Anti Rasuah

Duh..Menteri Agama Suryadharma Ali Tersangka Korupsi

| dilihat 1081
Foto:Antara
 
 
JAKARTA, AKARPADINEWS.Com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menemukan alat bukti yang cukup untuk menyeret Menteri Agama Republik Indonesia, H.Suryadharma Ali (SDA) sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012 - 2013 senilai lebih dari Rp 1 triliun. Meski status telah ditetapkan namun sang menteri itupun belum di tahan.
 
Hal itu terlihat ketika Suryadharma Ali mengelar jumpa pers di Kementerian Agama, Jumat (23/5), di mana SDA menyangkal bahwa dirinya bersalah, sesuai yang disangkakan oleh KPK. Status tersangka tersebut, katanya sebuah kesalahpahaman. Kini, pihak KPK masih terus menyelidiki kasus ini dengan mengumpulkan banyak dokumen dari Kementerian Agama.
 
Sebelumnya, KPK memeriksa SDA sebagai saksi namun dalam pengembangan penyidikan diakui KPK dalam penetapan status tersangka dalam rilisnya Kamis (22/5), bahwa Komisi KPK menemukan minimal dua alat bukti yang cukup untuk meningkatkan status kasus tersebut ke penyidikan. Dalam kasus ini, KPK menetapkan SDA (Menteri Agama Republik Indonesia) sebagai tersangka.
 
Tersangka SDA selaku Menteri Agama diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012 – 2013 dengan anggaran di atas Rp 1 triliun.
 
Atas perbuatannya, SDA disangkakan melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana jo. Pasal 65 KUHPidana.
 
Prabowo Angkat Bicara
 
 
Menteri Agama yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, belakangan ini menjadi sorotan media. Pasalnya, aksinya mendukung calon presiden(capres) dari partai Gerindra di awal Pemilihan Legislatif, dengan hadir dalam kampanye Prabowo sempat menyulut kemarahan sebagian anggota partai Kabah, Rapat Nasional pun di gelar secara alot, yang akhirnya menyepakati mendukung mantan Danjen Kopassus itu sebagai capres mendatang.
 
Prabowo Subianto memberikan pernyataan pembelaanya kepada SDA yang merupakan politisi pendukung utama koalisi partainya. “Saya tidak percaya Suryadharma Ali sesuai yang disangkakan,”kata Prabowo dikutip dari media di Jakarta.”Saya berharap KPK menyelidiki dengan sebaik-baiknya.”
 
Aroma korupsi di Kementerian Agama ini memang sudah lama terendus mulai dari kuota haji, masalah transportasi hingga penyediaan sarana pemukiman dan penyediaan konsumsi terus jadi masalah, yang berujung kesemrawutan penyelenggaraan haji.
 
Kini, kita tunggu saja kelanjutan penyidikan ini dan berharap kasus di Kementerian Agama yang sudah lama jadi sorotan ini bisa diungkap kebenarannya oleh KPK.
 
Editor : Web Administrator
 
Sainstek
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 1051
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
08 Nov 19, 23:07 WIB | Dilihat : 1462
Kebijakan Perikanan Belum Berbasis Sains yang Utuh
26 Agt 19, 10:46 WIB | Dilihat : 648
Daya tarik Magnetis Monza SP2 Ferrari
30 Okt 18, 00:11 WIB | Dilihat : 1074
Menerima Realitas Kecelakaan Lion JT610
Selanjutnya
Budaya
03 Apr 20, 13:47 WIB | Dilihat : 50
Menghidupkan Kecerdasan Lokal
22 Mar 20, 10:39 WIB | Dilihat : 286
Jarak Budaya - Jarak Sosial dan Paradoks Kemanusiaan
28 Jan 20, 09:32 WIB | Dilihat : 327
Saatnya Geli dan Terbahak
Selanjutnya