Kopi Luwak Cikole Lembang - Wisata Edukasi Kopi

| dilihat 478

 

Kopi Luwak Cikole Lembang - Wisata Edukasi Kopi

Kopi luwak terbuat dari biji kopi yang diambil dari sisa kotoran musang atau yang sering disebut luwak ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Kopi luwak juga diyakini memiliki rasa yang berbeda dari jenis kopi lainnya. Hal ini dikarenakan, kopi luwak sudah melewati proses enzimatisasi di dalam perut luwak. Dan kini, Anda bisa menikmati jenis kopi tersebut di Kopi Luwak Cikole Kabupaten Bandung Barat.

Kopi luwak dianggap memiliki kandungan yang ramah atau aman bagi tubuh. Kandungan lemak, kafein, protein, dan asam yang minim di kopi luwak ini dipercaya aman dikonsumsi oleh penderita maagh, penyakit jantung, hingga penderita hipertensi. Itulah sebabnya, eksistensi kopi luwak semakin hari semakin meningkat dikalangan penikmat kopi dewasa ini.

Dalam perkembangannya, Kopi Luwak Cikole ini tidak memproduksi kopi luwak dalam skala luas. Hal ini dikarenakan pengelola tidak mengeksploitasi luwak-luwak yang ada di penagkaran. Luwak-luwak disini hanya ditangkarkan hingga mencapai usia 7 tahun dan setelahnya akan dikembalikan lagi ke alam bebas.

Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya ramai pada hari libur saja, pada hari kerja pun ramai di kunjungi para wisatawan yang didominasi oleh wisatawan asing. Menurut Kang Maman jumlah pengunjung 90% berasal dari wisatawan asing dan 10% wisatawan lokal. Keunikan dan rasa khas dari kopi luwak yang diproduksi langsung di tempat ini membuat banyak pengunjung tidak pernah bosan datang ke tempat ini. Bahkan, tidak jarang wisatawan asing mencicipi dan melihat langsung proses pembuatan kopi luwak, dari mulai pencucian, penyortiran, penggilingan, hingga penyajian kopi luwak khas Cikole.

Untuk bisa mencicipi kenikmatan dari kopi luwak khas Cikole ini, pengunjung diharuskan merogoh kocek Rp 50.000.  Bagi Anda yang ingin melihat penangkaran luwak dan proses pembuatan kopi luwak, tempat yang berlokasi di Jl. Nyalindung No. 9 Kampung Babakan Desa Cikole Kecamatan Lembang.

 
 
Budaya
18 Mei 19, 01:58 WIB | Dilihat : 344
Gubernur Anies di Sela Ifthar Bamus Betawi
24 Mar 19, 21:09 WIB | Dilihat : 387
Sepercik Ihwal Kelembagaan Kebudayaan
11 Mar 19, 08:08 WIB | Dilihat : 368
Hermawan Kertajaya Memandang Betawi sebagai Peradaban
Selanjutnya
Sainstek
30 Okt 18, 00:11 WIB | Dilihat : 567
Menerima Realitas Kecelakaan Lion JT610
19 Jul 18, 09:52 WIB | Dilihat : 1387
Volante Vision, Visi Kendaraan Udara Aston Martin
20 Feb 18, 12:07 WIB | Dilihat : 2289
Tragedi Archimides di Tangan Serdadu
10 Jan 17, 15:25 WIB | Dilihat : 992
Honda Kembangkan Teknologi Motor Pintar
Selanjutnya