Pipa Pertamina Terbakar di Lokasi Proyek Kereta Api Cepat

| dilihat 838

Bandung, akarpadinews | Pipa saluran bahan bakatr minyak (BBM) Pertamina terbakar dan menimbulkan kebakaran hebat.

Pipa yang melintang di desa Mancong - Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat, itu bocor dan terbakar akibat terkena bored pile PT KCIC (Kereta api cepat Indonesia China), sehingga terbakar.

Salah seorang anggota masyarakat yang menyaksikan peristiwa, itu menyebut terjadi ledakan disertai dengan kobaran api yang membubung dengan asap gelap pekat.

Pipa yang terkena bored pile PT KCIC, itu merupakan pipa bahan bakar Pertamina yang menghubungkan Bandung - Cilacap, seperti ungkap Corporate Communication & Community Development Group Head, Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis kepada media, Selasa (22/10).

Lokasi peristiwa kebakaran hebat, itu memang terjadi di lokasi pekerjaan Kereta (separuh) Cepat Jakarta - Bandung PT KCIC. Persisnya t di Km 130 Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi, Jawa Barat.

Akibat kecelakaan, itu seperti dikabarkan Kompas.TV, seorang operator alat berat PT KCIC berkewarganegaraan China, meninggal dunia. Informasi itu belum terkonfirmasi.

Dwimawan hanya menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Jasa Marga Cabang Purbaleunyi dan pihak kepolisian setempat untuk melakukan rekayasa lalu lintas. Karena pengguna tol yang padat, sangat terganggu kenyamanannya akibat peristiwa itu.

Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi saat berita ini ditulis, ditutup. Pengguna jalan yang menuju Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi dialihkan ke Gerbang Tol (GT) Baros dan GT Pasteur.

Rekayasa lalu lintas juga dilakukan di Jalan Tol Padaleunyi ke arah Jakarta dibuka kondisional untuk bahu jalan dan lajur 1.  

"Saat ini proses penanganan kebakaran oleh pihak terkait masih berlangsung. Tidak ada korban dari pengguna jalan. Hingga informasi ini diberikan pada pukul 16.30 WIB, Jasa Marga masih terus memonitor kondisi di lapangan," jelas Dwimawan.

Selaras dengan peristiwa, itu Fajriah Usman, VP Corporate Communication Pertamina fokus pada penanganan Pipa di Tol Padalarang.

Dijelaskan secara tertulis oleh divisi komunikasi Pertamina, peristiwa kebakaran tersebut terjadi pada pipa yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang, tepatnya di pinggir jalan tol Padalarang - Buah Batu KM 130.

Pertamina bergerak cepat. Aliran BBM di pipa tersebut sudah dihentikan sementara dan sigap berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat.

Pertamina memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya aman. Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam tahap investigasi. Kami meminta maaf atas ketidaknyamaman dari dampak kebakaran ini.

Diketahui, pipa BBM milik Pertamina di Jalan Mancong RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, itu diduga pecah dan langsung terbakar pada pukul 14.00.

Pertamina sudah mempunyai sistem tersendiri untuk mengatasi kasus-kasus kecelakaan, seperti terbakarnya pipa BBM. Sebagaimana perusahaan energi berkelas dunia lainnya, Pertamina bisa dipastikan bergerak cepat dan berkoordinasi dengan pemadam kebakaran pemerintah daerah.

Termasuk menggunakan beragam media untuk menekan atau memadamkan api di berbagai lapangan. Selain menghentikan aliran pasokan BBM yang sedang berlangsung, seperti terlihat dalam siaran langsung berbagai stasiun televisi, pemadaman juga menggunakan air, busa, gas dan bahan kimia. | budi

Editor : bungsem | Sumber : Pertamina, KCIC dan sumber lain
 
Seni & Hiburan
19 Nov 19, 12:43 WIB | Dilihat : 405
Pergelaran Distraksi Menyelami Dimensi Sosial yang Luruh
06 Sep 19, 22:46 WIB | Dilihat : 305
Puisi Puisi N. Syamsuddin Ch Haesy
18 Agt 19, 21:05 WIB | Dilihat : 1143
Kemerdekaan Adalah Jiwa Raga Sehat Tegakkan Keadilan
Selanjutnya
Sainstek
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 137
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
08 Nov 19, 23:07 WIB | Dilihat : 1290
Kebijakan Perikanan Belum Berbasis Sains yang Utuh
26 Agt 19, 10:46 WIB | Dilihat : 463
Daya tarik Magnetis Monza SP2 Ferrari
30 Okt 18, 00:11 WIB | Dilihat : 898
Menerima Realitas Kecelakaan Lion JT610
Selanjutnya