Chevrolet-Toyota Suguhkan Mobil Keluarga

| dilihat 2487

AKARPADINEWS.COM | AJANG Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 digelar untuk merespons kebutuhan pasar otomotif di Indonesia. Di ajang itu, berbagai pabrikan unjuk gigi dengan memamerkan berbagai produk otomotif terbarunya untuk menarik minat pengunjung untuk membelinya (Baca: Industri Otomotif Harus Lebih Inovatif).

Chevrolet misalnya. Pabrikan asal Amerika Serikat (AS) itu memajang mobil keluaran terbarunya bernama Chevrolet Trax.Mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) mini itu cocok untuk pengendara yang sering menjelajahi jalur perkotaan. Trax sebagai keluarga baru Chevrolet Indonesia bermesin Ecotec 1,4 liter, yang dilengkapi dengan Turbocharger dan Dual CVCP (Continuous Variable Cam Phasing).

Teknologi Turbocharger itu memungkinkan mesin Trax yang berkapasitas 1400 cc, terasa seperti mobil berkapasitas 2000 cc. Sedangkan, teknologi Dual CVCP, memudahkan Trax bermanuver ciamik saat merayap di jalan. Mesin Ecotec tersebut juga berteknologi Multi Point Fuel Injection sehingga bahan bakarnya lebih hemat.

Dengan mesin itu, Trax memiliki tenaga sebesar 140 ps/4900-6000 rpm dan torsi sebesar 200 nm/1850-4900 rpm. Kapasitas itu cukup besar untuk Trax yang merupakan mobil SUV Mini.

Dari segi eksterior, Trax panjangnya 4248 mm, lebar 2035 mm, dan tinggi 1674 mm. Trax memang terlihat mungil untuk ukuran SUV. Namun, desainnya lembut, dengan lekukan halus di tiap bagian body-nya.

Meski berukuran mungil dan berdesain lembut, mobil ini tidak kehilangan kesan gagah, khas mobil AS. Trax dipoles menjadi sangat maskulin dengan roda berdiameter 16, untuk tipe 1,4L LT AT, dan 18, untuk tipe 1,4L LTZ AT. Perpaduan itu menjadikan Trax sedikit bongsor.

Desain lembut juga terlihat di bagian interior. Kelembutan yang terlihat dari mulusnya dashboard dan interior-interior lainnya. Kursinya pun terkesan elegan dan nyaman bagi pengendara dan penumpang. Selain itu, dengan kapasitas bangku lima orang, bagian dalam Trax terasa sedikit lega.

Sebagai SUV Mini, Trax memiliki kapasitas bagasi yang tidak terlalu besar. Untuk membawa barang-barang belanjaan mungkin cukup memadai. Namun, bila harus membawa barang besar, bangku bagian belakang harus dilipat sehingga memperlebar ruang untuk barang-barang.

Kelebihan lain Chevrolet Trax ialah fitur keselamatan berkendaranya. Mobil ini memiliki enam airbag yang dapat menggelembung bila terjadi kecelakaan. Dua terdapat di depan, dua di bagian samping kiri kanan atas, dan dua di bagian samping kiri kanan bawah. Dengan begitu, bila terjadi kecelakaan, yang terselamatkan bukan hanya pengendara dan penumpang di depan melainkan juga penumpang di belakang.

Dengan segala fiturnya, Chevrolet Trax amat cocok untuk sebuah keluarga kecil, dengan anak satu atau dua. Karena, di bagian belakang, dimensinya akan terasa luas untuk anak-anak sehingga mereka tidak perlu duduk berdempetan satu dengan lainnya. Chevrolet Trax dibanderol Rp267 juta untuk tipe 1,4L LT AT dan Rp291 juta untuk tipe 1,4L LTZ AT.

Selain Chevrolet, pabrikan lainnya yang menampilkan produk mobil terbarunya ialah Toyota. Pabrikan asal Jepang itu menunjukkan mobil terbarunya yang bernama Toyota Sienta. Mobil ini memiliki empat jenis varian, yakni E Grade, G Grade, V Grade, dan Q Grade.

Keempat tipe Sienta itu memiliki mesin bertipe 2NR-FE dengan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Dengan teknologi ini, mesin berkapasitas 1500 cc itu mampu mengakomodir konsumsi bahan bakar dengan optimal terhadap daya pacunya. Dengan begitu, konsumsi kendaraan menjadi irit tanpa mengurangi potensi kekuatan mesin.

Mesin Sienta ini memiliki kapasitas tenaga sebesar 107 ps/6000 rpm dan torsi 142 nm/4200 rpm. Dengan begitu, mesin Sienta cukup bertenaga untuk ukuran mobil yang panjang. Mobil ini memiliki panjang 4235 mm, lebar 1695 mm, dan tinggi 1695 mm.

Soal transmisi, untuk tipe E, G, dan V Grade terdapat pilihan manual 6 percepatan atau otomatis 7 percepatan yang dilengkapi dengan teknologi CVT dan Sport Sequental Shiftmatic. Sedangkan untuk tipe Q Grade hanya tersedia transmisi bertipe otomatis 7 percepatan yang dilengkapi dengan teknologi CVT dan Sport Sequental Shiftmatic.

Untuk tipe transmisi otomatis, keberadaan teknologi CVT berfungsi menjaga kestabilan mesin dan kendaraan kala tengah berbelok di jalanan yang menikung. Sedangkan Sport Sequental Shiftmatic menjaga kestabilan pergantian tingkatan kecepatan dengan halus. Dengan begitu, Sienta dapat dikendalikan dengan mudah dan stabil oleh pengendaranya.

Untuk desain eksterior, Toyota Sienta amat terlihat sebagai mobil keluarga. Dengan desain yang lembut ditambah pintu belakang bertipe slide door, Sienta amat ramah digunakan sebagai mobil keluarga. Meski demikian, mobil ini memiliki kesan futuristik karena desain lampu depan dan belakangnya.

Pada bagian interior, kesan mobil keluarga semakin kental. Mobil ini memiliki ruang dalam yang luas dengan komposisi bangku berjumlah tujuh orang. Dengan kapasitas itu, sudah pasti mobil ini mampu mengangkut sebuah keluarga yang cukup besar. Sienta juga dilengkapi dengan dua airbag di bagian depan.

Selain itu, untuk tipe V dan Q Grade, terdapat banyak kantung-kantung, yang berada di bagian belakang bangku depan, pinggir pintu, dan dashboard depan sehingga dapat digunakan untuk menaruh tempat minum maupun benda lain.

Kapasitas bagasi ketika seluruh bangku tidak terlipat memang tidak cukup besar. Cukup untuk mengangkut beberapa kantong belanjaan atau tas sekolah anak. Namun, bila bangku belakang dan tengah dilipat, mobil ini dapat dimasukkan dua sepeda gunung.

Kesan futuristik juga terdapat pada speedometer dan beberapa panel AC di depan. Sienta mengadopsi pola AC tengah dari Toyota Avanza. Dengan begitu, kesejukan AC Sienta dapat terbagi menyeluruh hingga bangku belakang.

Untuk soal harga, mobil ini cukup terjangkau bagi keluarga kecil yang ingin memiliki mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Harga yang dibanderol untuk Sienta termurah berharga Rp230 juta dan yang termahal Rp290 juta. Sienta dapat menjadi alternatif bagi keluarga kelas menengah yang ingin memiliki mobil keluarga.

Chevrolet dan Toyota, keduanya mengeluarkan produk baru yang memfokuskan mobil keluarga. Dua pabrikan itu sangat cermat membaca keinginan keluarga di Indonesia yang biasanya menginginkan kendaraan yang aman dan nyaman, dengan harga yang relatif terjangkau.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia
 
Lingkungan
17 Jul 20, 00:15 WIB | Dilihat : 202
Budaya Pesisir dan Budaya Sungai Bertemu di Ancol
11 Jul 20, 20:32 WIB | Dilihat : 365
Nikmati Ancol, Cocol yang Ngocol
21 Jun 20, 12:43 WIB | Dilihat : 302
Jangan Lelah Mewujudkan Jakarta Tangguh
04 Apr 20, 21:16 WIB | Dilihat : 434
Gubernur Anies Serukan Warga Pakai Masker
Selanjutnya
Energi & Tambang