Ragam

Beragam Fakta Unik Seputar Nintendo

| dilihat 1862
 
JAKARTA, AKARPADINEWS.Com - Para pecinta games pasti tahu merek Nintendo pabrikan dari Jepang. Perusahaan yang berdiri tahun 1889 ini sudah memiliki beragam produk games di seluruh dunia. Mulai dari konsol-konsol game—seperti Famicom, Super Nintendo, Gameboy, dan Nintendo Wii—hingga beraneka ragam genre video games yang memiliki penggemar di seluruh dunia.
 
Perusahaan pemilik hak paten atas karakter Mario Bros dan Zelda ini memiliki beberapa fakta-fakta  unik yang jarang diketahui oleh khalayak ramai. Berikut fakta-fakta unik Nintendo yang dihimpun oleh akarpadinews.com:
 
1. Awal bergerak sebagai produsen pembuat kartu
Perusahaan yang sudah berusia sekitar 125 tahun ini pada awalnya hanya memproduksi kartu hanafuda, permainan kartu khas Jepang. Pada saat itu, perusahaan yang didirikan oleh Fujasiro Yamauchi ini menggunakan nama Nintendo Koppai. Hingga kini, Nintendo masih memproduksi kartu hanafuda.
 
2. Mario, Donkey Kong, dan Princess Peach karakter yang lahir karena kartun Popeye.
Tiga karakter ternama Nintendo, yakni Mario, Donkey Kong, Princess Peach pada dasarnya lahir karena serial kartun Popeye. Ketiga karakter itu lahir sebagai desain alternatif permainan yang tadinya dibuat untuk Popeye video games. Karena gagal mendapatkan lisensi dari serial kartun Popeye maka karakter yang digunakan ialah Mario, Donkey Kong, dan Princess Peach.
 
3. Super Knitendo
Nintendo melalui konsol Super Nintendo pernah meluncurkan perangkat menyulam otomatis. Produk yang terintegrasi dengan konsol Super Nintendo ini dibuat untuk para lansia di Jepang. Peragkat menyulam tersebut memungkinkan konsol Super Nintendo menyulam dengan pola yang dibuat di dalam games. Hanya saja, proyek tersebut dihentikan karena orang-orang yang menjadi test subject meninggal karena usia lanjut.
 
4. Nintendo pernah membuat hotel “melati”
Pada awal 1960-an Nintendo pernah membuat hotel “melati” atau love hotel di Jepang. Orang dewasa dapat menyewa kamar di hotel tersebut dengan tarif sewa per-jam. Di dalam kamar terdapat fasilitas televisi dengan konsol Nintendo kala itu. Namun, usaha “sampingan” Nintendo itu pun bangkrut.
 
5. Tiga video games franchise milik Nintendo merupakan yang terlaris
Tiga video games franchise milik Nintendo, yakni Mario Bros, Pokemon, dan Zelda merupakan video games franchise terlaris menurut cheezburger.com, sebuah situs hal  dan  fakta unik. Mario Bros menempati urutan pertama dengan total penjualan hingga 240 juta kopi, diikuti oleh Pokemon dengan 200 juta kopi, dan Zelda dengan 94 juta kopi. Bila digabungkan ketiganya mampu menembus 534 juta game yang terjual.
 
6. Gameboy diciptakan seorang pesuruh Nintendo
Handheld andalan Nintendo pada masa tahun 90-an, Gameboy, diciptakan oleh seorang pesuruh atau janitor. Ya, seorang pesuruh yang bekerja di pabrik milik Nintedo bernama Gunpei Yokoi merupakan pencipta dari Gameboy. Yokoi saat tengah senggang membuat sebuah mainan untuk dirinya agar tidak bosan. Mainan itu dibuatnya dari sebuah kakulator bekas yang digubah menjadi mesin permainan dan jam. Saat Direktur Nintendo kala itu—Hiroshi Yamauchi—meninjau pabrik, ia melihat mainan buatan Yokoi dan tertarik dengan mainan tersebut. Akhirnya mainan tersebut disempurnakan oleh Nintendo menjadi Gameboy. Pada masa itu, Gameboy menjadi pelopor handheld console.
 
Begitulah fakta-fakta unik dari perusahaan Nintendo. Hal itu menunjukkan bahwa Nintendo merupakan perusahaan games yang tidak sekadar terjebak pada satu genre usaha semata. Dengan mencoba ide-ide baru dari manapun, membuat Nintendo menjadi salah satu perusahaan Jepang yang berskala internasional. |Muhammad Khairil.
Editor : Nur Baety Rofiq | Sumber : mashable, cheezeburger, youtube
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1193
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Ekonomi & Bisnis
03 Apr 24, 04:18 WIB | Dilihat : 251
Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Lebaran 2024
12 Mar 24, 10:56 WIB | Dilihat : 423
Nilai Bitcoin Capai Rekor Tertinggi
02 Mar 24, 07:41 WIB | Dilihat : 269
Elnusa Bukukan Laba 2023 Sebesar Rp503 Miliar
Selanjutnya