Asian Games 2014

Atlet Wushu Positif Doping, Malaysia Tak Akan Kembalikan Medali

| dilihat 1469
INCHEON, AKARPADINEWS.Com  - Kontingen Malaysia tidak akan mengembalikan medali emas yang diperoleh atlet Wushunya, Tai Cheau Xuen meski dinyatakan positif menggunakan doping dalam perhelatan Asian Games 2014 di Incheon. Alasannya karena masih tahap pengajuaan banding pada Sidang Arbitrase Olah Raga (CAS).
 
Ketua kontingen Malaysia Datuk Banyal Balagopal seperti dilansir the star mengatakan, mereka akan mengajukan banding ke Sidang Arbitrase Olah Raga (CAS) yang berkedudukan di Swiss. Mereka akan mempertanyakan soal waktu yang lama (15 jam) untuk mengetahui hasil pemeriksaan sampel urin atlet.
 
Atlet wushu Malaysia, Tai Cheau Xuen dinyatakan positif menggunakan doping dalam ajang wushu nomor nanquan dan nandao pada 20 September lalu. Panitia kemudian mengeluarkan Cheau Xuen dari Asian Games dan mencoret medali miliknya.
 
Balagopal sebelumnya menyebut tidak akan menyerahkan medali emas yang telah diperoleh Tai Cheau Xuen.  Di mana seharusnya, emas ini  menjadi hak atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni. Sementara atlet wushu Indonesia lainnya, Ivana Ardelia Irmanto, yang ketika itu berada di urutan keempat, kini berhak atas medali perunggu. Medali perak kini jadi milik atlet Cina, Wei Hong.
 
Meski begitu, dalam jajaran perolehan medali  yang dilansir panitia Asian Games belum ada tambahan medali emas dari Wushu tersebut pada kubu Indonesia hingga Rabu pagi (1/10) setelah adanya pengumuman adanya positif doping pada Selasa kemarin (30/9). Malaysia punya waktu 48 jam untuk mengembalkan perolehan medali ke pihak panitia.
 
 
Kepala kontingen atlet Malaysia, Datuk Dayal. Foto: The star.
 
"Saat pemeriksaan, ada lima sampel urin yang diperiksa, termasuk milik Cheau Xuen. Kami menyangka ada kemungkinan sampel urin ini tertukar," kata Balagopal.
 
Langkah Balagopal ini "direstui" oleh pemerintah Malaysia. Menteri pemuda dan olah raga Malaysia, Khairy Jamaluddin menyetujui langkah mengajukan banding ke CAS melalui panitia yang berkedudukan di Incheon.
 
Sementara pelatih wushu Malaysia, Yoong Thong Foong  mengaku kaget akan tes positif Tai Cheau Xuen. Dan dia mendukung Tai Cheau agar tak menyerah. Di duga obat tersebut di konsumsi oleh si atlet dari suplemen.  “Bisa saja saja tertukar dengan lainnya,,, sesuatu yang mungkin tak disadarinya. Dan kita akan berdiri di sampingnya,”kilah Yoong, Selasa kemarin.
Editor : Nur Baety Rofiq
 
Lingkungan
03 Mar 24, 09:47 WIB | Dilihat : 167
Ketika Monyet Turun ke Kota
22 Jan 24, 08:18 WIB | Dilihat : 338
Urgensi Etika Lingkungan
18 Jan 24, 10:25 WIB | Dilihat : 364
Penyakit Walanda dan Kutukan Sumber Daya
06 Jan 24, 09:58 WIB | Dilihat : 333
Pagi Lara di Haurpugur
Selanjutnya
Humaniora
24 Mar 24, 15:58 WIB | Dilihat : 98
Isyarat Bencana Alam
16 Mar 24, 01:40 WIB | Dilihat : 515
Momentum Cinta
12 Mar 24, 01:26 WIB | Dilihat : 524
Shaum Ramadan Kita
09 Mar 24, 04:38 WIB | Dilihat : 444
Pilot dan Co Pilot Tertidur dalam Penerbangan
Selanjutnya