Diawali Joy Flight dan Doa Anak Yatim

Terminal Baru Bandar Udara Internasional Sepinggan Dioperasikan

| dilihat 5048

BALIKPAPAN, AKARPADINEWS.COM | Bandara Internasional Sepinggan – Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai dioperasikan, Sabtu (22/3), diawali dengan joy flight dan syukuran bersama anak yatim pada Jum’at (21/3). General Manager Angkasa Pura Airports – Balikpapan, Wendo Asrul Rose mengemukakan kepada akarpadinews.com. Syukuran menjelang pengoperasian bandara yang kelak bernama bandar udara internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) – Sepinggan, ini akan melibatkan 1100 anak yatim di Balikpapan.

Bandara Internasional SAMS – Sepinggan ini merupakan bandar udara pertama di Indonesia yang terminal utamanya memadukan konsep boutique mall dan boutique airport. Bangunan terminal ini didesain oleh seorang senirupawan lulusan LPKJ (Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta) yang kini bernama IKJ. Seniman itu adalah Benyamin Aris Nugroho, berusia 41 tahun.

Konsep bandar udara ini, menurut Ben, sudah mempertimbangkan arus migrasi dan mutasi 19 juta penumpang dan pengunjung bandara per tahun. Mulanya didesain hanya untuk merespon perkembangan arus migrasi sampai 7 juta orang per tahun. Namun, melihat perkembangan dan kesibukan bandar udara ini, Direktur Utama Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo, meminta rancangan itu diubah untuk merespon pertumbuhan penumpang dan pengunjung sampai 10 juta orang per tahun.

Wendo menjelaskan, bandar udara ini juga merupakan bandar udara pertama di Indonesia yang dikendalikan oleh suatu sistem terpadu melalui Airport Operation Data Base (AODB) secara terintegrasi. Selain menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara, bandara internasional ini juga dilengkapi dengan kamera pendeteksi asap yang sangat peka. “Siapa saja yang merokok di areal utama bandar udara ini, di luar area yang diizinkan akan ketahuan, dan petugas di master control akan langsung memberi peringatan.”

Meskipun demikian, terminal bandar udara ini merupakan paduan hub transportasi udara, mall, dan entertainment zona. “Kelak masyarakat Balikpapan dapat mendapatkan ruang katarsis di bandar udara ini,” tukas Wendo, yang sedang menyiapkan calendar of event kegiatan seni yang sekaligus menggambarkan realitas Balikpapan dan Kaltim sebagai sentra energi dan pertambangan utama di Indonesia. Termasuk sebagai outlet bagi informasi tentang konservasi hutan, termasuk orang utan dan beruang madu. “Pada perkembangannya nanti, sesuai dengan isyarat Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, bandara internasional SAMS Sepinggan akan menjadi pintu gerbang Indonesia dengan Asia Timur.

“Kita akan siapkan menjadi hub transportasi udara dari Asia Timur ke Indonesia melalui Balikpapan,” ungkap Gubernur Awang Faroek Ishak kepada akarpadinews.com. Dikatakannya, bandara internasional SAMS Sepinggan ini merupakan kebanggaan bagi Kalimantan Timur. Apalagi, menurut Wendo, sebagai green building, dari seluruh aspeknya, bandara ini sudah masuk silver grade. “Ini bandar udara yang paling sedikit menggunakan kayu,” jelas Wendo.. Ia juga menjelaskan dengan bangga, bandar udara internasional Sepinggan merupakan seratus persen karya anak bangsa, dan merupakan terminal baru ketiga yang dibangun Angkasa Pura Airports untuk mencapai visi sebagai salah satu pengelola bandara udara terbaik di Asia. | Bang Sem

 

Editor : Web Administrator
 
Humaniora
02 Apr 24, 22:26 WIB | Dilihat : 423
Iktikaf
31 Mar 24, 20:45 WIB | Dilihat : 995
Peluang Memperoleh Kemaafan dan Ampunan Allah
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 231
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 707
Momentum Cinta
Selanjutnya
Polhukam
16 Apr 24, 09:08 WIB | Dilihat : 226
Cara Iran Menempeleng Israel
14 Apr 24, 21:23 WIB | Dilihat : 230
Serangan Balasan Iran Cemaskan Warga Israel
05 Mar 24, 04:23 WIB | Dilihat : 427
Tak Perlu Risau dengan Penggunaan Hak Angket DPR
Selanjutnya