Kemana Pep Guardiola Berlabuh?

| dilihat 1707

AKARPADINEWS.COM | JOSEP “Pep” Guardiola menjadi buruan beberapa klub sepakbola terkemuka di Eropa. Semenjak memutuskan untuk meninggalkan Bayern Munich di akhir musim ini, berbagai klub berlomba mendapatkan tanda tangannya.

Namun, hingga kini, pelatih yang karib disapa Pep itu belum menentukan untuk melatih tim manapun. Spekulasi pun bertebaran. Dua klub Liga Premier Inggris yaitu Manchester United dan Manchester City disebut-sebut tertarik mendapatkan tanda tangan mantan pelatih Barcelona tersebut.

Kedua klub asal Kota Manchester tersebut membutuhkan pelatih handal lantaran anjloknya performa di musim ini. Manchester United, klub berjuluk Setan Merah tersebut sedang dalam performa terburuknya dalam beberapa musim belakangan setelah ditinggalkan Sir Alex Ferguson.

Di tangan David Moyes dan kini Van Gaal, Manchester United seakan kehilangan taringnya di dataran Inggris. Di musim ini, Manchester United pun sepertinya sulit mengalahkan performa apik Arsenal dan Leicester City. Kedua tim itu tengah memperebutkan puncak klasemen. Di laga terakhir Liga Premier musim ini, Manchester United harus mengakui kehebatan Stoke City, 2-0 tanpa balas. Kekalahan itu yang memaksa Van Gaal angkat kaki dari Old Trafford.

Selain membidik Pep, Manchester United juga mengincar Jose Mourinho yang dipecat Chealsea pada 17 Desember 2015 lalu. “The Special One” dikabarkan memiliki kans kuat untuk merapat ke kubu setan merah.

Lalu, bila dilihat dari performa Manchester City, kinerja Manuel Pellegrini juga tidak begitu buruk. The Citizen masih mampu bersaing, baik di Liga Premier maupun Liga Champions Eropa. Di Liga Inggris, City masih bertengger di peringkat ketiga dan masih memiliki kans untuk merangsek naik ke puncak klasemen.

Namun, manajemen Manchester City ingin Piala Champions Eropa diraih. Ambisi itu membuat posisi Pellegrini terancam. Hal itu yang kemudian memunculkan isu jika manajemen Manchester City akan mendatangkan Guardiola. The Citizen memang selalu terjungkal saat berlaga di Liga Champions.

Guardiola juga memiliki kans merapat ke Manchester biru karena keberadaan mantan direktur eksekutif Barcelona, yakni Txiki Begiristain dan Ferran Soriano. Keduanya pernah berkerjasama dengan Pep untuk melatih Barcelona. Lewat Begiristain dan Soriano, Manchester City dikabarkan akan melobi pelatih berkepala plontos tersebut.

Selain dua klub top Inggris tersebut, Paris Saint Germain yang merupakan klub top Perancis juga disinyalir akan ikut dalam persaingan mendapatkan Guardiola. Di akhir musim ini, pelatih Laurent Blanc akan habis masa kontraknya.

PSG pun ingin menaikkan pamornya. Sampai-sampai, PSG masih belum menyerah untuk mendatangkan Lionel Messi. Dengan mendatangkan Guardiola ke Paris, akan menjadi strategi Les Parisiens untuk mendatangkan Messi. Karena, Guardiola dan Messi memiliki kedekatan sejak bersama membela Barcelona.

Meski demikian, kabar PSG mendatangkan Guardiola ditampik Josep Maria Orobitg, agen Guardiola. Orobitg mengatakan, presiden klub PSG belum memulai pembicaraan perihal Guardiola. “Saya tidak pernah ada pembicaraan dengan Presiden PSG, tidak sekarang ataupun beberapa waktu yang lalu. Saya memang pernah bertemu dengan direktur olahraga, Olivier Letang. Namun, pembicaraan itu seputar pemain yang ada dalam list saya. Kami tidak pernah membicarakan Pep dan PSG tidak pernah menanyakan tentang rencananya ke depan,” ujarnya seperti dilansir Bleacherreport, Senin (28/12).

Orobitg justru menduga, Guardiola bakal merapat ke Liga Premier Inggris. “Dia (Pep) belum mengatakan apa-apa. Namun, dengan keadaan yang ada, ada kemungkinan besar Liga Premier menjadi pilihan. Mungkin, dua atau tiga bulan dari sekarang, dia akan memberitahu,” katanya.

Jika Guardiola melatih di tanah Ratu Elizabeth tersebut, maka ada kemungkinan ritme permainan cepat khas sepakbola Inggris, diubah oleh Pep yang terbiasa menerapkan strategi Tiki-Taka seperti saat mengasuh Barcelona. Karakteristik permainan cepat Inggris itu menjadi tantangan bagi pelatih berusia 44 tahun tersebut. Bisa jadi, Pep akan memberikan warna baru di Liga Inggris.

Spekulasi ke mana Guardiola berlabuh menarik disimak. Karena, pelatih yang berhasil membawa Barcelona berjaya di Liga Spanyol dan Eropa itu, bertangan dingin dalam memoles permainan tim yang diasuhnya hingga menjadi juara. Tunggu saja perjalanan Guardiola selanjutnya.

Muhammad Khairil

Editor : M. Yamin Panca Setia | Sumber : Manchester Evening News/Bleacher Report/Goal
 
Ekonomi & Bisnis
31 Agt 21, 19:09 WIB | Dilihat : 329
Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Lokal
14 Mar 21, 23:46 WIB | Dilihat : 414
Sindroma Ambivalensia
16 Des 20, 07:56 WIB | Dilihat : 585
Peta Bank Syariah di Indonesia Berubah
Selanjutnya
Energi & Tambang
29 Mar 21, 20:15 WIB | Dilihat : 356
Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman
28 Jan 20, 13:31 WIB | Dilihat : 1201
Komitmen Budaya pada Reklamasi Pertambangan
22 Okt 19, 12:46 WIB | Dilihat : 1452
Sinergi PHM dengan Elnusa Garap Jasa Cementing di Rawa
Selanjutnya