Kereta Dorong Cerdas Untuk Si Kecil

| dilihat 2914

AKARPADINEWS.COM | KERETA dorong (stroller) menjadi kebutuhan bagi orang tua yang memiliki bayi atau balita. Dengan menggunakan stroller, orang tua dapat lebih mudah menjalani aktivitas rutinnya di rumah, sambil mengurusi si kecil.

Namun, tidak semua stroller dapat mengakomodasi aktivitas orang tua. Aktivitas jogging misalnya. Stroller umumnya, tak dapat mengimbangi mobilitas saat jogging. Stroller juga membuat repot karena harus dibawa secara manual.

Sekelompok ilmuan kreatif di New York, Amerika Serikat yang dipimpin Guillermo Morro, coba menawarkan stroller cerdas bernama Smartbe untuk mengatasi kendala itu. Morro dan timnya menyematkan beberapa teknologi canggih yang memungkinkan orang tua dan bayi nyaman menggunakan stroller tersebut.

Di empat rodanya, Smartbe memiliki motor yang dapat menggerakan stroller dengan nyaman dan tidak mengganggu bayi yang duduk maupun tidur di dalamnya. Stroller cerdas ini juga memiliki sensor gerak agar gerakannya dapat mengikuti gerakan orang tua yang mendorongnya.

Sensor gerak ini terintegrasi dengan aplikasi yang terdapat dalam ponsel pintar. Dengan begitu, sensor ini memungkinkan Smartbe mengikuti gerak orang tua bayi saat mengaktifkan aplikasinya.

Smartbe memiliki tiga fitur utama yang dapat diatur oleh orang tua. Pertama, fitur self-propelled mode atau otomatis penuh. Fitur tersebut memungkinkan Smartbe bergerak otomatis, tanpa perlu didorong orang tua.

Kedua, fitur assist-propelled mode atau fitur semi otomatis. Fitur ini membuat orang tua dapat mendorong stroller dengan bantuan motor yang ada di empat rodanya. Fitur ini sangat membantu orang tua bayi kala harus mendorong stroller saat menyusuri jalan yang mendaki menanjak sehingga lebih ringan untuk mendorong.

Ketiga, fitur manual. Dengan fitur ini, Smartbe dapat dioperasionalkan secara manual karena motor yang ada di empat rodanya akan dimatikan. Meski demikian, fitur rem otomatis tetap dapat difungsikan ketika ada kemungkinan yang membahayakan bayi seperti meluncur sendiri saat jalan turunan.

Smartbe juga dilengkapi kontainer botol susu. Di dalam kontainer itu terdapat teknologi untuk menghangatkan susu sehingga bayi dapat meminum susu selagi hangat. Stroller ini juga dapat diatur posisi duduknya sehingga ketika bayi ingin tidur, stroller akan merebahkan diri dengan otomatis maupun diatur oleh orang tua melalui ponsel pintarnya.

Di bagian dalam juga ada kamera yang memungkinan merekam gerak bayi ketika tidur dan memberitahukan orang tua ketika bayinya sudah terbangun. Tudung dan selimut untuk bayi dapat dikeluarkan dengan otomatis bila bayi membutuhkannya. Smartbe juga memiliki fitur pengaturan suhu. Fitur ini memungkinkan Smartbe menjaga suhu bayi sehingga tidak merasa kepanasan atau kedinginan. Dengan begitu, orang tua bayi tidak perlu membawa selimut untuk bayi.

Untuk melipat Smartbe, tidak pula merepotkan karena stroller ini dapat melipat dirinya sendiri hanya dengan memberi perintah dari ponsel pintar. Fitur ini juga memungkinkan Smartbe dilepaskan dari empat rodanya dan menjadi keranjang bayi yang dapat dibawa ke manapun tanpa roda.

Soal keamanan, Smartbe memiliki fitur alarm yang dapat diatur. Dengan begitu, ketika ada orang asing ingin menculik bayi dalam stroller, maka Smartbe akan berbunyi dan menghubungi ponsel pintar orang tua bayi. Stroller ini juga dilengkapi dengan sabuk yang dapat menjaga bayi agar tidak terjatuh dari stroller. Fitur tambahan lainnya adalah untuk mengisi kembali baterai ponsel dan lampu untuk menerangi jalan ketika malam hari.

Dengan beragam fitur dan teknologi tersebut, maka untuk memiliki Smartbe, harus berkocek tebal. Untuk fitur yang amat minimalis, Smartbe dibanderol dengan harga US$399 atau setara dengan Rp5,5 juta. Untuk tipe fitur terlengkap, Smartbe dibanderol dengan harga US$2.700 atau setara dengan Rp37 juta. Kehadiran Smartbe akan sangat membantu orang tua yang ingin beraktivitas bebas bersama si kecil. April 2017, Smartbe baru akan dilempar ke pasar.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia | Sumber : mashable.com/indiegogo.com/today.com
 
Sporta
07 Jul 23, 08:50 WIB | Dilihat : 1095
Rumput Tetangga
Selanjutnya
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 98
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 515
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 524
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 444
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya