Piala AFF 2014

Jawaban Malaysia Tentang Kerusuhan Dinanti AFF Hingga 15 Desember

| dilihat 1711
 
KUALA LUMPUR, AKARPADINEWS.Com - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengatakan Selasa (9/12), mereka ingin mendengar penjelasan dari badan sepak bola Malaysia tentang kegagalan mereka mengantisipasi terjadinya penyerangan terhadap pendukung tim tamu Vietnam saat laga semifinal Piala Suzuki. 
 
Tenggat waktu jawaban itu ditunggu hingga 15 Desember. Langkah berikutnya dapat berlanjut pada pemberian sanksi. 
 
Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengirim pertanyaan tertulis Senin, mempertanyakan tentang petugas keamanan yang dianggap kurang di lapangan, kata Sekjen AFF Azzuddin Ahmad kepada AFP.
 
"Ini merupakan masalah. Negara lain juga menjadi tuan rumah pertandingan, tapi tidak ada terjadi kerusuhan," kata Azzuddin. 
 
Setidaknya ada satu orang pendukung tim Vietnam yang cedera, ketika pendukung Malaysia dilaporkan menyerang pendukung tim tamu pada laga leg pertama Minggu di Kuala Lumpur, ketika Vietnam menang 2-1. 
 
Pertandingan leg kedua di Hanoi Kamis akan menentukan tim mana yang berhak maju ke babak final kejuaraan sepak bola Asia Tenggara itu. Polisi menahan lima orang dan atas kejadian itu Menteri Olahraga Malaysia menyatakan minta maaf kepada Vietnam. 
 
Azzuddin menolak berkomentar kemungkinan hukum yang akan diberikan, tetapi media lokal berspekulasi bahwa Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) kemungkinan akan didenda atau dipaksa bermain di stadion tertutup. 
 
Minggu lalu, Konfederasi Sepak Bola Asia menghukum denda FAM sebesar 10.000 dolar karena pendukung mereka bertindak kasar pada pertandingan persahabatan melawan Filipina, Maret. 
 
Menyusul pertandingan Minggu, dilaporkan laman FAM di-hacked dan muncul pesan dalam bahasa Vietnam. Laman itu tidak dapat dibuka Selasa dan ada peringatan tulisan "Sedang Diperbaiki". 
 
Turnamen Piala Suzuki di kawasan itu amat diantisipasi masing-masing pendukung, karena kekalahan pada kejuaraan itu tidak akan membawa tim mereka ke level kejuaraan Asia yang lebih tinggi, misalnya Piala Asia. 
 
Petinggi sebak bola Vietnam meminta pendukung mereka tidak bertindak brutal terhadap pendukung Malaysia pada pertandingan leg kedua mendatang. 
Editor : Nur Baety Rofiq | Sumber : Antara
 
Energi & Tambang
Budaya
09 Des 23, 08:03 WIB | Dilihat : 634
Memaknai Maklumat Keadaban Akademi Jakarta
02 Nov 23, 21:22 WIB | Dilihat : 784
Salawat Asyghil Menguatkan Optimisme
12 Okt 23, 13:55 WIB | Dilihat : 751
Museum Harus Bikin Bangga Generasi Muda
Selanjutnya