Grup Dunia Piala Davis

Jepang Tanpa Kei Nishikori, Ceko Lebih Berpeluang Menang di Davis

| dilihat 1204
Kei Nishihori. Foto: IST
 
 
TOKYO, AKARPADINEWS.Com  - Tim Piala Davis Republik Ceko berpeluang menang atas tim Piala Davis Jepang di babak perempatfinal grup dunia. Dalam pengundian (drawing ) pada Kamis (3/4), tercatat peringkat dunia dari tim Ceko lebih baik ketimbang tim Davis Jepang. Apalagi, Jepang tak diperkuat oleh petenis nomor satunya, Kei Nishikori yang mundur dari laga ini karena cidera.
 
Tanpa diperkuat petenis terbaiknya juga dialami tim Republik Ceko, di mana tim yang akan jadi lawan Jepang ini tak akan diperkuat oleh petenis nomor satu mereka, Tomas Berdych, yang mengalami cidera ketika laga di Miami.
 
Tanpa Nishikori dan Berdych, Ceko lebih diunggulkan karena petenisnya memiliki peringkat lebih baik dari tim Jepang, seperti Lukas Rasol berada diperingkat 40, Radek Stapanek (47), Jiri Vesely (67) dan Jan Hajek pada peringkat 125. Sedangkan tim Jepang diperkuat oleh Go Soeda  peringkat 134 . Tatsuma Ito (146), Taro Daniel (190) dan peringkat 268, Yasutaka Uchiyama.
 
Bagi Jepang, tampil di perempatfinal Piala Davis adalah yang pertama sejak tahun 1935 lawan juara bertahan dua kali Republik Ceko, yang akan digelar di Tokyo Ariake Colosseum pada 4-6April 2014. Sedangkan  Ceko adalah juara dua kali Piala Davis.
 
Partai Jepang dan Ceko ini akan diawali dengan laga di nomor tunggal antara Tatsuma Ito vs Radek Stepanek, Tori Daniel vs Lukas Rosol. Kemudian di nomor ganda :  Tatsuma Ito/Uchiyama vs Stepanek/Vesely,  Tatsuma Ito v Lukas  Rosol,  Tori Daniel vs Radek Stepanek,
 
Kapten tak bermain Ceko, Jaroslav Navratil, dikutip dari ATP menyatakan hanya tiga pemain yang berlaga di lapangan  karena  Jan Hajek  mengalami cidera kaki.
“Siapa yang bermain tak menjadi masalah. Kami hanya berkonsentrasi pada permainan dan meraih tiga poin pada Minggu nanti,”kata Navratil. “ Di Davis soal peringkat  tak jadi masalah. Jepang adalah tim yang kuat.”
 
Kubu Jepang, dikatakan Kapten Minoru Ueda, bahwa timnya akan melakukan yang terbaik dalam setiap kesempatan yang mereka hadapi. Meskipun hanya menurunkan tiga pemain lantaran Soeda mengalami sakit.“Apapun bisa terjadi,”tambah Ueda.”Kita telah mengubah anggota tim, sekaligus mengubah pemain. Setiap pemain berusaha keras melakukan yang terbaik.”
 
Sementara petenis peringkat 40 asal Ceko, Lukas Rosol, menyatakan tanpa Berdych, dia optimis timnya bisa lolos ke semifinal grup dunia ini. “Kita datang sebagai tim underdog, tetapi lihat sekarang kita jadi favorit,”tandas Rosol. ‘Apapun bisa terjadi di Piala Davis di mana banyak pemain tak bisa bermain di sini karena cidera. Kami berpikir kami akan bisa ambil tiga poin pada Minggu.”
 
Optimisme juga dilontarkan petenis Jepang, Tatsuma Ito, yang berada di peringkat 146,  yang bermain di nomor tunggal menggantikan Nishikori dan Soeda yang sedang sakit. “Saya akan bermain menyerang dan agresif,”kata Ito. ”Saya bermain di awal pertandingan. Saya pastinya akan gugup tetapi mencoba bermain dengan baik.”
 
Tatsuma Ito. Foto: IST
 
 
Mundurnya Kei dan Tomas
 
Kei Nishikori menderita cidera pangkal paha yang ia dapati ketika menang lawan Roger Federer di perempat final Sony Terbuka di Miami, pekan lalu. Karena cidera kambuhan itu, petenis 24 tahun ini pun harus rela mundur dan memupuskan ambisinya menghadapi Novak Djokovic di semifinal dan kini di Davis Cup. Posisinya digantikan oleh petenis 21 tahun, Taro Daniel. 
 
Seperti ketika di Miami, Kei menyatakan menyesal tak bisa ikut tampil di semifinal Miami dan Davis Cup. "Ini adalah situasi yang sangat sulit bagi saya. Ini adalah perempat final pertama kami dan kami punya peluang untuk menang," tambahnya.
 
Penganti Nishikori, Taro Daniel adalah petenis peringkat 190 dan baru pertama memperkuat tim Davis. “ Saya baru diberitahu Sabtu lalu dan harus membuat keputusan cepat tetapi saya bahagia bisa bermain di sini dan ini kesempatan baik buat saya untuk ke depan” jelas Daniel.
 
Bagi Nishikori mundur dalam laga turnamen sudah 14 kali  dilakukan dalam karier tenisnya, termasuk tiga kali dalam turnamen Grand Slam . Ia juga mengatakan tak mau melakukan operasi tetapi terus berupaya agar segera pulih kembali. Sementara itu, Tomas Berdych juga mengalami cedera saat bertanding di perempat final Miami menghadapi Alexandr Dolgopolov. Berdych juga mundur dari laga semifinal melawan Rafael Nadal karena cedera gastroenteritis dan  Piala Davis.
 
Jadwal Piala Davis Jepang vs Ceko:
Jumat: 4 April :1. Tatsuma Ito (JPN) v Radek Stepanek (CZE) 2. Taro Daniel (JPN) v Lukas Rosol (CZE)
Sabtu 5 April :3. Tatsuma Ito/Yasutaka Uchiyama (JPN) v Radek Stepanek/Jiri Vesely (CZE)
Minggu 6 April: 4. Tatsuma Ito (JPN) v Lukas Rosol (CZE)5. Taro Daniel (JPN) v Radek Stepanek (CZE)
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Sporta
22 Okt 19, 13:15 WIB | Dilihat : 1146
Pertamax Turbo Ajak Konsumen ke Sirkuit F2 Abu Dabi
03 Sep 18, 12:41 WIB | Dilihat : 1996
Olahraga dan Pelukan Pemersatu
16 Jul 18, 10:16 WIB | Dilihat : 1676
Keajaiban dan Luah Gairah Kemenangan Perancis
Selanjutnya
Budaya
20 Jul 20, 00:16 WIB | Dilihat : 243
Dimensi Kata di Tangan Sapardi Djoko Damono
06 Jul 20, 09:30 WIB | Dilihat : 363
Puisi, Pandemi dan Kisruh Logika Publik
Selanjutnya