AFF 2014

Kalah Telak 4-0 dari Filipina, Tipis Peluang Indonesia ke Semifinal

| dilihat 1495
JAKARTA, AKARPADINEWS.Com - Tim Nasional Indonesia kalah telak 4-0 dari tim Filipina di laga kedua grup A Piala AFF 2014 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa petang (25/11). 
 
Atas kemenangan itu Filipina memastikan diri melaju ke semifinal Piala AFF 2014. Sementara Indonesia amat berat bisa melaju ke semifinal lantaran harus menang dari Laos dan menunggu hasil imbang antara Laos dan Vietnam.
 
Kekalahan ini tentunya mengecewakan pemain, pelatih, pengurus dan pecinta sepak bola tanah air. Pasalnya, prestasi ini lebih buruk dari penampilan timnas di laga pertama lawan Vietnam yang bermain imbang 2-2. Kemenangan Filipina ini juga  mendobrak kekalahan atas Indonesia selama ini, di mana dari 21 pertemuan, Indonesia mengantongi 19 kemenangan. Bahkan Indonesia pernah mengalahkan Filipina 13-1.
 
Tapi itu dulu, kini tim Filipina yang diperkuat banyak pemain naturalisasi itu mampu tampil taktis. Dengan postur pemain naturalisasi yang lebih tinggi dari pemain Indonesia, membuat Filipina mampu memporakporandakan  lini pertahanan kubu Indonesia.
 
Selain kalah postur, timnas Indonesia juga diperkuat oleh pemain senior, sedangkan tim Filipina diperkuat oleh pemian muda yang kaya pengalaman bertanding. Jelas, penampilan Indonesia lawan Filipina tak terlihat imbang. 
 
Firman Utina usai laga tersebut mengakui bahwa permainan mereka sangat buruk namun dia tak mau memperdebatkan siapa yang patut salah. “Waktu berlatih sangat kurang namun tak perlu mencari siapa yang patut disalahkan. Kita akan tetap fight pada pertandingan berikutnya dan berharap lolos dari grup,”kata Firman dilansir televisi.
 
Gol pertama Filipina diciptakan Philip Younghusband, yang membobol gawang Indonesia pada menit ke-16 lewat titik penalti. Berawal dari M Roby melakukan operan ke belakang yang lemah dan tak tepat sasaran. Younghusband berhasil mencurinya dan menggiringnya ke kotak penalti. Firman Utina yang mengejar terpaksa menjatuhkan Younghusband di kotak terlarang.
 
Wasit Fahad Al-Marri menunjuk titik putih. Hadiah penalti ini dieksekusi dengan sempurna oleh Younghusband untuk menaklukkan kiper Kurnia Meiga. Hingga babak pertama, Indonesia tak mampu mencetak gol.
 
Usai rehat,  di babak kedua, penampilan Skuad Garuda tak juga membaik. Nampak tim Filipina tampil lebih prima ketimbang pemain Timnas. Tertinggal angka tak membuat Indonesia tampil membaik. Justru berkali-kali gawang Kurnia Meiga mendapatkan ancaman. Hampir semuanya berawal dari lemahnya koordinasi di lini belakang serta kesalahan individual para bek tim Garuda. Akhirnya, tiga gol mampu dilesakkan kubu Filipina melalui Manuel Ott, Reichelt, dan Younghusband di babak kedua itu.
 
Indonesia masih menyisakan satu permainan lagi lawan Laos pada Jumat nanti (28/11) dan sangat berharap menang.
 
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Budaya
28 Okt 22, 07:08 WIB | Dilihat : 186
Demokrasi, Musyawarah dan Mufakat
02 Agt 22, 10:32 WIB | Dilihat : 282
Merawat Negeri Terindah di Dunia
07 Jul 22, 22:03 WIB | Dilihat : 359
Anies Bicara tentang Perpustakaan dan Pustakawan
Selanjutnya
Sainstek
27 Okt 21, 17:41 WIB | Dilihat : 515
Waspadai Kabar Palsu Artis Meninggal di Media Sosial
20 Nov 19, 13:05 WIB | Dilihat : 2338
Rumah Ilmuwan Bukan di Menara Gading
Selanjutnya