014 sebagai tahun inspirasi transformasi.

Meskipun konser di Medan dimaksudkan sebagai titik creativity kick off, dari yang nampak di layar televisi, justru menunjukkan lompatan yang menjadi transformation breakthrough. Apalagi pada waktu yang bersamaan, stasiun televisi lain yang justru mulanya mengusung tema transformasi, sedang menyeret khalayak ke dalam tontonan yang menggiring penontonnya ke dalam fantacy trap. Jebakan fantasi.

Apa yang pernah diungkapkan Roan Y. Anpira, rangkaian pergelaran itu akan diakhiri dengan konser besar Nyanyian Raya, yang bakal diselenggarakan setelah Pemilu Presiden 2014, itu boleh diprediksi memang bakal memecahkan Guinnes Book of World Record berskala internasional.

Dari aspek artistik, estetik, teknik, dan etik, konser di Medan sudah menampakkan sosoknya sebagai pertanda kebangkitan kreativitas yang memadukan inspirasi dan aspirasi perubahan dalam satu tarikan nafas. Dan tepat bila dikatakan, sebagai sinyal positif perubahan dan kemajuan yang visioner. Pesona konser di Medan itu sendiri sudah menghadirkan spirit yang  segar dan baru. Bahkan, Iwan Fals nampak lebih fresh.

Semangat memadukan kualitas terbaik programa siaran on screen dan off screen, itu memberi kepercayaan baru, bahwa kita mempunyai energi positif yang berjarak dengan hiruk pikuk politik. Sekaligus mengisyaratkan, kaum muda Indonesia tak memerlukan sesuatu yang noise.

Di sisi lain, profesionalitas mengelola konser dan penyelenggaraan live broadcast yang apik menunjukkan kemampuan orang muda Indonesia yang andal. Tanpa perlu harus mengekspresikan kegenitan yang sedang merasuki insan televisi di satu dua stasiun televisi.

Dari performa konser dan siaran, NET berhasil memadukan sekaligus tiga anasir penting perubahan positif: kreativitas, inovasi, dan invensi. Apa yang sudah berlangsung di Medan, menarik dijadikan platform untuk merangsang berkembangnya energi baru untuk memperkaya industri kreatif bangsa ini.

Lepas dari semua itu, dari seluruh rangkaian lagu dan genre musik yang disajikan malam itu, membuncah optimisme baru : televisi Indonesia bukan hanya medium tempat para pecundang meneriakkan “why you, not me !”  Bukan juga medium tempat para pemburu kuasa mengumbar syahwat politik. Melainkan medium untuk menyemai-tumbuhkan kemandirian, daya saing, dan kreativitas unggul. Tabik, NET ! |

Editor : Web Administrator
 
Ekonomi & Bisnis
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 276
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 139
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 634
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 784
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 751
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya