BMW i8, Mobil Hybrid Berteknologi Tinggi

| dilihat 1811

AKARPADINEWS.COM | MENCIPTAKAN mobil ramah lingkungan sekaligus berkekuatan tinggi, telah diupayakan BMW selama beberapa dekade ini. Salah satu produk andalan BMW terbaru yang mengakomodir kebutuhan itu ialah BMW i8.

Mobil sport hybrid, itu terkesan mewah, dengan lekukan tajam di beberapa sudutnya. Tiap lekuk memiliki fungsi sebagai pembelah angin sehingga sangat aerodinamis dan tetap elegan. Mobil itu juga didesain sangat ringan sehingga dapat memaksimalkan potensi kecepatannya. Body BMW i8 ringan karena pabrikan asal Munich, Jerman itu menggunakan bahan Carbon Fibre Reinforced Plastic (CFRP).

Meski bahan tersebut ringan, bukan berarti rentan terhadap hantaman keras. Namun, bahan itu menjamin sustanbilitas. Apalagi, dengan rangka yang menggunakan aluminium.

Kesan sangar terlihat dari bentuk grill depan, yang mempertahankan ciri khas BMW. Grill depan itu juga menjadi ujung tombak pemecah angin. Pintu mobil ini juga didesain menarik dengan mengaplikasikan desain kupu-kupu (butterfly door). Tampilan interiornya, terutama pada tampilan dashboard-nya, juga terkesan mewah. Pada bagian speedometer, BMW menggunakan panel digital sehingga tampilannya begitu modern dan mempesona. Pada dashboard juga terdapat layar digital yang mempunyai fungsi entertaintment, yaitu radio dan pemutar musik.

Tiap panel dan tombol yang ada pun didesain dengan gaya futuristik. Hal itu juga teraplikasikan pada tombol di setir mobil. Tombol-tombol di atas setir mobil berkapasitas empat orang itu terintegrasi dengan iDrive yang merupakan sistem entertaintment. Dengan adanya iDrive, pengemudi dapat mengakses berbagai fitur pintar hiburan yang ada, termasuk telepon, navigasi, hingga fitur display informasi dan keadaan mobil.

Sebagai jantung kendaraan, BMW i8 memiliki dua jenis mesin yang memiliki daya luar biasa. Mesin pertama ialah Twin Power Turbo bersilinder tiga terpasang di bagian belakang kendaraan. Mesin itu memiliki kapasitas 231 tenaga kuda dan torsi maksimum 230 Nm.

Lalu, mesin kedua BMW i8 motor listrik yang mengaplikasikan teknologi eDrive sebagai penggerak sepasang roda depan. Mesin tersebut memiliki kapasitas daya pacu sebesar 131 tenaga kuda dan torsi maksimum sebesar 250 Nm. Sebagai sumber energi motor listrik tersebut, BMW menggunakan sistem baterai yang terletak di bagian tengah mobil.

Kekuatan motor listrik mampu membuat mobil ini melaju sekencang 120 kilometer per jam. Bila digabungkan dengan mesin Twin Power Turbo, maka kecepatannya jauh lebih besar, menghasilkan 356 tenaga kuda. Daya pacu itu ditunjang pula dengan total torsi maksimum hingga 570 Nm sehingga mobil ini mampu melaju hingga kecepatan maksimum di atas 250 kilometer per jam.

Dan, dengan menggunakan energi listrik, menjadikan mobil ini ramah lingkungan. Apalagi, sistem pengisian energi listriknya mengadopsi sistem plug in yang dapat mengisi energi listrik melalui port listrik.

BMW i8 juga ditunjang berbagai fitur keselamatan bagi para pengemudi dan penumpangnya. Untuk menjamin keselamatan, mobil ini menyediakan Antilock Braking System (ABS), Dynamic Stability Control (DSC), hingga Cornering Brake Control (CBC).

Seluruh fitur keselamatan pada BMW i8 itu menjadi kesatuan dalam sistem Life Drive. Dengan begitu, pengemudi dapat merasakan pengalaman berkendara dengan stabil, nyaman, aman, dan cepat. Kemampuan inilah yang menjadi keunggulan utama BMW i8 yang tidak dimiliki mobil sport lainnya. Kendaraan ini dibandrol dengan harga Rp3,5 miliar.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 417
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 992
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 226
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 705
Momentum Cinta
Selanjutnya
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 706
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 864
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 817
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya