Oasis, Mobil Unik dengan Kebun Mini

| dilihat 404

AKARPADINEWS.COM | PELAKU industri otomotif, selalu berupaya menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satunya, dengan menghadirkan kendaraan listrik.

Berbagai keunggulan ditawarkan. Mulai dari kemampuan parkir otomatis hingga memiliki artificial intelligence (AI) yang canggih. Ada pula yang menawarkan fitur unik seperti yang dilakukan Rinspeed, yakni fitur berkebun dalam mobil.

Mobil unik besutan pabrikan asal Swiss itu ialah Oasis. Konsep mobil bertipe mobil hatchback dengan desain futuristik pada eksteriornya. Bila dilihat dari bentuknya, mobil ini dibuat sebagai mobil urban sehingga amat cocok dikendarai sebagai mobil kegiatan sehari-hari.

Keunikan kebun portabel mobil ini terdapat di bawah kap depan. Kebun itu pun dapat diakses melalui dashboard mobil sehingga pemiliknya dapat mengganti atau menanam tanaman dari dalam mobil.

Fitur kebun dalam mobil ini kiranya bertujuan untuk membuat pengemudi dan penumpang tidak terlalu stres kala terjebak kemacetan. Tumbuhan dalam kebun mini itu diharapkan mampu membuat pengemudi dan penumpang lebih rileks.

Pilihan desain eksteriornya dengan mengaplikasikan pintu transparan seakan ingin mengesankan desain futuristik dan unik. Sayangnya, terlalu mudah terlihat barang-barang di dalamnya. Mobil ini terkesan kurang memberikan privasi kepada pemiliknya ketika berkendara.

Soal mesin, Oasis memiliki kemampuan mesin cukup baik. Oasis mampu dipacu hingga kecepatan maksimum 130 kilometer per jam. Kemampuan itu ditunjang akselerasi dari titik nol hingga 100 kilometer per jam hanya membutuhkan waktu 9,7 detik. Saat kondisi baterai penuh, mobil ini dapat dipacu hingga mencapai jarak 100 kilometer.

Kemampuan itu tentunya ditunjang dengan baterai 12 kWh LiFePO4 sebagai jantung kendaraan. Baterai itu pun ditunjang dengan EVA Fahrzeugtechnik powerbank sehingga pemakaian listriknya tak begitu boros.

Mobil ini juga memiliki panel surya yang terletak di atap kendaraan untuk pengisian baterai. Dengan begitu, pemilik kendaraan dapat mudah mengisi baterai kendaraan kala berkendara jauh, meski tidak ada stasiun pengisi daya.

Untuk kejadian darurat atau terjadi kerusakan pada baterai Oasis, pengendara bisa mengontak bengkel khusus Rinspeed terdekat untuk memesan baterai baru. Baterai itu akan diantarkan oleh robot trolli khusus ke tempat mobil terparkir.

Hanya saja, fitur ini belum bisa dikatakan sempurna. Sebab, baru bisa diaplikasikan di daerah sekitar pabrik Rinspeed dan masih pada tahap uji coba. Untuk mengaplikasikan secara luas, kiranya membutuhkan pengembangan lebih lanjut, khususnya terkait kondisi jalan.

Pada interiornya, Oasis memiliki perpaduan desain futuristik dan elegan. Berbalut kulit berwarna putih yang mengesankan kemewahan dan kenyamanan. Lalu, kesan futuristik nampak pada berbagai piranti pintarnya. Otak dari piranti pintar itu menggunakan sistem Harman yang menjadi otak kendaraan dan terintegrasi dengan beberapa piranti canggih lainnya yang terpasang di dalam mobil.

Kaca depan Oasis bukan sembarang kaca. Sebab, kaca tersebut merupakan layar interaktif selaiknya monitor komputer transparan. Pada layar itu terdapat beberapa fitur, seperti Global Positioning System (GPS), informasi jalan raya, hingga informasi lainnya di internet. Layar interaktif itu juga teraplikasi pada dashboard mobil sehingga beberapa informasi tersebut tidak mengganggu pandangan pengemudi ketika berkendara.

Sistem Harman itu juga mampu terintegrasi dengan ponsel pintar melalui aplikasi khusus. Melalui fitur itu, pengemudi bisa memprogram mobilnya langsung dari ponselnya. Sistem itu dilengkapi pula dengan fitur motion detector. Fitur ini memungkinkan pengemudi dan penumpang mengakses fitur-fitur canggih pada kendaraan hanya dengan melambaikan atau menggerakkan tangan pada alat khusus di bangku depan.

Fitur unik lainnya ialah ketika mode otomatis, kemudi mobil bisa dilipat dan diubah menjadi keyboard komputer. Fitur ini diperuntukkan bagi seseorang yang memiliki pekerjaan padat sehingga waktu di jalan bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Saat mode otomatis, mobil ini juga mampu membaca keadaan sekitarnya dan dapat meresponnya dengan responsif. Bahkan, ketika ada orang lain menyebrang tiba-tiba, mobil ini dapat langsung berhenti. Hal itu membuat mobil ini ramah terhadap pejalan kaki.

Dengan segala fiturnya itu, Oasis dapat dikatakan sebagai mobil listrik pertama dengan fitur kebun di dalamnya. Pengembangan mobil ini memang jauh dari konsep mobil listrik pada umumnya. Selain itu, berbagai fitur teknologi canggih pada mobil ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Oasis tidak hanya menunjukkan sisi uniknya. Sebagai mobil berteknologi tinggi, Oasis memiliki berbagai fitur hebat di dalamnya.

Meski demikian, pengembangan mobil ini untuk diproduksi massal masih sulit terjadi dalam beberapa tahun ke depan. Karena, fitur kebun mini dan teknologinya masih membutuhkan lingkup infrastuktur jalan berteknologi tinggi. Meski demikian, kehadirannya perlu diapresiasi sebagai hasil ikhtiar perkembangan teknologi canggih. Bukan tidak mungkin, pada saatnya nanti, mobil seperti ini dapat meledak di pasaran otomotif dunia. | Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia | Sumber : Rinspeed/Business Insider
 
Seni & Hiburan
31 Des 16, 10:27 WIB | Dilihat : 453
Tan Sri SM Salim Johan Musik Melayu
05 Des 16, 16:14 WIB | Dilihat : 659
Sabdo Pandito Rakjat, Memotret Kegaduhan Bangsa
25 Nov 16, 22:15 WIB | Dilihat : 466
Sting Menebar Pesan Damai di Bataclan
17 Nov 16, 12:59 WIB | Dilihat : 880
Dedikasi Jackie Chan Berbuah Oscar
Selanjutnya
Sainstek
10 Jan 17, 15:25 WIB | Dilihat : 154
Honda Kembangkan Teknologi Motor Pintar
23 Des 16, 05:31 WIB | Dilihat : 274
Menanti Kehadiran Penghasil Listrik Berteknologi Nano
16 Des 16, 07:34 WIB | Dilihat : 405
Oasis, Mobil Unik dengan Kebun Mini
11 Nov 16, 14:21 WIB | Dilihat : 879
Motochimp, Si Mungil yang Unik
Selanjutnya